Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Secara Daring Menggunakan Media Sosial Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Sekolah Dasar

Tarmidzi Tarmidzi, Nailah Tresnawati, Santi Nurhayati

Sari


Abstrak. Pembelajaran yang dilaksanakan secara daring merupakan implementasi pendidikan jarak jauh. Dalam penelitian ini, penulis memilih aplikasi daring (dalam jaringan) menggunakan media sosial WhatsApp sebagai bentuk kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan secara jarak jauh. Hal tersebut disebabkan oleh permasalahan yang dialami saat mewabahnya virus corona atau covid-19 sehingga tidak memungkinkan untuk dilaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara langsung atau tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penguasaan konsep siswa antara sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan media sosial WhatsApp. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yakni implementasi pembelajaran daring pada subjek terbatas dengan subjek penelitian sebanyak 5 orang siswa sekolah dasar. Berdasarkan analisis terhadap rekapitulasi hasil angket respons dan tes penguasaan konsep siswa, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa pembelajaran jarak jauh secara daring menggunakan media sosial WhatsApp cukup efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran jarak jauh, Pembelajaran Daring, Media Sosial, Penguasaan Konsep, Sekolah Dasar



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anderson, L. W. and Krathwohl, D. R., et al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Astuti, L.S. (2017). Penguasaan Konsep Ipa Ditinjau Dari Konsep Diri Dan Minat Belajar Siswa. Jurnal Formatif 7(1): 40-48, 2017 ISSN: 2088-351X.

Bilfaqih, Y. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: CV Budi Utama Publisher.

Buku Pedoman Guru Tema 8 “Lingkungan Sahabat Kita” Kelas V eds revisi. (2017). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Buku Siswa Tema 8 “Lingkungan Sahabat Kita” Kelas V eds revisi. (2017). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dewi. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 2 No 1 April 2020 p-ISSN 2656-8063 e-ISSN 2656-8071.

Elianur, C. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Sarana Diskusi Antara Pengawas Dan Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal As-Salam Vol.1 (2). 2017: 1-14 ISSN 2528-1402, Online ISSN 2549-5593.

Fauzi, R. (2017). Perubahan Budaya Komunikasi Pada Pengguna Whatsapp Di Era Media Baru. Jurnal JIKE Vol 1, No 1, Desember 2017 ISSN 2614-0829.

Meidawati S, Rani, Bayu, & Sobron A.N. (2019). Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan.

Miftahurrisqi P., & Sahidillah W.M. (2019). Whatsapp Sebagai Media Literasi Digital Siswa. Jurnal Varia Pendidikan Vol. 31, No. 1, Juni 2019: 52-57 ISSN: 0852-0976.

Permendikbud. Nomor 119 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud. Nomor 109 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh Pada Pendidikan Tinggi.

Rachmadyanti P., & Wicaksono D.V. (2017). Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom Di Sekolah Dasar. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan ISBN 978-602-70471-2-9.

Riyana, Cepi. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Penerbit: Universitas Terbuka.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sobron A.N, Rani, Bayu, & Meidawati S. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar Ipa. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme Vol. 1, No. 2, Desember 2019.

Sukmadinata, N.S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sundayana, Rostina. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Tarmidzi. (2015). Pemanfaatan Fenomena Dalam Pembelajaran Ipa Secara Inkuiri Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Sains Siswa Sekolah Dasar. JURNAL LOGIKA, Volume XIII, No 1 Tahun 2015, ISSN: 1978-2560.

Tarmidzi. (2018). Belajar Bermakna (Meaningful Learning) Ausubel Menggunakan Model Pembelajaran dan Evaluasi Peta Konsep (Concept Mapping) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 1 (2), 131-140, Juli 2018 p-ISSN 2615-1391, e-ISSN 2620-3219.

Tarmidzi. (2019). Pengaruh Menulis Sains Terhadap Kemampuan Keterampilan Proses Sains Siswa (Studi Eksperimen Di Sd Negeri Bima Kota Cirebon). Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 1 (2), 146-152, Juli 2019 p-ISSN 2615-1391, e-ISSN 2620-3219.

Trisnani. (2017). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan Dikalangan Tokoh Masyarakat. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika Volume 6 Nomor 3 / November 2017.

Turdjai., Bambang S & Puryadi. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Siswa (Studi pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri Gugus II Taba Penanjung Bengkulu Tengah). DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/caruban.v6i2.8655

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>