Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Psychological Self Concept Anak Dalam Kegiatan Pembelajaran di Sekolah Dasar

Tarmidzi Tarmidzi

Sari


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan pola asuh orang tua terhadap psychological self concept anak usia sekolah dasar serta menganalisis psychological self concept anak usia sekolah dasar sesuai tipe pola asuh orang tuanya.  Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode Penelitian Ex Post Facto.Sampel pada penelitian ini adalah 30 orang tua dan siswa SD Negeri 2 Kemantren Kabupaten Cirebon.  Berdasarkan hasil uji korelasi Pearson Product Moment (rppm) didapatkan nilai korelasi r = 0,301 dengan interpretasi hubungan yang rendah antara pola asuh orang tua dengan psychological self concept siswa.  Sedangkan P-Value yang didapat = 0,106 (P-Value> 0,01)  sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan psychological self concept siswa.  Meskipun terdapat orang tua yang memiliki pola asuh otoriter, tetapi psychological self concept anaknya tetap dalam interpretasi baik.

 

Kata kunci :     Pola Asuh Orang Tua;Psychological Self Concept

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

_____. (2012). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Akdon. (2008). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi dan Manajemen. Dewa Ruchi. Bandung Barat.

Alim, Melvi Lesmana. (2009). Kontribusi Pola Asuh Orang Tua dan Bimbingan Guru Terhadap Perilaku Sosial Anak pada Taman Kanak-kanak: Studi Analisis Deskriptif Pada Taman Kanak- Kanak Di Kota Pekanbaru-Riau. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Beaty, Janice J. (1998). Observing Development of The Young Child. Prentice-Hall, Inc. New Jersey.

Brianti. (2010). Perbedaan Penyesuaian Sosial Pada Anak yang Menjalani Sistem Pembelajaran Taman Kanak-kanak Full Days dan Reguler.

[Online]. Tersedia: http://eprints.uns.ac.id/ [9 Nopember 2015].

Desmita. (2008). Psikologi Perkembangan. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Kosim, Nandang. (2009). Kontribusi Pola Asuh Orang Tua dan Bimbingan Guru Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini : Studi Deskriptif Analitik pada Taman Kanak – Kanak Se-Kecamatan Pandeglang. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Marion, Marian. (1991). Guidance of Young Children. McMillan Publishing Company. New York.

Nutrisianty, Rima. (2014). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini : Penelitian Korelasional Terhadap Anak Kelompok B di TK Pertiwi Kuningan. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Peterson, Candida. (1996). Looking Forward Through The Life Span. Developmental Psychology. 3rd Edition. Prentice-Hall, Inc. Sydney.

Putri, Ariyani. (2014). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dengan Kecerdasan Spiritual Anak Raudhatul Athfal : Penelitian Korelasional pada Anak Kelompok B di RA Miftahul Huda Kec.Tarogong Kaler Kab.Garut Tahun Pelajaran 2014-2015. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Riduwan. (2010). Belajar Mudah Penelitian, Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Alfabeta. Bandung.

Santrock, John W. (2002). Life-Span Development. Perkembangan Masa Hidup. Edisi Kelima. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Schmidt, John J. (2010). The Elementary/Middle School Counselor’s Survival Guide. United States of America.

Silviyani, Nova. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Psychological Self Concept Siswa. Skripsi. Universitas Swadaya Gunung Jati. Cirebon.

Sit. (2012). Peningkatan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini dengan Metode Bermain Peran. [Online]. Tersedia: http://jurnaldikbud.net/index.php/jpnk/69 [9 Nopember 2015].

Sujiono, Yuliani Nurani. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Indeks. Jakarta.

Sund, Robert B. (1976). Piaget for Educators, A Multimedia Program. Bell & Howell Company. Ohio.

Tomlinson, Heather Biggar., Hyson, Marilou. (2012). Developmentally Appropiate Practice. Washington DC.

Yus. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Yusuf LN., Syamsu. (2007). Buku Materi Pokok, Pedagogik Pendidikan Dasar. Sekolah Pasca Sarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Yusuf LN., Syamsu. (2006). Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Yusuf LN dan Nurikhsan. (2011). Teori Kepribadian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/cjiipd.v1i1.1167

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>