ANALISIS MANAJEMEN KONSTRUKSI GEDUNG DINAS PENDAPATAN DAN PENGELOLAAN KEUANGAN ASET DAERAH KOTA CIREBON

Nurfatah Alkarim, Saihul Anwar, Suheryanto Suheryanto

Sari


ABSTRAK

Perkembangan manajemen konstruksi di negara kita tidak dapat lepas dari perkembangan industri jasa konstruksi. Sedangkan perkembangan jasa konstruksi berhubungan erat dengan pelaksanaan pembangunan yang saat ini sedang giat dilaksanakan.  Pada umumnya jasa konstruksi mencakup kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pembangunan prasarana dan sarana dalam bidang gedung, bidang teknik sipil, dan bidang instalasi.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, karena cara pengumpulan data pada penelitan ini adalah cara study pustaka, wawancara dan pengamatan langsung dilapangan serta metode ini merupakan metode  yang dilakukan untuk mendapatkan landasan teori dalam menganalisa data dan permasalahan melalui sumber-sumber yang didapat sebagai bahan pertimbangan dalam penulisan skripsi.

Lokasi Penelitian yang ditinjau adalah Proyek Pembangunan Gedung Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah Kota Cirebon, yang berlokasi di Jalan Pengampon no.4 Kota Cirebon. Hasil Penelitian ini adalah Rencana Anggaran Biaya (RAB) menyeleseikan pembangunan Gedung Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangaan Aset Daerah Kota Cirebon (DPPKAD) sampai tahap akhir kurang lebih membutuhkan biaya sebesar Rp. 11.464.609.610,76 dan dari perhitungan bobot pekerjaan diestimasikan penyelesaian pekerjaan pembangunan Gedung DPPKAD Kota Cirebon membutuhkan waktu 168 hari.

 

Kata Kunci     : Manajemen Konstruksi, dan RAB.

 

ABSTRACT

               The development of construction management in our country can not be separated from the development of construction industry. While the development of construction services closely related to the implementation of the development currently being actively implemented. In general construction services to include activities related to infrastructure development in the fields of building, civil engineering, and field installation.

               The method used is a qualitative research, as a way of collecting data in this research is how to study the literature, interviews and direct observations in the field as well as the method is a method in place to get the basic theory in analyzing the data and issues through the resources obtained as consideration in thesis writing.

            The location study which looked at is the Department of Revenue Building Project and Financial Management Asset Cirebon city, which is located at no.4 Pengampon Cirebon. The result of this research is the Budget Plan (RAB) menyeleseikan Building construction Revenue Service and Asset Management Keuangaan Cirebon (DPPKAD) until the final stage approximately cost of Rp. 11,464,609,610.76 and from the weight calculation estimated work completion Building construction work DPPKAD Cirebon takes 168 days.

 

Keywords         : ConstructionManagement, and RAB.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arif Zein, Rihad. 2013. Analisis Manajemen Pelaksanaan Proyek Ruang Produksi PT. Indo Food Cbp Cirebon

Dipohusoda, Istimawan. 1995. Manajemen Proyek dan Konstruksi Jilid 2. Yogyakarta : Kanisius.

Ervianto. 2002. Fungsi-fungsi dasar manajemen proyek, mengelola sumber daya dalam manajemen proyek

Ervianto, Wlifram I. 2005. Manajemen Proyek Konstruksi (edisi revisi). Yogyakarta : CV. Andi Offset

Husen, 2008. Definisi metode jalur kritis atau critical path methode

Ibrahim, Bachtiar. 1993. Rencana dan Estimate Real of Cost. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Irika Widiasanti, dan Lenggogeni. 2013. Manajemen Konstruksi. Jakarta : PT. Remaja Rosdakarya

Lembaga administrasi Negara. 2007. Kegiatan semu atau dummy, variasi float dari suatu kegiatan

Prayitno, Widi. 2015. Analisis Manajemen Pelaksanaan Proyek Ruko Tuparev Cirebon

Reksohadipradjo. 1997. Definisi manajemen proyek

Soeharto, Iman. 1995. Manajemen Proyek : Dari Konseptual Sampai Operasional. Jakarta : Erlangga

Suharto. 1999. Definisi proyek

Sutanto, Tanto. 2015. Analisis Manajemen Konstruksi Pembangunan Ruko Grand Orchard Cirebon.

Sutomo, Yudi. 2015. Analisis Manajemen Proyek Pembangunan Kantor PT. Prima Multi Usaha Indonesia

Warpani, Suwardjoko. 1980. Pengertian analisis




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jki.v6i6.3871

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.