ANALISIS TINGKAT PELAYANAN JALUR PEJALAN KAKI DI JALAN SILIWANGI KABUPATEN KUNINGAN

Muhamad Faisal, Mira Lestira Hariani

Sari


Kondisi jalur pejalan kaki di ruas Jalan Siliwangi Kabupaten Kuningan banyak mengalami kerusakan dan fungsi jalur pejalan kaki sebagai fasilitas pejalan kaki tidak dapat bekerja secara optimal. Banyaknya hambatan samping seperti pedagang kaki lima dan parkir di bahu jalan diduga menjadi pemicu rusaknya fungsi jalur pejalan kaki di jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan fasilitas pejalan kaki di Jalan Siliwangi Kabupaten Kuningan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu survei kuesioner dan survei primer. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis menggunakan Metode HCM 1985, sedangkan dalam analisis kondisi eksisting geometrik pejalan kaki menggunakan Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Prasarana dan Sarana Ruang Pejalan Kaki di Perkotaan 2008. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa menurut Highway Capacity Manual (HCM 1985) tingkat pelayanan jalur pejalan kaki di Jalan Siliwangi adalah F. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk menyediakan jalur khusus bagi penyandang disabilitas dan menghilangkan pedagang kaki lima sehingga dapat menambah lebar efektif jalur pejalan kaki.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aji, D. A., Jatmika, B., Rozandi, A., & ... (2022). Analisa Tingkat Fasilitas Pedestrian di Pusat Perbelanjaan Kota Sukabumi. … TESLINK: Teknik Sipil …, 4(3), 31–46. https://teslink.nusaputra.ac.id/article/view/109%0Ahttps://teslink.nusaputra.ac.id/article/download/109/48

Anciaes, P. R., & Jones, P. (2018). Estimating preferences for different types of pedestrian crossing facilities. Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour, 52, 222–237. https://doi.org/10.1016/j.trf.2017.11.025

Astuti, W. W., Mustikawati, T., & Razziati, H. A. (2022). Pemenuhan Aspek Kenyamanan Jalur Pedestrian Pada. Jurnal Ilmiah Arjouna, 4(2), 1–8.

Cepolina, E. M., Menichini, F., & Gonzalez Rojas, P. (2018). Level of service of pedestrian facilities: Modelling human comfort perception in the evaluation of pedestrian behaviour patterns. Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour, 58, 365–381. https://doi.org/10.1016/j.trf.2018.06.028

Hänseler, F. S., Bierlaire, M., & Scarinci, R. (2016). Assessing the usage and level-of-service of pedestrian facilities in train stations: A Swiss case study. Transportation Research Part A: Policy and Practice, 89, 106–123. https://doi.org/10.1016/j.tra.2016.05.010

Prayogi, F., Priyanto, S., & Muthohar, I. (2020). Analisis Kinerja Dan Tingkat Pelayanan Fasilitas Pejalan Kaki Di Kawasan Stasiun Karet. Teknisia, XXV(2), 1–10. https://doi.org/10.20885/teknisia.vol25.iss2.art1

Putra, S., Purbanto, G., & Negara, N. (2013). Analisis Tingkat Pelayanan Fasilitas Pejalan Kaki ( Studi Kasus : Jln. Diponogoro Di Depan Mall Ramayana). Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil, 2(2), 1–6.

Rankavat, S., & Tiwari, G. (2016). Pedestrians perceptions for utilization of pedestrian facilities – Delhi, India. Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour, 42, 495–499. https://doi.org/10.1016/j.trf.2016.02.005

Sari, E. P., & Mca, T. (2020). Analisis Tingkat Pelayanan Jalur Pedestrian di Jalan Kranggan Kota Surabaya. Jurnal Teknologi Dan Manajemen, 1(1), 50–56.

Tan, D., WANG, W., LU, J., & BIAN, Y. (2007). Research on Methods of Assessing Pedestrian Level of Service for Sidewalk. Journal of Transportation Systems Engineering and Information Technology, 7(5), 74–79. https://doi.org/10.1016/S1570-6672(07)60041-5




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jki.v11i2.8730

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.