ANALISIS MANAJEMEN KONSTRUKSI PEMBANGUNAN GEDUNG GRAMEDIA WORLD HARAPAN INDAH BEKASI

Roza Legawa, Saihul Anwar

Sari


ABSTRAK

Manajemen proyek merupakan proses terpadu dimana individu-individu sebagai bagian dari organisasi dilibatkan untuk memelihara, mengembangkan, mengendalikan, dan menjalankan program dengan menggunakan sumber daya terbatas secara efisien, efektif dan tepat waktu dalam menyelesaikan suatu proyek yang telah direncanakan, yang kesemuanya diarahkan pada sasaran yang telah ditetapkan dan berlangsung terus menerus seiring berjalannya waktu.

Ketepatan waktu pelaksanaan pekerjaan proyek merupakan salah satu aspek yang dinilai sangat penting. Oleh karena itu, sebaiknya ada perhatian khusus pada masalah perencanaan dan pengendalian suatu proyek, agar dapat mencapai target waktu penyelesaian tanpa mengurangi kualitas pekerjaan.

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa Manajemen Konstruksi Pembangunan Gedung Gramedia World Harapan Indah Bekasi mulai menghitung dari Volume, Rencana Anggaran Biaya, Metode Barchart, Kurva S, dan Critical Path Method. Tujuan dicapai melalui Studi Literatur, Pengumpulan data - data teknis, dan peninjauan data berupa gambar bestek.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Rencana Anggaran Biaya yang diperlukan untuk Pembangunan Gedung Gramedia World Harapan Indah Bekasi ini adalah sebesar Rp. 30.851.017.960. Kemudian waktu pelaksanaan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proyek ini sebanyak 31 minggu.

 

Kata Kunci     : Manajemen Konstruksi, RAB, Volume, Kurva S, CPM, dan Barchart.

 

 ABSTRACT

Project management is the process by which individuals are integrated as part of an organization involved to maintain, develop, control, and work the program by using limited resources in an efficient, effective and timely in completing a project that has been planned, all of which are directed at targets has established and continues over time.

 This study was conducted to analyze the Construction Management Development Planning office ranging from Calculates Volume, Budget Plan,Barchart Method, S Curve and Critical Path Method Analysis. The goal is achieved through Literature, Accumulation of technical data, and review of data in the form building design.

 Research shows that the Budget Plan issued for construction is amount Rp. 30.851.017.960. And then times for completed take a longs as 31weeks.

 

Keywords         : Construction Management, RAB, Volume, S Curve, CPM, and Barchart.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arianto, Arif. 2010. Explorasi Metode Bar chart, CPM, PDM, PERT, Line of Balance, dan Time Chainage Diagram Dalam Penjadwalan Proyek Konstruksi

Badri, Sofwan. 1991. Dasar-Dasar Network Planing (Dasar-Dasar Perencanaan Jaringan Kerja). Jakarta : Rineka Cipta

Diharjo, Tanto. 2016 Analisis Manajemen Konstruksi Pembangunan Ruko Grand Orchart Cirebon.

Dipohusodo, Istimawan. 1996. Manajemen Proyek & Konstruksi Jilid 1. Yogyakarta: Kanisiuns

Ervianto, Wulfram. 2004. Teori Aplikasi Manajemen ProyekKonstruksi Edisi 1. Yogyakarta : Andi.

Pembangunan Perumahan, PT. 2003. Buku Refrensi Untuk Kontraktor Bangunan Gedung dan Sipil. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Prayitno, Candra, Widi. 2016. Analisis Manajemen Konstruksi Pembangunan Ruko Tuparev Cirebon

Rudi Gamananda. 2014. Kajian kebutuhan tenaga kerja konstruksi pada proyek pekerjaan perencanaan dan pembangunan gedung instalasi radiologi rumah sakit paru Dr. H.A. Ratinsulu.

Sarifudin. 2014. Analisa Manajemen Pelaksanaan Proyek Hotel Grand Prima Cirebon.

Sentosa, Budi. 2009. Manajemen Proyek - Konsep dan Implementasi. Yogyakarta :Graha Ilmu.

Suharto, Iman. 1999. Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional Jilid 1. Jakarta : Airlangga. Edisi Kedua.

Suharto, Iman. 2001. Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional Jilid 2. Jakarta : Airlangga. Edisi Kedua

Widiasanti Irika dan Lenggogeni. 2013. Manajemen Konstruksi. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jki.v6i6.3872

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.