Analisis Kesulitan Penyelesaian Soal Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Mahasiswa Di Kabupaten Tulungagung

Ratri Candra Hastari

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan pada penyelesaian soal ditinjau dari Kecerdasan Emosional Mahasiswa di Kabupaten Tulungagung. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk: membantu mahasiswa untuk memperbaiki dan mengurangi kesulitan pada penyelesaian soal dan dapat digunakan sebagai pertimbangan dosen dalam memberikan langkah-langkah pembelajaran yang tepat untuk mengatasi kesulitan pada penyelesaian soal yang dialami oleh mahasiswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket dan soal tes. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif, sehingga data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan sejak sebelum memasuki lapangan, selama dilapangan, dan setelah selesai di lapangan. Hasil angket menunjukkan terdapat tiga kategori kecerdasan emosional mahasiswa, kategori rendah, sedang, dan tinggi. Berdasarkan kategori kecerdasan emosional mahasiswa kemudian dilakukan analisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal-soal persamaan diferensial.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Baharudin. 2015. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Dalyono. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: RinekaCipta

Hudojo, H. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM PRESS

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, H. 2014. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung:Alfabeta

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E dan Udin, S dan Winataputra. 1993. Strategi Belajar dan Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Sukmadinata, N. S. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.829

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>