Kesulitan Siswa Madrasah Ibtidaiyah pada Materi Pecahan Berdasarkan Langkah Polya

Nenden Yuliani Pratiwi, Wahyu Hidayat

Sari


Abstrak. Pecahan penting untuk dipelajari dan dikuasai siswa karena merupakan materi esensial dalam matematika dan kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya siswa masih mengalami kesulitan dalam mempelajari pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam mempelajari pecahan berdasarkan langkah Polya dan mendeskripsikan faktor-faktor penyebab kesulitan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 20 orang siswa kelas III salah satu MI di Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kesulitan pada: langkah memahami masalah yaitu siswa tidak dapat mengidentifikasi unsur yang diketahui dan ditanyakan pada soal; langkah merencanakan penyelesaian yaitu siswa tidak bisa membuat model matematika yang berkaitan dengan lambang pecahan; langkah melaksanakan rencana penyelesaian yaitu  siswa tidak dapat merinci langkah-langkah penyelesaian yang harus digunakan untuk menyelesaikan soal; dan terakhir langkah memeriksa kembali kebenaran solusi yang diperoleh yaitu siswa tidak bisa memeriksa kembali kebenaran jawaban yang telah diperoleh. Secara keseluruhan pendekatan pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan dianggap paling berpengaruh dalam masalah kesulitan siswa mempelajari pecahan ini. Analisis kesulitan ini dapat digunakan oleh guru untuk membuat rencana pembelajaran dengan memperhatikan langkah Polya tersebut.

Kata Kunci: Langkah Polya, Kesulitan Siswa, Pecahan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, M., & Asrori, M. (2012). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Aminah, & Kurniawati, K. R. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Topik Pecahan Ditinjau dari Gender. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2), 118–122. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.713

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1317

Dahlan, J. A., & Juandi, D. (2011). Analisis Representasi Matematik Siswa Sekolah Dasar dalam Penyelesaian Masalah Matematika Kontekstual. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 16(1), 128–138. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v16i1.273

Deringöl, Y. (2019). Misconceptions of Primary School Students about the Subject of Fractions. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(1), 29–38. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i1.16290

Hardiyanti, A. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Kelas IX SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Barisan dan Deret. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP I) UMS, 78–88.

Indriani, A. (2016). The Use of Fractional Cards for Fraction Learning in The Fifth Grade Students of Elementary School. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(1), 28–35.

https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i1.1783

Kania, N. (2018). Alat Peraga untuk Memahami Konsep Pecahan. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(2), 1–12. https://doi.org/10.31949/th.v2i2.699

Khasanah, U., & Sutama. (2015). Kesulitan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika UMS 2015, 79–89.

Liestarie, R. R., & Karlimah. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas III Sekolah Dasar pada Materi Mengenal Konsep Bilangan Pecahan. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 109–119.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis, Second Edition. London, UK: SAGE Publications.

Mulyati, T. (2011). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–15. https://doi.org/10.17509/eh.v3i2

Nasiruudin, F. A. Z., & Hayati. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan pada Siswa Sekolah Dasar di Makassar. Klasikal: Journal Of Education, Language Teaching And Science, 1(2), 23–31. https://doi.org/10.0906/klasikal.v1i2.31

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Polya, G. (2004). How to Solve It. A New Aspect of Mathematical Method (With a new foreword by John Conway). New Jersey: Princeton University Press.

Prayitno, A., & Wulandari, D. T. (2015). Meminimalkan Kesalahan Konsep Pecahan melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing dengan Gesture Produktif pada Siswa SMP. JPM: Jurnal Pendidikan Matematika, I(2), 106–117. https://doi.org/10.33474/jpm.v1i2.718

Rahim, A. (2016). Eksplorasi Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Cerita yang Berkaitan dengan Kelipatan Persekutuan Terkecil dan Faktor Persekutuan Terbesar Ditinjau dari Perbedaan Gender. Prosiding Seminar Nasional Universitas Cokroaminoto Palopo, 02(1), 183–190.

Rohaeti, E. E., Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2019). Pembelajaran Inovatif Matematika Bernuansa Pendidikan Nilai dan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Rohmah, S. K. (2019). Analisis Learning Obstacles Siswa pada Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 13–24. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4428

Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 35–46. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6176

Ruchaedi, D., Suryadi, D., & Herman, T. (2015). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Heuristik Pemecahan Masalah dan Sikap Matematis Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 72-83. https://doi.org/10.17509/eh.v7i1

Saleh, M., Prahmana, R. C. I., Isa, M., & Murni. (2018). Improving the Reasoning Ability of Elementary School Student Through the Indonesian Realistic Mathematics Education. Journal on Mathematics Education, 9(1), 41–54. https://doi.org/10.22342/jme.9.1.5049.41-54

Saputri, J. R., & Mampouw, H. L. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Materi Pecahan oleh siswa SMP Ditinjau dari Tahapan Polya. MATH DIDACTIC: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 146–154. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Suarjana, I. M., Parmiti, D. P., & Safitri, P. E. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Siswa Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144–155. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14417

Trisniawati. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Tingkat Sekolah Dasar di Kotamadya Yogyakarta. SCIENCE TECH: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.30738/SCIENCE TECH.V3I1.1135

Widyaningrum, A. Z. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 1(2), 165–190.

Zabeta, M., Hartono, Y., & Putri, R. I. I. (2015). Desain Pembelajaran Materi Pecahan Menggunakan Pendekatan PMRI di Kelas VII. Beta, 8(1), 86–99.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3476

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>