ANALISIS MANAJEMEN KONSTRUKSI PADA JEMBATAN CIKEUSAL

Pebi Mahar Ramadhan, Saihul Anwar

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa estimasi waktu, biaya untuk alat berat, material, untuk pekerja, rancangan anggaran biaya yang dibutuhkan dan untuk mengetahui jalur kritis dalam menyelesaikan proyek pembangunan Jembatan Cikeusal Kecamatan Cimahi Kabupaten Kuningan. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah Metode Kuantitatif Deskriptif, metode ini memfokuskan kepada data-data berbentuk angka atau tematik yang dapat diolah dan dianalisis sehingga mendapat data yang diperlukan. Penelitian yang dianalisis yaitu perhitungan volume, analisis pekerjaan, analisis metode alat dan bahan, dan analisis biaya. Adapun data proyek dalam penelitian ini adalah Barchart dan Kurva S. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan menelusuri dan menelaah teori/metode. Hasi penelitian yang diperoleh bahwa perhitungan volume pekerjaan untuk kebutuhan tenaga kerja, upah, kebutuhan alat, kebutuhan material setiap item pekerjaan berbeda sesuai volume pekerjaan dan koefisien sedangkan estimasi pekerjaan pembangunan Jembatan Cikeusal diperkirakan akan memakan waktu 36 minggu (9 bulan), Total Rencana anggaran Biaya adalah sebesar Rp. 3.399.084.563,837 (Tiga Milyar Tiga ratus Sembilan Puluh Sembilan Juta Delapan Puluh Empat Ribu Lima Ratus Enam Puluh Tiga Rupiah Delapan Ratus Tiga Puluh Tujuh Sen). Perhitungan penjadwalan proyek dan analisa biaya menggunakan Microsoft Excel.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aryani, F., Rafie, & Syahruddin. (2016). Analisa Penerapan Manajemen Waktu Pada Proyek Konstruksi Jalan Lingkungan Lokasi Kalimantan Barat. Jurnal Teknik Sipil Untan, 1-16.

Asnuddin, S., Tjakra, J., & Sibi, M. (2018). Penerapan Manajemen Konstruksi Pada Tahap Controlling Proyek. Jurnal Sipil Statik Vol.6 No.11, 896.

Donald, B. S., & Paulson, B. C. (1987). Manajemen Konstruksi Profesi. Jakarta: Erlangga.

Juansyah, Y., Oktarina, D., & Zulfikar, M. (2017). Analisis Perbandingan Rencana Anggaran Biaya Bangunan Menggunakan Metode Sni Dan Bow (Studi Kasus: Rencana Anggaran Biaya Bangunan Gedung Kwarda Pramuka Lampung). 2-3.

Kiswati, S., & Chasanah, U. (2019). Analisis Konsultan Manajemen Konstruksi Terhadap Penerapan Manajemen Waktu Pada Pembangunan Rumah Sakit Di Jawatengah. Jurnal NeoTeknika Vol 5 No.1, 2-7.

Simatupang, J. S., Dundu, T., & Sibi, M. (2015). Pengaruh Percepatan Durasi Terhadap Waktu Pada Proyek Konstruksi (Studi Kasus : Pembangunan Persekolahan Eben Haezar Manado). Jurnal Sipil Statik Vol.3 No.5, 281-291.

Sutrisna, E. (2016). Analisis Time Schedule Proyek Pembangunan Gedung Vip Rsud Cideres Kabupaten Majalengka. 399-407.

Tama, A. K., Anggraini, L., & Tutuko, B. (2020). Analisis Kinerja Manajemen Konstruksi Pada Proyek Gedung Digitasi Universitas Negeri Semarang. Jurnal Teknik Sipil, 3.

Wiranata, A., Parami Dewi, Diah., Made Nuryawan, I. (2009). Penggunaan Metode Penjadwalan Berulang (Repetitive Scheduling Method) Pada Pengerjaan Proyek Perumahan (Studi Kasus Pada Proyek Perumahan Beranda Mumbul). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, 174-182.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jki.v10i1.6586

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.