Hubungan Gaya Belajar Visual dan Kecemasan Diri Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMK Negeri 41 Jakarta

Hawa Liberna

Sari


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis masalah dan mengetahui respon siswa terhadap soal matematika berbasis masalah yang diberikan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif diskriptif. Subyek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Yogyakarta yang terdiri dari 2 siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh subyek penelitian memiliki kemampuan dalam menyelesaikan soal matematika berbasis masalah dengan berbagai tingkatan. Selanjutnya, siswa memiliki respon positif terhadap seluruh soal yang diberikan.

 

Kata Kunci. Kemampuan matematika, Soal matematika berbasis masalah, Sistem persamaan linier dua variabel

 

Abstract. The study aims to determine the ability of students in solving the mathematics problem-based and to know the students’ response to the problem-based math problems provided. This research uses descriptive quantitative research. The research’s subjects are 6 students of class VIII SMP Negeri 11 Yogyakarta consisting of 2 students with high, medium, and low math skills. The results showed that all research subjects have the ability to solve problem-based math problems with various levels. Furthermore, students have a positive response to all given questions. 

 

Keywords. Mathematical skills, Problem-based math problems, Two-variable linear equation system


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Liberna, H. dan Wiratomo, Y. 2014. Metode Pembelajaran Matematika. Jakarta: Mitra Abadi

Febrika., Ernila I., Sugiyanto., dan Baharuddin, R. (2015). Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi, Vol 3, No.6. Halaman: 8. http://jurnal.fkip.unila.ac.id. (31 Maret 2017).

Maisaroh, S. (2016). Pengaruh Kecerdasan Matematis Logis Dan Kecemasan Terhadap Prestasi Belajar Matematika. (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2). Jakarta: FTMIPA Unindra.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.988

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>