Media Pembelajaran Berbasis Model Bruner, Budaya Lokal, dan Scaffolding untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Relasi dan Fungsi

Ni Wayan Poppy Handayani, I Made Ardana, I Gusti Putu Sudiarta

Sari


Abstrak. Penelitian ini berawal dari rendahnya pemahaman konsep siswa terhadap materi fungsi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas media pembelajaran berbasis Model Bruner, Budaya Lokal, dan Scaffolding (B2LS) untuk meningkatkan pemahaman konsep relasi dan fungsi. Penelitian mengacu pada metode pengembangan Plomp yang terdiri atas 3 fase: Preliminary Research, Prototyping, dan Assesment. Rangkaian fase melibatkan dua ahli pendidikan matematika, satu guru dan 105 siswa kelas VIII SMPN Denpasar sebagai subjek penelitian. Media yang dikembangkan berupa media pembelajaran berbasis TIK dengan aplikasi Autoplay Media Studio. Data yang dikumpulkan melalui lembar validasi, lembar kepraktisan, angket respons dan tes pemahaman yang selanjutnya dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep relasi dan fungsi. Hal ini didasarkan pada karakteristik media yaitu: siswa mengkonstruksi pemahamannya melalui teori Bruner, konsepsi jengah untuk mendukung peningkatan pemahaman konsep, dan scaffolding untuk membantu memahami konsep lebih jelas. Sehingga melalui media pembelajaran ini, siswa akan mudah memahami konsep relasi fungsi dan termotivasi dalam menyelesaikan masalah.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Bruner, Scaffolding, Jengah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akçak?n, V. (2018). Teaching Mathematical Functions Using Geometric Functions Approach and Its Effect on Ninth Grade Students’ Motivation. International Journal of Instruction, 11(1), 17–32.

Ardana, I. M. (2014). Efektivitas B2LS dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional FMIPA Undiksha IV, Oktober. Singaraja: Undiksha.

Ardana, I. M. (2015). Kepraktisan Model B2LS dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Riset Inovatif III, November. Bali: Undiksha Press.

Ardana, I. M. (2016). Meminimalisir Kecemasan Berkomunikasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model B2LS. Makalah disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional MIPA, Agustus. Singaraja: Undiksha Press.

Ardana, I. M., Ariawan, I. P. W., & Divayana, D. G. H. (2018). Budaya dalam Pembelajaran Matematika. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Denbel, D. G. (2015). Functions in the Secondary School Mathematics Curriculum. Journal of Education and Practice, 6(1), 77-81.

Fonger, N. L., Ellis, A., & Dogan, M. F. (2016). Students’ Conceptions Supporting Their Symbolization and Meaning of Function Rules. Tucson, AZ: The University of Arizona, 8.

Gonulal, T., & Loewen, S. (2018). Scaffolding Technique. In J. I. Liontas, T. International Association, & M. DelliCarpini (Eds.), The TESOL Encyclopedia of English Language Teaching (pp. 1–5). John Wiley & Sons, Inc.

Lestari, D. (2013). Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Simetri Lipat di Kelas IV SDN 02 Makmur Jaya Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako Online 3(2), 129-141.

Lovita, R. (2017). Keefektifan Penggunaan Media Benda Konkret Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf pada Siswa Cerebral Palsy Kelas III di SLB Negeri 1 Bantul. Jurnal Widia Ortodidaktika, 6(3), 241-251.

Matsumoto, K. (2017). A review of Jerome Bruner’s educational theory: 19.

McCulloch, A., Lovett, J., & Edgington, C. (2017). Developing Preservice Teachers’ Understanding of Function Using a Vending Machine Metaphor Applet. Indianapolis, IN: Hoosier Association of Mathematics Teacher Educators, 1(8), 1281-1288.

Muhson, A. (2010). Perkembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, VIII (2), 1-10.

Novyarti, E., Marzal, J., & Rohati, R. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Dan Autoplay Media Studio Dalam Pembelajaran Yang Berbasis Inquiry Pada Materi Garis Dan Sudut Kelas VII SMP. EDUMATICA| Jurnal Pendidikan Matematika, 4(02), 77-84.

Ormond, C. (2016). Scaffolding the Mathematical “Connections”: A New Approach to Preparing Teachers for the Teaching of Lower Secondary Algebra. Australian Journal of Teacher Education, 41(6), 122–164.

Purwadi, I. M. A., Sudiarta, I. G. P., & Suparta, I N. (2019). The Effect of Concrete-Pictorial-Abstact Strategy toward Students’ Mathematical Conceptual Understanding and Mathematical Representation on Fractions. International Journal of Instruction 12(1), 1113-1126.

Razak, A., & Rumainur. (2018). Efetivitas Penggunaan Multimedia Autoplay Etnik Kalimantan Timur terhadap Hasil Belajar Matematika SD Fastabiqul Khairat Kelas VI di Kota Samarinda. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2 (1), 87-96.

Rosmayanti. (2018). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Gambar di Kelas 1 SDN 017 Seberang Cengar Kecamatan Kuantan Mudik. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Riau, 2(3), 419-423.

Sani, M. A. (2017). The Contributions of Jerome Bruner’s Constructivist Approach to Education. Indian Journal of Research, 6 (2), 79-96.

Serdyukov, P. (2017). Innovation in education: What works, what doesn’t, and what to do about it? Journal of Research in Innovative Teaching & Learning, 10(1), 4–33.

Sudarman, S. W., & Linuhung, N. (2017). Pengaruh Pembelajaran Scaffolding Terhadap Pemahaman Konsep Integral Mahasiswa. Jurnal Pedidikan Matematika FKIP Univ. Muhamadiyah Metro, 6(1), 33-39.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Takaya, K. (2008). Jerome Bruner’s Theory of Education: From Early Bruner to Later Bruner. Interchange, 39(1), 1–19.

Wandani, N. M., & Syaiful Hamzah Nasution. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Autoplay Media Studio Pada Materi Kedudukan Relatif Dua Lingkaran. 1 (2). 2549 – 8584.

Winer, L. R., & Schmid, R. F. (2017). Using Brunerian Learning Theory with Educational Simulations to Teach Concepts. Canadian Journal of Learning and Technology / La Revue Canadienne de l’apprentissage et de La Technologie, 15(3), 153-165.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3235

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>