Analisis Pembelajaran Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kebutuhan E-Modul Berbantuan Flipbook Maker

Ahmad Abdul Aziz, Sri Hastuti Noer

Sari


Salah satu masalah utama dalam pembelajaran di kelas yang pemecahan masalah matematika masih rendah yang dikarenakan masalah pandemi yang melanda Indonesia beberapa tahun lalu, sehingga siswa harus belajar secara daring dan beberapa faktor lainnya. Kajian ini bertujuan untuk mengilustrasikan potensi masalah bahan ajar berbasis masalah kebutuhan. Kajian ini bertujuan untuk mengilustrasikan potensi masalah bahan ajar berbasis masalah kebutuhan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari 2 guru dan 15 siswa SMK kalirejo. Pengumpulan data adalah dilakukan dengan memberikan kuisioner berbentuk tertulis kepada guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) guru belum membuat e-modul matematika secara mandiri, 2) gurunya mengungkapkan perlunya bahan ajar interaktif yang mudah untuk siswa untuk digunakan, 3) siswa tidak memahami masalah kontekstual pemecahan dilihat dari hasil belajar siswa yang masih rendah, 4) siswa merasa sulit untuk memecahkan masalah pemecahan masalah, 5) siswa tidak memahami bahan ajar yang digunakan ketika pembelajaran online, 6) siswa membutuhkan bahan ajar yang mengandung pembahasan soal matematika yang mudah dipahami dan dapat diakses kapan saja dan di mana saja.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aisy, D. R., & Andriani, S. (2020). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software dengan Pendekatan Saitifik pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel ( SPLDV ). Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 8(1), 61–71.

Davita, P. W. C., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 2(2), 101-112:// https doi.org/10.48181 /tirtamath.v2i2.8892

Etrina, N. & Fathurrohman, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kompetensi Abad 21 untuk Guru SMP/MTs. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 1-5.

Haryanti, F., & Saputro, B. A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Berbantuan Flipbook Maker untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Segitiga. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 147-161. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no2.2016pp147-161

Hasanah, N., Ajie, D. P., Sufiati, V., & Surakarta, H. (2021). Penggunaan Media Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di Pos Paud Permata , Surakarta. Jurnal cikal cendekia, 1(2), 17–27.

Hidayatulloh, M. S. (2013). Pengembangan E- Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. Pendidikan Matematika FPMIPA Universitas PGRI Semarang, 1(2), 24–31.

Islahiyah, I., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2021). Analisis Kebutuhan E-Modul dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI SMA. Tirtamath: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 3(1), 47-61. https://doi.org/10.48181/tirtamath,v3il.11135

Pirmanto, Y., Anwar, M. F., & Bernard, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi Barisan dan Deret dengan Langkah-Langkah Menurut Polya. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 371–384.https:// doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.371-384

Prihastyo, M., Nindiasari, H., & Syamsuri. (2019). Pendekatan Problem Centered Learning TIRTAMATH : Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 3(1), 1-10.

Rohmaini, L., Netriwati, N., Komarudin, K., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg and Gall. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 176-186. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3649

Salampessy, Y. M., & Suparrman. S. (2019). Analisis Kebutuhan E-Modul Berbasis PBL Berpendekatan Stem. Prosding Sendika, 5(1), 13–17.

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (Janapati), 2(3), 193-275. https://doi.org/10.23887/janapati.v2i3.9800

Sulistyaningsih, A., Suparman, S., Rakhmawati, E., & Surasmanto, S. (2019). Analisis Kebutuhan Modul Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VII. Aksioma : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 143–154.https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4252

Susilawati, S., Neneng, L., & Miranda, Y. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X. Edu-Sains, 4(2), 104–114.

Utami, W. T., & Yuwaningsih, D. A. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Pada Pokok Bahasan Turunan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker Pro Untuk Siswa SMA Kelas XI. Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1(1), 157–160.

Wardono, E., Waluya, S. B., Kartono, M., & Mariani, S. (2018). Literasi Matematika Siswa SMP pada Pembelajaran Problem Based Learning Realistik Edmodo. Prisma, 1(1), 477–497.

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 2018-147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i4.7330

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.