Pengembangan E-LKPD Berbasis PBL Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis

Ummu Habibah Siregar, Suparman Suparman

Sari


Tujuaan penelitian ini adalah Pengembangkan E–LKPD berbasis model PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada materi aljabar. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian pengembangan ADDIE. E–LKPD diuji cobakan di SMP Swasta Muhammadiyah 29 Padangsidimpuan pada kelas VII. Instrumen yang digunakan merupakan penilaian dari ahli materi dan media, respon peserta didik terhadap produk menggunakan angket kebergunaan, dan hasil pengerjaan E–LKPD. Aktivitas pembelajaran dalam E–LKPD disesuaikan dengan sintak PBL dan indikator kemampuan komunikasi matematis. Hasil dari penelitian ini pada tahap pengembangan, produk dikembangkan dan diuji melalui validasi ahli materi dan media, diperoleh nilai rata-rata validasi yaitu 86,33% berdasarkan aspek kelayakan materi 77,5%, kelayakan penyajian 88%, kelayakan keterbacaan 90%, kelayakan kebahasaan 87,5%, aspek komunikasi matematis dan aspek langkah PBL 87,5%. Hasil  Respon siswa menggunakan angket kebergunaan menunjukkan bahwa rata-rata untuk masing masing aspek adalah 3,11 (usefulness), 3,12 (ease of use), 3,25 (ease of learn), dan 3.00 (satisfaction) dengan skala maksimum 4. Rata-rata untuk semua kategori adalah 3,12 yang berati bahwa aplikasi ini praktis untuk digunakan. Dan untuk hasil efektifitas diperoleh hasil ketuntasan belajar siswa sebesar 71,43% dengan kategori baik, Sehingga E-LKPD berbasis model Problem Based Learning layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdillah, D. M., & Astuti, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem-Based Learning pada Topik Sudut. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 190–200. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.36444

Abdillah, D. M., & Astuti, D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem-Based Learning (PBL) pada Topik Sudut. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 190–200. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.36444

Anas, N., & Sapri, S. (2021). Komunikasi antara Kognitif dan Kemampuan Berbahasa. Eunoia, 1(1), 1–8.

Angriani, A. D., Kusumayanti, A., & Yuliany, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book pada Materi Aljabar. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 9(2), 13–30.

Ansyah, E., Pranata, Y., & Latipah, N. (2021). Pengembangan LKPD IPA Berbasis Problem Based Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa SMP Kelas VII. Pendidikan Tematik, 2(3), 283–288.

Aprila, B., & Fajar, A. A. (2022). Pembelajaran Model Problem Based Learning untuk Mengembangkan Kemandirian Belajar dan Hubungannya Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 15–29. https://doi.org/10.23969/pjme.v12i1.5408

Ashim, M., Asikin, M., & Kharisudin, I. (2019). Perlunya Komunikasi Matematika dan Mobile Learning Setting Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan 4C di Era Disrupsi. Seminar Nasional Matematika, 2, 687–697.

Aslamiah, A., Abbas, E. W., & Mutiani, M. (2021). 21st-Century Skills and Social Studies Education. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 82–92. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3066

Asnawi, N. (2021). Analisa Usability Aplikasi E-LMA Sebagai E-Learning Menggunakan Metode USE Questionnaire. RESEARCH : Journal of Computer, Information System & Technology Management, 4(2), 131–141. https://doi.org/10.25273/research.v4i2.8098

Asrori, A., & Suparman, S. (2019). Analias Kebutuhan E-lkpd Sesuai Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. PROSIDING SENDIKA, 5(1), 1-10

Blyznyuk, T. (2019). Formation of Teachers’ Digital Competence: Domestic Challenges and Foreign Experience. Journal of Vasyl Stefanyk Precarpathian National University, 5(1), 40–46. https://doi.org/10.15330/jpnu.5.1.40-46

Budiono, A. N., Hakim, M., & Afandi, B. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia bagi Guru Ma’arif Jember di Era Pandemi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 225–240.

Dimas, L., Iskandar, D., Ermiana, I., Nur, A., & Rosyidah, K. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD. Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 66–76.

Fatriani, E., & Sukidjo, S. (2018). Efektivitas Metode Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Sosial Siswa. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 15(1), 11–26. https://doi.org/10.21831/socia.v15i1.20089

Firdaus, A., Asikin, M., Waluya, B., & Zaenuri, Z. (2021). Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 187–200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871

Fitri, R., Mustika, H., & S, I. F. A. (2022). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI MA. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 5(2), 80–91.

Fitria, R., Hutapea, N. M., & H. Zulkarnain, H. Z. (2020). Development of Mathematics Learning Devices by Applying Problem Based Learning to Increase Students Mathematical Solving Skills of Class VII Junior High School. Journal of Educational Sciences, 4(2), 368–379. https://doi.org/10.31258/jes.4.2.p.368-379

Fitriyah, I. M. N., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Android dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1957–1970.

Hafidloh, A., Coesamin, M., & Widyastuti, W. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 182–192.

Handayani, U. F. (2021). Komunikasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar Tarik Tambang. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 67–78. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i2.58

Haryanti, N., Wilujeng, I., & Sundari, S. (2020). Problem Based Learning Instruction Assisted by E-Book To Improve Mathematical Representation Ability and Curiosity Attitudes on Optical Devices. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1), 1-10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012045

Hobri. (2010). Metodologi Penelitian Pengembangan ( APLIKASI pada Penelitian Pendidikan Matematika). Jember: Pena Salsabila.

Husain, R., & Kaharu, A. (2020). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85–92. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527

Junitasari, J., Roza, Y., & Yuanita, P. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Core untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 744–758. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.415

Kistian, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 92–104.

Larse, K. (2005). Stephen Hawking : A Biography. London: Greenwood Press.

Nofiarti, T. (2021). Analisis Keterampilan Abad 21 Menggunakan Instrumen Tes Literasi Sains pada Materi Asam Basa. Bedelau: Journal of Education and Learning, 2(1), 8–12. https://doi.org/10.55748/bjel.v2i1.51

Nurhidayati, S. (2021). Efektivitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(4), 0–5. https://doi.org/10.36312/jupe.v4i4.995

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Pambudi, D. S., Aini, R. Q., Oktavianingtyas, E., Trapsilasiwi, D., & Hussen, S. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Matematika Nalaria berdasarkan Jenis Kelamin. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 136–148. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4206

Paradina, D., Connie, C., & Medriati, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 169–176. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.169-176

Pertiwi, E. D., Khabibah, S., & Budiarto, M. T. (2020). Komunikasi Matematika dalam Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 202–211. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.151

Peterson, C. (2003). Bringing ADDIE to Life: Instructional Design at Its Best - Learning & Technology Library (Learntechlib). Journal of Educatioanal Multimedia and Hypermedia, 12(3), 227–241.

Prasadi, A. H., Wiyanto, W., & Suharini, E. (2020). The Implementation of Student Worksheet Based on STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) and Local Wisdom to Improve of Critical Thinking Ability of Fourth Grade Students. Journal of Primary Education, 9(3), 227–237. https://doi.org/10.15294/jpe.v9i3.37712

Putri, N. D., & Musdi, E. (2020). Analysis of Students Initial Mathematical Communication Skills in Mathematics Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1554(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012064

Rahayu, S., Ladamay, I., Wiyono, B. B., Susanti, R. H., & Purwito, N. R. (2021). Electronics Student Worksheet Based on Higher Order Thinking Skills for Grade IV Elementary School. International Journal of Elementary Education, 5(2), 453–460. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i3.36518

Sari, N. I. D., Budiarso, A. S., & Wahyuni, S. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Tingking Skill (HOTS) pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(3), 3699–3712. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2691

Sartyka, B., Mujib, A., & Herman, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Apotema : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 35–46.

Sina, I., Farlina, E., Sukandar, S., & Kariadinata, R. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 57–67. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.5081

Sinaga, C. V. R., & Sijabat, A. (2020). Pengembangan Materi Aljabar Linier dengan Model Problem Based Learning dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Maju, 7(2), 171–117.

Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152

Subakti, D. P., Marzal, J., & Hsb, M. H. E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1249–1264.

Sudjono, S., & Anas, A. (2005). Prinsip Pengantar Evaluasi Pendidikan. Depok: Raja Grafindo Persada.

Sufi, L. F., Bharata, H., & Suharsono, S. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 6(1), 1–12.

Sukoroni, S., & Ayu, P. (2019). Kelayakan dan Kepraktisan Lembar Kegiatan Peserta Didik LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Melatih Keterampilan Penyelesaian Masalah Pada Submateri Daur Ulang Limbah Peserta Didik Kelas X SMA. Bioedu : Berkala Ilmiah Pendiidkan Biologi, 8(1), 63–69.

Sunardi, E., Alfiany, I. H., Hadiany, D. A., & Matematika, P. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) pada Materi Operasi Bentuk Aljabar. 3(1), 93–102.

Supriatna, A. R., Siregar, R., & Nurrahma, H. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Muatan Pelajaran Matematika pada Website Liveworksheets di Sekolah Dasar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4025–4035.

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256–1268. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233

Wardhana, I. R., & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 704–709. https://doi.org/10.30738/.v6i2.2213

Widiyanti, T., & Fitrotun, N. A. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1), 1269–1283. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11136

Yanti, F., Nurva, M. S., & Fikriani, T. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Realistic Mathematic Education ( RME ) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1743–1751.

Zulyani, D., & Asmar, A. (2021). Pengembangan E-Module Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP Kelas VIII. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains), 9(2), 357–370. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10629




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i4.7153

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.