Performance Assessment pada Pembelajaran Matematika

Mikiyana Ramadani, Yuyu Yuhana, Sukirwan Sukirwan, Heni Pujiastuti, Syamsuri Syamsuri

Sari


Abstrak. Matematika merupakan salah satu ilmu yang wajib dipelajari oleh semua kalangan, baik dari jenjang SD maupun Perguruan Tinggi. Namun, untuk menilai suatu pembelajaran, seperti matematika, diperlukan asesmen atau bentuk penilaian yang baik. Hal ini diharapkan agar semua aspek dapat terlihat dan terukur kecapaiannya. Maka dari itu penelitian ini akan mengkaji asesmen kinerja atau (Performance Assessment) menggunakan systematic literature review dimana peneliti mengkaji beberapa artikel dari tahun 2013-2022 dan mengambil kesimpulan dari studi literatur tersebut. Dari 163 artikel atau studi literatur yang diperoleh, hanya 18 yang akan diolah setelah melakukan langkah-langkah oleh Transfield (Tranfield et al., 2003). Pada kesimpulannya, diperoleh bahwa asesmen kinerja dapat dengan efektif berpengaruh dalam pembelajaran matematika.

Kata Kunci: Penilaian Kinerja, Langkah Tansfield, Matematika


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arhin, A. K. (2015). The Effect of Performance Assessment-Driven Instruction on the Attitude and Achievement of Senior High School Students in Mathematics in Cape Coast Metropolis, Ghana. Journal of Education and Practice, 6(2), 109–117.

B.Uno, S. (2006). Asessmen pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Fatmawati, A. (2014). Penerapan Pendekatan Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada Materi Pertidaksamaan di Kelas XC SMAN 1 Kauffman Tulungagung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 30-35.

Gumiarti, H. (2014). Penerapan Asesmen Kinerja untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMK. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 20–29.

Gusnidar, G., Netriwati, N., & Putra, F. G. (2018). Implementasi Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif Berbantuan Software Wingeom dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5(2), 62-69.

Handayani, P., & Agoestanto, A. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Masalah Info Artikel Abstrak. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1), 2–7.

Hasanah, U., Wardono, & Kartono. (2016). Keefektifan Pembelajaran Murder Berpendekatan Pmri dengan Asesmen Kinerja pada Pencapaian Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Serupa Pisa. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2), 101–108.

Herlina, Y., & Toheri, T. (2014). Perbandingan Penggunaan Asesmen Kinerja (Performance) dan Asesmen Penugasan terhadap Kemampuan Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Garis Dan Sudut Kelas VII Mts. Negeri Cirebon Ii. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(2), 1-10. https://doi.org/10.24235/eduma.v3i2.61

Iannone, P., Czichowsky, C., & Ruf, J. (2020). The Impact of High Stakes Oral Performance Assessment on Students’ Approaches to Learning: A Case Study. Educational Studies in Mathematics, 103(3), 313–337. https://doi.org/10.1007/s10649-020-09937-4

Khoir, N. L., Masrukan, M., & Wiyanto, W. (2019). Mathematics Literacy Based on Visual-Spatial Intelligence 7th Grade Students on Discovery Learning with Performance Assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(1), 111–117.

Mahayukti, G. A. (2018). The Effectiveness of Mathematics Software Aided Learning Tool With Performance Assessment on Student Independence and Student Learning Outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1040(1), 12-29. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1040/1/012029

Mashitah, M. R. N. (2016). Measurement of Early Science and Mathematics Standard Instrument: Performance Assessment and Psychometric Setting using ZPD Concept. Indian Journal of Science and Technology, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.17485/ijst/2016/v9i(s1)/108694

Mulana, I. M. B., Candiasa, I. M., Jampel, I. N., & Suma, K. (2021). The Effects of Performance Assessment on Mathematics Learning Outcomes. Academy of Entrepreneurship Journal, 27(5), 1–13.

Omalley, J. M. (1996). Authentic Assessment for English Language Learners: Practical Approaches For Teachers/ Omalley. United States: Addison-Wesley Publishing.

Prastowo, A. Y., & Waluya, S. B. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Percaya Diri pada Model Project Based Learning dengan Asesmen Kinerja. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, 3(3), 209–217.

Rahmawati, L., & Juandi, D. (2022). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan STEM: Systematic Literature Review. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(1), 149–160.

Rincon-Flores, E. G., Gallardo, K., & Fuente, J. M. (2018). Strengthening an Educational Innovation Strategy: Processes to Improve Gamification in Calculus Course through Performance Assessment and Meta-evaluation. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(1), 1–11. https://doi.org/10.12973/iejme/2692

Santoso, E. (2014). Penerapan Asesmen Kinerja Melalui PBM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika,4(2), 9–19. https://doi.org/10.23969/pjme.v4i2.2505

Sukendra, I. K., & Sumandya, I. W. (2018). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Asesmen Kinerja dan Bakat Numerik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Widyadari, 19(1), 30–38. https://doi.org/http://doi.org/10.5281/zenodo.1237379

Sunita, N. W., Mahendra, I. W. E., & Darmayani, N. W. (2018). Keefektifan Pendekatan Asesmen Kinerja dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII SMP Negeri 1 Blahbatuh. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 186–196. https://doi.org/10.5281/zenodo.2548098

Suryati, S., Masrukan, M., & Wardono, W. (2013). Pengaruh Asesmen Kinerja dalam Model Pembelajaran ARIAS terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal Of Mathematics Education, 2(3), 1–13.

Tafrilyanto, C. F., & Kurnadi, B. (2019). Pengembangan LKS pada Materi Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat Menggunakan Pendekatan Realistik Berbasis Mangrove. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 17–28.

Tejeda, S., & Gallardo, K. (2017). Performance Assessment on High School Advanced Algebra Santa. International Electronic Journal of Mathematics Education,12(3), 777–798.

Tilaar, A. L. F. (2019). The Influence of The Application of Mathematics Learning Performance Assessment and Portfolio Assessment toward Senior Highschool Students’ Mathematics Achievement. International Journal of Innovative Science and Research Technology (IJISRT), 4(2), 457–466.

Tranfield, D., Denyer, D., & Smart, P. (2003). Towards a Methodology for Developing Evidence-Informed Management Knowledge by Means of Systematic Review. British Journal of Management, 14(1), 207–222. https://doi.org/10.1007/978-3-030-92836-0_28

Yuniati, S. (2011). Asesmen Kinerja ( Performance Assessment ). An-Nida’, 36(1), 37–51.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v7i2.8256

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>