Pengembangan Modul Ajar Program Sekolah Penggerak Berbasis Problem Based Learning
DOI:
https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i4.7199Abstract
Kementerian Pendidikan dan kebudayaan menetapkan kurikulum baru yang dikenal sebagai “Program Sekolah Penggerak†sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas Pendidikan di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul ajar yang layak dari aspek valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp yaitu analisis pendahuluan, pengembangan atau pembuatan prototype, dan penilaian. Adapun Teknik pengumpulan dan instrumen penelitian berupa wawancara, lembar validasi, lembar angket, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas modul ajar yang dihasilkan berdasarkan aspek kevalidan memperoleh skor 4,4 yang masuk kategori valid. Nilai kepraktisan diperoleh dari angket respon guru dengan skor 3,8 dan observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan skor 0,88 yang masuk dalam ketgori praktis. Selanjutnya, aspek keefektifan diperoleh dari tes berupa asesmen formatif dengan skor 77,65 yang masuk dalam kategori efektif. Penelitian ini menunjukkan bahwa modul ajar dikatakan valid, praktis, efektif. Sehingga modul ajar ini bisa digunakan sebagai pegangan siswa dan guru pada sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka.
Â
References
Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika dengan Strategi Problem Solvin untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121–130. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.25
Duch, B. J., Groh, S. E., & Allen, D. E. (2001). The Power of Problem-based Learning: A Practical “How To†for Teaching Undergraduate Courses in Any Discipline. Virginia: Stylus Pub.
Durohman, S., Noto, M. S., & Hartono, W. (2018). Pengembangan Perangkat Project Based Learning ( PBL ) Pada Materi Statistika SMA. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1-18
Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1609
Hidayanti, T., Handayani, I., & Ikasari, I. H. (2013). Statistika Dasar Panduan bagi Dosen dan Mahasiswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-10
Lestari, S. R. (2021). Pengambangan Perangkat Pembelajaran Flipped Video Media Classroom Menggunakan Media Video. Universitas Qomaruddin. 24-38
Martiningsih, R. R. (2015). Efektivitas Pemanfaatan Ms Excel dalam Pembelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Jurnal Kwangsan, 3(2), 107-120. https://doi.org/10.31800/jkwangsan-jtp.v3n2.p107--120
Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138.
Mawardi, M. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. ,Jurnal Ilmiah Didaktika .20(1). 69–82.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Peraturan Menteri Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013, 1–234.
Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development: SLO, 153, 152-169.
Purnawanto, A. T. (2022). Perencanakan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. JURNAL PEDAGOGY, 15(1), 75–94.
Sari, S. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika di SMA. Jurnal serambi ilmu, 1(1), 1–171.
Setyawan, F., & Masduki, L. (2021). Desain Math E-Learning Berbasis Moodle pada Sekolah Penggerak. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 346–353.
Sholihah, N., & Retnawati, H. (2019). Perangkat Pembelajaran Problem-Based Learning dalam Learning Cycle 5E Berorientasi pada Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 211–223. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.27771
Subekti, F. E., & Jazuli, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 13-24. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2687
Sulastika, S. (2021). Metode PBL pada Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital (SIMDIG) Materi Fitur Pembuatan Slide Presentasi. Science , Engineering , Education , and Development Studies ( SEEDS ): Conference Series, 4(2), 15–21.
Syahria, N. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris SMK Kota Surabaya. Gramaswara, 2(2), 49–62.
Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( PBM ) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2), 56–70.
Taufik, A. R. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pada Materi Statistika dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Abdul. Musamus Jurnal of Mathematics Education, 2(4), 92–101.
Tim Kemdikbudristek. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
Trisnawati, T., Gunawan, D., & Nongkeng, D. H. (2016). Perbandingan Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum 2013 di SMAN 1 Sinjai Utara. Jurnal Mirai Management, 1(11), 1–9.
Wibowo, A. H. W. (2017). Pengembangan Media Menipulatif Graphmetri Model Pembelajaran Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa pada Materi Grafik Fungsi Trigonometri. Malang: Universitas Negeri Malang.
Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258-270. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan karyanya ke jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
Penulis menyerahkan hak cipta dan memberikan hak penerbitan pertama kepada jurnal, dengan karya yang secara serentak dilisensikan di bawah Lisensi: Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License yang memungkinkan orang lain membagikan karya dengan pengakuan penerbitan awal dan kepenulisan karya di jurnal ini.