Analisis Manajemen Proyek Pembangunan Kantor PT. Prima Multi Usaha Indonesia

Yudi Sutomo, Saihul Anwar, Arief Firmanto

Sari


ABSTRAK

Bangunan gedung memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang perkembangan dan kemajuan semua bidang di kota Cirebon, baik itu dari segi Bidang Pendidikan, Ekonomi, Budaya, Pariwisata, dan Telekomunikasi. Sehingga dalam Pembangunan Gedung  harus ada pengeloaan yang baik dalam proses pelaksaaan pembangunannya, seperti manajemen Proyek Pembangunan gedung.

Manajemen proyek adalah ilmu  yang berkaitan dengan memimpin dan kengkoordinir sumber daya yang terdiri dari manusia dan material dengan menggunakan tehnik pengelolaan yang modern untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan, yaitu lingkup, mutu, jadwal, dan biaya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif yaitu dengan menekankan pada data sekunder, Analisa Perhitungan Volume, Analisa Metode Pekerjaan, Analisa Alat Pekerjaan, Analisa Bahan, Metode Bar Chart, S Curve dan Critical Path Method / Cpm.

Kesimpulan dari hasil Analisis Manajemen Proyek Pembangunan Kantor PT. Prima Multi Usaha Indonesia diharapkan bisa menjadi salah satu cara yang efisien dan terarah untuk mencapai tujuan dalam Pembangunan Gedung di Kota Cirebon yang sedang mengalami perkembangan yg cukup pesat.    

Kata kunci       : Bangunan Gedung,Kota Cirebon,Manajemen Proyek, Metode Bar Chart, S Curve dan Critical Path Method / Cpm,Efisien.

ABSTRACT

The building has a very important role in supporting the development and progress of all areas in the city of Cirebon, both in terms of Education, Economy, Culture, Tourism, and Telecommunications. Thus, in the Building should be a good pengeloaan in the implementing process of development, such as building construction project management.

Project management is the science related to lead and coordinate the resources that consists of human and material using management techniques, modern to achieve predetermined objectives, the scope, quality, schedule, and cost.

The method used in this research is using quantitative methods with emphasis on secondary data, Calculation of Volume Analysis, Analysis Work Methods, Analysis Tool Works, Materials Analysis, Methods Bar Chart, S Curve and the Critical Path Method / Cpm.

Conclusions from the Analysis of Construction Project Management Office PT. Prima Multi Usaha Indonesia is expected to be one of the efficient and targeted manner to achieve the objectives in the City Building in Cirebon that is experiencing growth is relatively rapid.

Keywords         : Building, Cirebon, Project Management, Methods Bar Chart, S Curve and the Critical Path Method / Cpm, Efficient.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dipohusodo, Istimawan., 1996, “Manajemen Proyek & Konstruksi Jilid 1â€, Yogyakarta: Kanisius.

Soeharto, Iman., 2001,

“Manajemen Konstruksiâ€, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ervianto, Wulfram., 2004, “Teori Aplikasi

Dasar-Dasar Network Planning (Dasar-Dasar Perencanaan Jaringan Kerja), Jakarta : Rineka Cipta.

Kajian kebutuhan tenaga kerja konstruksi pada proyek pekerjaan perencanaan dan pembangunan gedung instalasi radiologi rumah sakit paru Dr. H.A. Ratinsulu.

Nuridwi, Damar Buwono, Kartika Puspa Negara, Saifoe El Unas., 2008. “Analisis Perbandingan Metode S.N.I.Sarifudin., 2014, Analisis Manajemen Pelaksanaan Proyek Hotel Grand Prima Cirebon

Diharjo,Tanto., 2016, Analisis Manajemen Konstruksi Pembangunan Ruko Grand Orchard Cirebon.

, Pedoman Bahan Konstruksi Bangunan dan Rekayas Sipil “Analisis Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Bidang Pekerjaan Umumâ€

. Ibrahim,Bactiar.,1993 Estemate Real of Cost, Rencana Anggaran Biaya, Padang

SNI 03-2847-2002

Saleh, Erwin., 2015. http://metodebangunan.blogspot.co.id/2015/07/metode-pelaksanaan-pekerjaan-struktur.html

----, https://agunghartoyo.wordpress.com

----, http://documents.tips/documents/metode-pelaksanaan-konstruksi.html




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jki.v5i4.3807

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.