ANALISIS MANAJEMEN KONSTRUKSI PROYEK JEMBATAN PAKUBEUREUM KECAMATAN KADIPATEN KABUPATEN MAJALENGKA

Dikdik Nur Fahmi, Saihul Anwar, Nikko Rozy

Sari


ABSTRAK

Jembatan adalah suatu konstruksi yang berfungsi untuk melewatkan lalu lintas yang terputus pada kedua ujungnya akibat adanya hambatan berupa: sungai/lintasan air, lembah, jalan/jalan kereta api yang menyilang dibawahnya. Struktur bawah jembatan adalah pondasi. Suatu sistem pondasi harus dihitung untuk menjamin keamanan, kestabilan bangunan diatasnya, tidak boleh terjadi penurunan sebagian atau seluruhnya melebihi batas-batas yang diinginkan.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kinerja tenaga kerja dan peralatan yang digunakan pada pelaksanaan proyek, Kinerja Waktu dan Biaya akhir pelaksanaan proyek, spesifikasi bahan/material yang digunakan pada pelaksanaan proyek, mengetahui Metode Pelaksanaan pada proyek Jembatan Pakubeureum Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Rencana Anggaran Biaya yang dikeluarkan untuk Pembangunan Jembatan Pakubeureum sebesar Rp. 4.461.762.521,66. Kemudian dengan menggunakan Analisa Critical Path Method Penyelesaian Pekerjaan membutuhkan waktu selama 20 minggu.

 

Kata Kunci     : Manajemen Konstruksi, Volume, RAB, Barchart, Kurva S, dan Critical Path Method.

 

 ABSTRACT

          The bridge is a construction which acts to bypass the traffic is cut off at both ends due to barriers such as rivers/water passage, the valley, the road/railroad crossing underneath. Under the structure of the bridge is the foundation. A foundation system must be calculated to ensure the security, the stability of the building thereon, shall not be decreased partially or wholly beyond the boundaries desired.          His study was conducted to determine the performance of the labor and equipment used in the implementation of the project, Time and Cost Performance of projects, material specifications / material used in the implementation of the project, knowing Implementation Method on Bridge project Pakubeureum Duchy District of Majalengka.          Research results show that the Budget Plan issued for Bridge Construction Pakubeureum Rp.4.461.762.521,66. Then by using the Critical Path Method Analysis of Completion takes as long as 20 weeks.

 

 Keyword         : Construction Management, Volume, RAB, Barchart, S Curve, and Critical Path Method.

Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Data Pendukung dari Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Kabupaten Majalengka

Dipohusodo, Ismawan. 1996. Manajemen Proyek & Konstruksi Jilid 2. Yogyakarta: Kanisius.

Ervianto, Wulfram I. 2005. Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta: Andi.

http://azharnasri.blogspot.co.id/2015/04/sumber-data-jenis-data-dan-teknik.html

http://e-journal.uajy.ac.id/2577/3/2TS12097.pdf

https://hansenkammer.wordpress.com/2011/05/05/metode-penjadwalan-proyek/

http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/120541-T%2025563-Aplikasi%20manajemen-Tinjauan%20literatur.pdf

http://rianaalbajili.blogspot.co.id/2013/11/pengertian-kurva-s.html

http://www.ilmusipil.com/cara-membuat-bar-chart-proyek

Laporan Kerja Praktik.

Referensi Skripsi Alumni.

Supriyadi, Ir. Bambang & Agus Setyo Muntohar. 2007. Jembatan. Yogyakarta: Beta Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jki.v6i6.3875

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.