Systematic Literature Review: Adversity Quotient pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Tahapan Polya

Eki Sutisna, Heni Pujiastuti

Sari


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang cara siswa menyelesaikan masalah ditinjau dari kemampuan tinggi, sedang, rendah pada Adversity Quotient (AQ) berdasarkan tahapan penyelesaian masalah menurut Polya, yaitu: memahami masalah (understanding the problem); menyusun rencana penyelesaian (devising a plan); menyelesaikan masalah sesuai rencana (carrying out the plan); memeriksa kembali hasil yang telah diperoleh (looking back). Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Langkah-langkah dalam penelitian ini meliputi: develop research questions; selection criteria; developing the search strategy; the study selection process; coding studies; appraising the quality studies; dan synthesis result. Dari hasil pencarian, diperoleh 15 artikel yang memenuhi kriteria. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berkemampuan rendah atau quitter jika ditinjau dari AQ memiliki kesamaan dalam menyelesaikan masalah, mereka belum mampu mengikuti langkah-langkah penyelesaian masalah menurut Polya. Mereka masih kesulitan dalam memahami masalah yang dihadapi. Untuk siswa berkemampuan sedang, atau jika ditinjau berdasarkan AQ yaitu  camper, sudah mampu mengikuti sebagian langkah-langkah penyelesaian masalah menurut Polya walaupun belum sempurna.  Hal tersebut berkaitan dengan karakteristik camper yang cepat merasa puas dengan hasil yang diperoleh. Berbeda dengan siswa berkemampuan tinggi, atau bisa disebut juga dengan climber, mereka sudah mampu mengikuti langkah-langkah penyelesaian masalah menurut Polya. Hal yang menjadi perhatian adalah ketelitian.

Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Matematika, Polya, Adversity Quotient (AQ).



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, A., Hiltrimartin, C., & Somakim, S. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa melalui Strategi Menebak dengan Cerdas dan Mengujinya. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1635. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3851

Afri, L. D. (2018). Hubungan AQ dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(2), 1-10. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i2.2895

Andani, M., Pranata, O. H., & Hamdu, G. (2021). Systematic Literature Review: Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 404-417.

Arfiana, A., & Wijaya, A. (2018). Problem Solving Skill of Students of Senior High Schools and Islamic High Schools in Tegal Regency in Solving The Problem of PISA Based on Polya’s Stage. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 211–222. https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.15783

Aspiandi, H., Zubaidah, R., & Nursangaji, A. (2020). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Bangun Datar di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 9(11), 1–8.

Azzahra, R. H., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Persamaan Linier Tiga Variabel. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 153–162.

Budiyanti, A. I. A., Sutrisno, S., & Prayito, M. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Soal SPLDV Model PISA Ditinjau dari AQ Tipe Climbers. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 141–149.

Chabibah, L. N., Siswanah, E., & Tsani, D. F. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan Ditinjau dari AQ. Pythagoras, 14(2), 199–210.

Christina, E. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Tahapan Polya dalam Menyelesaikan Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 4(2), 405–424. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.405-424

Himawati, S. A., Aini, I. N., & Warmi, A. (2021). Description of Mathematic Problem Solving Ability for Class X Senior High School Students Based on Polya Steps. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 191–206. https://doi.org/10.31943/mathline.v6i2.226

Ismawati, A., Mulyono, M., & Hindarto, N. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Problem Based Learning dengan Strategi Scaffolding Ditinjau dari AQ. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 48–58.

Imanda, K. N., Rahardi, R., & Rahardjo, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Tipe Campers dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1517-1526.

Juandi, D. (2021). Heterogeneity of Problem-Based Learning Outcomes for Improving Mathematical Competence: A Systematic Literature Review. Journal of Physics: Conference Series, 1722(1), 12-108. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1722/1/012108

Kania, N., & Fitriyani, D. (2022). Implementasi Teori Pemecahan Masalah Polya dalam Pembelajaran Matematika. Progressive of Cognitive and Ability, 1(1), 42–49. https://doi.org/10.56855/jpr.v1i1.5

Kania, N., & Ratnawulan, N. (2022). Kompetensi Matematika: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menurut Polya. Journal of Research in Science and Mathematics Education (J-RSME), 1(1), 17–26. https://doi.org/10.56855/jrsme.v1i1.10

Maini, N., & Izzati, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Langkah-Langkah Brainsford & Steint Ditinjau dari AQ. Jurnal Kiprah, 7(1), 32–40. https://doi.org/10.31629/kiprah.v7i1.1175

Marlissa, I., & Widjajanti, D. B. (2015). Pengaruh Strategi REACT Ditinjau dari Gaya Kognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Prestasi Belajar dan Apresiasi Siswa terhadap Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 186–196. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7333

Nazariah, N., Marwan, M., & Abidin, Z. (2017). Intuisi Siswa SMK dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika dan Perbedaan Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 35–52. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i1.7561

Netriwati, N. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matetamatis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Al- Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181–190.

Nurhayati, N., Subanji, S., & Rahardjo, S. (2022). Proses Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Tahapan Mason Ditinjau dari Tipe AQ. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 615–634. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1239

Oemolos, S., & Mampouw, H. L. (2021). Profil Pemecahan Masalah Nilai Ekstrim Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1169–1182. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.612

Permatasari, Z., Sridana, N., Amrullah, A., & Sarjana, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Tingkat AQ. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 437-448.

Pirmanto, Y., Anwar, M. F., & Bernard, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi Barisan dan Deret dengan Langkan-langkah Menurut Polya. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 371–384. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.371-384

Pramesti, S. L. D., & Rini, J. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta didik Berdasarkan Strategi Polya pada Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hands on Activity. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 223-233. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.768

Puspa, R. D., As’ari, A. R., & Sukoriyanto, S. (2019). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Higher Order Thinking Skills (Hots) Ditinjau dari Tahapan Pemecahan Masalah Polya. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(2), 86–94. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm

Rahmawati, L., & Juandi, D. (2022). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Stem: Systematic Literature Review. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 7(1), 149-159. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.6914

Rahmi, D., Putra, M. A., & Kurniati, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan AQ Siswa SMA. Suska Journal of Mathematics Education 7(2), 85–94.

Rismen, S., Juwita, R., & Devinda, U. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Impulsif. Jurnal Gantang, 5(1), 61–68. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1579

Rizqiani, S. A., & Hayuhantika, D. (2020). Analisis Metakognisi dalam Penyelesaian Masalah Matematika Ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 5(1), 26-36. https://doi.org/10.29100/jp2m.v5i1.1734

Saputri, R. A. (2019). Analisis Pemecahan Masalah Soal Cerita Materi Perbandingan Ditinjau dari Aspek Merencanakan Polya. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 3(1), 21–38.

Sari, C. K., Sutopo, S., & Aryuna, D. R. (2016). The Profile of Students’ Thinking in Solving Mathematics Problems Based on AQ. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 1(1), 36–48. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v1i1.1784

Sastri, D. N., Sujatmiko, P., & Fitriana, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Pokok Bahasan Aplikasi Barisan dan Deret Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. JPMM: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(6), 601–610.

Septianingtyas, N., & Jusra, H. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Berdasarkan AQ. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 657–672. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.263

Supriadi, S., Anwar, Z., Hidayani, & Rusani, I. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Langkah-Langkah Polya Ditinjau dari AQ Tipe Campers. Celebes Education Review, 3(1), 25–33.

Sutisna, E., Novaliyosi, N., Hendrayana, A., & Mutaqin, A. (2022). Systematic Literature Review: AQ dan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 253–267. https://doi.org/10.30738/union.v10i2.12528

Syahfitri, N., & Matematika, P. (2022). Proses Berpikir Siswa Madrasah Tipe Quitter Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(8), 952–959. https://doi.org/10.26418/jppk.v11i8.57406

Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1), 90–96. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.561

Widyastuti, R. (2015a). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari AQ Tipe Climber. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 183–194. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.48

Widyastuti, R. (2015b). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari AQ Tipe Climber. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 183–194. https://doi.org/10.24042/ajpm.v6i2.48

Yustiana, Y., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2021). Mathematical Problem Solving Ability of Vocational High School Students Based on AQ. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1), 12-92. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012092

Zawacki-Richter, O., Kerres, M., Bedenlier, S., Bond, M., & Buntins, K. (2020). Systematic Reviews in Educational Research: Methodology, Perspectives and Application (P. 161). United Kingdom: Springer Nature. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/ 978-3-658-27602-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.8052

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>