Abstraksi Matematika Sebagai Epistemological Obstacles dalam Pemodelan Pembelajaran SPLDV di Sekolah Menengah

Akhmad Sumbandari, Misdalina Misdalina, Nyiayu Fahriza Fuadiah

Sari


Abstrak. Penelitian ini merupakan prospective analysis yang merupakan rangkaian dari didactical design research. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh miskonsepsi dan alur pembelajaran yang melewati lintasan belajar yang mengakibatkan terjadinya learning obstacles. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hambatan belajar dalam pemodelan matematika dari permasalahan yang berkaitan dengan SPLDV. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Analisis yang dilakukan adalah analisis epistemological obstacles yang berkaitan dengan intervensi didaktis pada kurikulum, RPP, dan wawancara terhadap guru mata pelajaran. Analisis epistemological obstacles juga dilakukan dengan tes diagnostik terhadap siswa kelas 9 SMPN 1 Mendo Barat dan siswa kelas 11 IPA SMAN 1 Mendo Barat. Dari hasil analisis menunjukkan epistemological obstacles dalam pemodelan matematika dari permasalahan yang berkaitan dengan SPLDV. Berdasarkan hasil penelitian, epistemological obstacles yang dominan adalah siswa kesulitan dalam melakukan pemodelan matematika. Terdapat 90,9 % siswa SMP tidak dapat membuat model matematika dengan tepat. Hal yang sama terjadi pada siswa SMA dengan persentase kejadian 86,66 %. Epistemological obstacles yang ditemukan adalah kesulitan dalam melakukan abstraksi yang mengakibatkan siswa tidak dapat melakukan pemodelan matematika dalam menyelesaikan SPLDV. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi dasar untuk merancang desain pembelajaran dalam pemodelan matematika agar learning obstacles pada pembelajaran SPLDV dapat diminimalisir.  

Kata Kunci: Epistemological Obstacles, Abstraksi Matematika, Pemodelan matematika, Didactical Design Research


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andhani, R. A. (2016). Representasi Eksternal Siswa dalam Pemecahan Masalah SPLSV Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7 (2) , 179-186. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i2.6615

Bender, E. A. (1978). An Introduction To Mathematical Modelling. Toronto: A Wiley-Interscience Publication.

Bernardo, A. B. (1999). Overcoming Obstacles to Understanding and Solving Word Problems in Mathematics. Educational Psychology, 19(2), 150-162. https://doi.org/10.1080/0144341990190203

Brosseau, G. (2002). Theory Of Didactical Situations in Mathemeatics. New York: Kluwer Academic Publishers.

Caldwell, J., & Douglas, K. N. (2004). Mathematical Modelling: Case Studies and Projects. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Clement, D., & Sarama, J. (2004). Learning Trajectories in Mathematics Education. Mathematical Thingking and Learning, 6(2), 81-89. http://dx.doi.org/10.1207/s15327833mtl0602_1

Fitriani, N., Karisma, G., & Amelia, R. (2020). Pengembangan Desain Didaktis untuk Mengatasi Learning Obstacles pada Materi Dimensi Tiga. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 231-241. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2686

Fuadiah, N. F., Suryadi, D., & Turmudi, T. (2017). Some Difficulties in Understanding Negative Numbers Faced by Students: a Qualitative Study Applied at Secondary Schools in Indonesia. International Education Studies, 10(1) , 24-3. doi:10.5539/ies.v10n1p24

Gilakjani, A. P., & Sabouri, N. B. (2016). How Can Students Improve Their Reading Comprehension Skill. Journal of Studies in Education, 6(2), 229-240. http://dx.doi.org/10.5296/JSE.V6I2.9201

Gray, E., & Tall, D. (2017). Abstraction As a Natural Process of Mental Compression. Mathematics Education Research Journal, 19(2), 23-40. http://dx.doi.org/10.1007/BF03217454

Hanifah, E. H. (2011). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Metode Analisis Kesalahan Newman: Studi Kasus. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Harel, G. (2008). What Is Mathematics? A Pedagogical Answer to a Philosophical Question. In Gold, B., & Simons, R. A. (2008). Proof and Other Dilemmas: Mathematics and philosophy. Rhode Island: Spectrum. http://dx.doi.org/10.5948/UPO9781614445050.018

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 109-118. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.1027

Jupri, A., & Drijvers, P. (2016). Student Difficulties in Mathematizing Word Problems in Algebra. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12(9) , 2481-2502. http://dx.doi.org/10.12973/eurasia.2016.1299a

Kaur, B., & Dindyal, J. (2010). Mathematical Application and Modelling. Singapore: World Scientific Publishing Co.Pte.Ltd. http://dx.doi.org/10.1007/s11858-012-0385-2

Khasanah, U., & Sutama, S. (2015). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan UMS 2015. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Maarif, S., Setiarini, R. N., & Nurafni, N. (2020). Hambatan Epistimologis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 72-89. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i1.15234

Mamik, M. (2015). Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Mason, J. (1989). Mathematical Abstraction as the Result of A Delicate Shift of Attention. For the learning of Mathematics, 9(2) , 2-8.

Misdalina, M. Zulkardi, Z., & Purwoko, P. (2009). Pengembangan Materi Integral untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 61-74. https://doi.org/10.22342/jpm.3.1.321

Mitchelmore, M., & White, P. (2004). Abstraction in Mathematics and Mathematical Learning. Proceedings of the 28th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. Bergen: ERIC Institute of Education Sciences.

Moessinger, P., & Poulin-Dubois, D. (1981). Piaget on Abstraction. Human Development, 24(50), 347-353.

Nisa, A. L. (2018). Analisis Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Segiempat Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 01-08. http://dx.doi.org/10.33474/jpm.v4i1.2610

Pangaribuan, F. (2018). Students' Abstraction in Solving System of Linier Equations with Two Variables. Journal of Physics: Conference Series, 1088(1), 1-7. http://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012071

Radford, L. (2008). Theories in Mathematics Education: A Brief Inquiry into Their Conceptual Differences. ICMI 11 Survey Team 7: The Notion and Role of Theory in Mathematics Education Research.Working Paper, 11, 6-13

Rahayuningsih, P., & Qohar, A. (2014). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) dan Scaffolding-Nya Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2(2) , 109-116. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.7161

Salsabila, N. H. (2017). Proses Kognitif dalam Pembelajaran Bermakna. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya II (KNPMP II). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Santoso, T., Nafis, H. L., & Oktama, M. Y. (2019). Analyzing Students' Error in Problem Solving of Two-Variable Linier Equation System: A Case Study of Grade Eight Students of Indonesian Junior High School. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(11) , 283-296. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.11.17

Shodikin, A., Istiandaru, A., & Purwoko, P. (2019). Thinking Error of Pre-Service Mathematics Teachers in Solving Mathematical Modelling Task. Journal of Physics: Conference Series. 1188, 1-6. http://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012004

Simon, M. A., & Tzur, R. (2004). Explicating the Role of Mathematical Taks Ini Conceptual Learning: An Elaboration of The Hypothetical Learning Trajectory. Mathematical Thinking and Learning, 6(2) , 91-104. http://dx.doi.org/10.1207/s15327833mtl0602_2

Skovmose, O. (2005). Foregrounds and Politics Of Learning Obstacles. For the Learning of Mathematics, 25(1) , 1-7.

Soedjadi, R. (2011). To Be Good at Mathematics Education. Jakarta: Directorate of General Higher Education Ministry of National Education.

Subroto, T., & Suryadi, D. (2018). Epistemological Obstacles in Mathematical Abstraction on Abstract Algebra. Journal of Physics: Conference Series. 1132(1), 1-6. http://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/1132/1/012032

Suryadi. (2016). Monograf Didactical Design Research. Bandung: Rizqi Press.

Susanti, M., Hasinah, A. N., & Zanthy, L. S. (2020). Analysis of Mathematical Communication Skills Stiudents for Two Varaible Linier Equation Systems Material. Mathematics Education Journals, 4(1) , 1-6. https://doi.org/10.22219/mej.v4i1.11465

Tall, D. (1999). Reflection on APOS Theory in Elementary and Advanced Mathematical Thingking. Proceedings of the 23rd Conference of PME, 111-118.

Widiyanto. (2019). Perhatian Orang Tua dan Penguasaan Materi Prasyarat Terhadap Belajar Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 7(1), 45-56. https://doi.org/10.31957/jipi.v7i1.841

Yusuf, A. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.5326

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>