Kontribusi Pedagogical Content Knowledge, Kemampuan Awal Siswa, dan Self-efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika

Luh Nyoman Indah Yessy Wulandari, I Made Ardana, I Gusti Putu Suharta

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pengaruh Pedagogical Content Knowledge (PCK), kemampuan awal (KA) dan SE terhadap hasil belajar (HB) siswa SMP Negeri se-Kabupaten Tabanan. Data primer berupa PCK guru matematika, SE dan HB siswa yang dikumpulkan angket dan tes. KA diambil dari nilai sertifikat hasil ujian sekolah berbasis nasional. Sampel siswa ditentukan dengan teknik proporsional random sampling melalui rumus Slovin sebanyak 355 siswa dan 31 guru dianalisis dengan analisis jalur: ada pengaruh langsung PCK guru terhadap SE, KA terhadap SE, KA siswa terhadap HB matematika siswa, PCK guru terhadap HB matematika siswa, SE terhadap HB matematika siswa; terdapat pengaruh secara tidak langsung PCK guru terhadap HB matematika siswa melalui SE; PCK guru melalui SE terhadap HB; tidak terdapat pengaruh secara tidak langsung KA terhadap HB matematika siswa melalui SE; kontribusi PCK guru dan KA terhadap SE secara simultan sebesar 77,9%; kontribusi PCK guru, KA dan SE terhadap HB matematika siswa sebesar 94,4%. Penelitian ini memiliki implikasi pada pembuat kebijakan untuk memperkuat program pelatihan yang mampu memperkaya PCK guru.



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Z., (2019). Analisis Pedagogical Content Knowledge di Dalam Konteks Pendidikan Karakter Sebuah Studi Synthesis. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 11(1), 34-42.

Aina, J. K., Olanipekun, S. S., (2015). A Review of Teacher Self-Efficacy, Pedagogical Content Knowledge (PCK) and Out-of-Field Teaching: Focussing on Nigerian Teachers. International Journal of Elementary Education, 4(3), 80-85.

Anthony, R., Artino, J, R. (2012). Academic self-efficacy: from educational theory to instructional practice. Perspect Med Educ. 1(2), 76–85. https://doi: 10.1007/s40037-012-0012-5

Apsari, B. S., Adi, W., Octoria, D. (2014). Pengaruh Efikasi Diri, Pemanfaatan Gaya Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi (Studi Kasus di SMK Negeri 1 Surakarta). Jupe UNS, 3(1), 91-102.

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh Kemampuan Awak dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 5(1), 68-75.

Bandura, B. (1997). Self Efficacy in Changing Society. USA: Stanford University, Cambridge University Press.

Daulae, T. H., (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif. Jurnal Forum Pedagogik, 6(2), 1-10.

Dewanto, S. P., (2008). Peranan Kemampuan Akademik Awal, Self-Efficacy, dan Variabel Nonkognitif Lain Terhadap Pencapaian Kemampuan Representasi Multipel Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah, Educationist, 2(2), 123-133.

Dirgahayu, N. W. D. S., Suharta, I. G. P., & Suweken, G., (2019). The Effect of Content Knowledge (CK) and Pedalogical Content Knowledge (PCK) Toward the Performance of Mathteachers. International Journal of Engineering Sciences & Research Technology, 8(12), 48-56.

Goulão, M. F. (2014). The Relationship between Self-Efficacy and Academic Achievement in Adults’ Learner. Athens. Journal of Education, 1(3), 237-246.

Gulistan, M., Hussain, M. A., & Mushtaq, M., (2017). Relationship between Mathematics Teachers Self Efficacy and Students Academic Achievement at Secondary Level. Bulletin of Education and Research, 39(3), 171-182.

Hamdi, S., & Abadi, A. (2014) Pengaruh Motivasi, Self-Efficacy dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Prestasi Matematika Mahasiswa PGSD STKIP-H dan PGMI IAIH. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 77-87. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2666

Hartadiyati, E. W. H., & Sutikno, S. (2015). Self Efficacy as Effective Domain of Pedagogy Content Knowledge (PCK) The Implications for Pre-Service and In-Service Teachers in Science Teaching. International Journal of Education and Research, 3(1), 391-404.

Hevriansyah, P., & Megawanti, P., (2016). Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika (JKPM), 2(1), 37–44. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1893

Idzhar, A., (2016). Peranan Pendidik dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 221-228.

Kharisma F. N., (2016). Kemampuan PCK (Pedagogical Content Knowledge) Calon Pendidik Biologi FKIP UMS dalam Menyusun RPP Tahun Ajaran 2015/2016. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika, Jurnal Analisa, 3(1), 76-84. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499

Lion, E. (2015). Kemampuan Profesional Pendidik dalam Pembelajaran Efektif. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 3(1), 1-6.

Motlagh, S. E., Amrai, K., Yazdani, M. J., Abderahim, H. A., & Souri, H., (2011). The Relationship Between Self-efficacy and Academic Achievement in High School Students. Procedia Social and Behavioral Sciences, 15(1), 765-768. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.03.180

Muspiroh, N., (2015). Peran Kompetensi Sosial Guru dalam Menciptakan Efektifitas Pembelajaran. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi, 4(2), 12-31.

Negara, I. H. P. (2021) Hubungan Self Esteem dan Self-Efficacy Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X IPA di SMAN 1 Kuta Selatan. Bali: Universitas Pendidikan Ganesha.

Nollan, A., & Molla, T., (2017). Teacher Confidence and Professional Capital. Teaching and Teacher Education, 62(2), 10-18. https://doi.org/10.1016/j.tate.2016.11.004

Praptiwi, P., & Handika, J. (2012). Efektivitas Metode Kooperatif Tipe GI dan STAD Ditinjau Dari Kemampuan Awal. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 3(2), 41-50.

Purwianingsih, W. Nuryani, Y. Rustaman, R, S. (2010). Pengetahuan Konten Pedagogi (PCK) dan Urgensinya dalam Pendidikan Guru. Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JPMIPA), 15(2), 87-94. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v15i2.35997

Rahmadhani, Y., Rahmat, A., & Purwianingsih, W. (2016). Pedagogical Content Knowledge (PCK) dalam Pembelajaran Biologi SMA di Kota Cimahi. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains, 6(1), 17-24.

Riduwan, R. (2007). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rosyida. F., Utaya, S., Budijanto, B. (2016). Pengaruh Kebiasaan Belajar dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar di SMA. Jurnal Pendidikan Geografi, 21(2), 89-100. http://dx.doi.org/10.17977/jpg.v21i2.5903

Santri, N. F., (2017). Hubungan Kompetensi Pedagogik dengan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri Watampone. Jurnal Biotek, 5(1), 294-258. https://doi.org/10.24252/jb.v5i1.3462

Setiawahyu, I. M., (2017). Pengaruh Gaya Mengajar dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Sepakbola Juara. Jurnal Olah Raga. STKIP Muhammadiyah Kuningan, 2(2), 181-192. DOI: https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.45

Shodikin, A. (2015). Interaksi Kemampuan Awal Matematis Siswa dan Pembelajaran, Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 61-72. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v1i1.857

Shulman, L. S., (1986). Those Who Understand: Knowledge Growth in Teaching. Educational Researcher, 15(2), 4-14. https://doi.org/10.3102%2F0013189X015002004

Somawati, S. (2018). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Jurnal Konseling dan Pendidikan, 6(1), 39-45. https://doi.org/10.29210/118800

Suharta, I. G. P., & Parwati, N. N. (2020). Relationship Between Teacher’s Content Knowledge, Pedagogical Content Knowledge, and Self-Efficacy and Its Impact on Student’s Mathematics Learning Achievement. Atlantis Press SARL, Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 438(1), 293-296. https://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.200513.066

Suharta, I. G. P., & Parwati, N. N. (2019). Relationship Between Teacher’s Content Knowledge, Pedagogical Content Knowledge, and Self-Efficacy and Its Impact on Student’s Mathematics Learning Achievement. Series: Advances in Social Science, Education and Humanities Research. Proceedings of the 4th Asian Education Symposium (AES 2019), 17(10), 1-10.

Suharta, I. G. P., Sudiarta, I. G. P., Astawa, I. W. P., Sariyasa, S. (2018). The Influence of Teacher’s Trustt Self Efficacy and Content Knowledge Towards Pedalogical Content Knowledge and Its Impact on Student Learning Achievement. International Journal of Engineering Sciences & Research Technology (IJESRT), 7(11), 1-10.

Tejada, T., Jeffry J., Punzalan, P., Joyce, R. B. (2012). On the Misuse of Slovin's Formula. The Philippine Statistician, 61(1), 129-136.

Tschannen, M. M. & Woolfolk, H. A., (2001). Teacher Efficacy: Capturing an Elusive Construct. Teaching and Teacher Education. Scientific Research Publishing, 17(7), 783-805. https://doi.org/10.1016/S0742-051X(01)00036-1

Zulkarnain, I. (2020). Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 11(2), 89–94. https://doi.org/10.37640/jip.v11i2.94




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i4.6920

Refbacks



##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>