BELAJAR BERMAKNA (MEANINGFUL LEARNING) AUSUBEL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DAN EVALUASI PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA

Tarmidzi Tarmidzi

Sari


Belajar bermakna (Meaningful Learning) yang dicetuskan oleh David Ausubel merupakan suatu proses dikaitkannya informasi-informasi baru dengan konsep-konsep yang relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang (Dahar dalam Trianto, 2007: 25).  Peta konsep dimaksudkan untuk mewakili hubungan antar konsep  yang bermakna dalam bentuk proposisi (Novak & Gowin, 1984: 15).  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep mahasiswa sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan  model peta konsep.  Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai tambahan pengetahuan mengenai model-model pembelajaran agar dapat digunakan sendiri sebagai sarana belajar guna meningkatkan pengetahuan dan/atau sebagai tambahan referensi cara mengajar agar di kemudian hari dapat digunakan di sekolah dasar.  Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen lemah yang desain dan perlakuannya seperti eksperimen tetapi tidak ada pengontrolan variabel sama sekali dengan subjek penelitian sebanyak 30 orang (33%) mahasiswa Prodi PGSD FKIP Unswagati Cirebon dan desain penelitian yang digunakan adalah Pre-test and Post-test Group Design.  Hasil pengujian perbedaan menggunakan Uji T Sampel Berpasangan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep mahasiswa antara sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran peta konsep.  

Kata Kunci:  Belajar Bermakna, Peta Konsep, dan Pemahaman Konsep

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akdon. (2008). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian untuk Administrasi dan Manajemen. Dewa Ruchi. Bandung Barat.

Anderson, L., W & Krathwohl. (2001). Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. A revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman,Inc.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Asan, A. (2007). Concept Mapping in Science Class: A Case Study of Fifth Grade Students. Educational Technology & Society, 10 (1), 186-195.

Brinkerhoff, J. L. & Booth, G. M. (2013). The Effect of Concept Mapping On Student Achievement in An Introductory Non-Majors Biology Class. European International Journal of Science and Technology Vol. 2 No. 8.

Chiou, C. C. (2008). The effect of concept mapping on students’ learning achievements and interests. Innovations in Education and Teaching International Vol. 45, No. 4, 375–387

Dahar, R., W. (1996). Teori-teori Belajar. Erlangga. Jakarta.

Eggen, P. & Kauchak, D. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Indeks. Jakarta.

Joyce, M., Weil, M., Calhoun, E., (2009). Models of Teaching. Model-model Pengajaran. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Karakuyu, Y. (2010). The effect of concept mapping on attitude and achievement in a physics course. International Journal of the Physical Sciences Vol. 5(6), pp. 724-737, Available online at http://www.academicjournals.org/IJPS ISSN 1992 - 1950 © 2010 Academic Journals.

Kilic, M., & Cakmak M. (2013). Concept Map As A Tool For Meaningful Learning and Teaching in Chemistry Education. International Kournal on New Trends in Education and Their Implications. Volume: 4 Issue: 4 Article: 14. ISSN: 1309-6249.

Marhendri. (2007). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Keseimbangan Benda Tegar untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Generik Sains Siswa SMA. Tesis pada Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia Bandung: tidak diterbitkan.

Novak, J. D. (2011). A Theory of Education: Meaningful Learning Underlies The Construcive Integration of Thinking, Feeling and Acting Leading To Empowerment for Commitment and Responsibility. Aprendizagem Significativa em Revista/Meaningful Learning Review – V1(2), pp. 1-14.

Novak, J. D. & Gowin, D. B. (1984). Learning How To Learn. Cambridge University Press. United States of America.

Syaodih, N., (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Konsep, Landasan Teoretis – Praktid dan Implementasinya. Prestasi Pustaka Publisher. Jakarta.

Vallori, A. B. (2014). Meaningful Learning in Practice. Journal of Education and Human Development Vol. 3, No. 4, pp. 199-209 ISSN: 2334-296X (Print), 2334-2978 (Online).

Yusuf, S. (2007). Buku Materi Pokok Pedagogik Pendidikan Dasar. Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/cjiipd.v1i2.2504

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
execute(); ?>