Hybrid Learning dalam Perkuliahan Matematika Kimia 1

Dianne Amor Kusuma, Muchamad Subali Noto, Estiyan Dwipriyoko

Sari


Abstrak. Latar belakang dari penelitian ini adalah hasil belajar mahasiswa program studi kimia FMIPA, Universitas Padjadjaran, dalam mata kuliah Matematika Kimia 1 masih rendah, dan pandemi Covid-19 yang mengakibatkan proses pembelajaran belum memungkinkan untuk dilaksanakan secara tatap muka langsung sehingga berdampak terhadap pemahaman dan motivasi mahasiswa. Penelitian ini perlu dilakukan karena hybrid learning adalah metode pembelajaran yang saat ini dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang diterapkan selama masa pandemi. Penelitian ini membahas tentang sejauhmana hybrid learning telah diterapkan dalam perkuliahan Matematika Kimia 1. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa hybrid learning memiliki kekuatan dan kelemahan, serta dapat membantu mahasiswa lebih memahami dan termotivasi dalam mata kuliah mata kuliah Matematika Kimia 1 dengan bantuan beberapa aplikasi yang bersifat interaktif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa hybrid learning yang didukung oleh beberapa aplikasi yang bersifat interaktif, berpeluang meningkatkan pemahaman dan motivasi mahasiswa dalam perkuliahan Matematika Kimia 1.

 Kata Kunci: Hybrid learning, Matematika Kimia, Hasil Belajar, Motivasi. 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardilla, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa MTS Iskandar Muda Batam. Pythagoras, 6(2), 175-186.

Donelly, R., & Patrinos, H. A. (2021). Learning Loss during Covid-19: An Early Systematic Review. Prospect, 51(1), 601-609.

Harefa, P. R. A., Zebua, S., & Bawamenewi, A. (2022). Analisis Biaya Produksi dengan Menggunakan Metode Full Costing dalam Perhitungan Harga Pokok Produksi. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi, 1(2), 218-223.

Helma, H., & Edizon, E. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa untuk Penerapan Bahan Ajar Kontekstual Mengintegrasikan Pengetahuan Terkait dan Realistik. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(1), 86-92.

Indriani, W. D., & Pasaribu, L. H. (2022). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa menggunakan Model Pembelajaran Hybrid learning. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 291-299.

Indah, R. P., & Farida, A. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 41-47.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language and Literature, 3(1), 99–110.

Kusuma, D. A. (2019). Penerapan Ethnomathematics dan Hypnoteaching pada Mata Kuliah Matematika Kimia. JNPM (Jurnal Pendidikan Matematika), 3(2), 165-176.

Kusuma, D. A. (2020). Dampak Penerapan Pembelajaran Daring terhadap Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa pada Mata Kuliah Geometri selama Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 169-175.

Kusuma, D. A., & Dwipriyoko, E. (2021). The Relationship between Musical Intelligence and The Enhancement of Mathematical Connection Ability using Ethnomathematics and the Mozart Effect. Infinity, 10(2), 191-202.

Lisman, F., Primawati, P., Waskito. W., & Sari, D. Y. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Daring dari Perspektif Guru dan Siswa di SMK 2 Payakumbuh. Jurnal Vokasi Mekanika, 3(1), 72-76.

Novalinda, E., Kantun, S., & Widodo, J. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Semester Ganjil SMK PGRI 5 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 11(2), 115-119.

Prasetyawati, V. (2021). Metode Cooperative Learning dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Epistema, 2(2), 90-99.

Syafril, S., Latifah, S., Engkizar, E., Damri, D., Asril, Z., & Yaumas, N. E. (2021). Hybrid learning on Problem-Solving Abiities in Physics Learning: A Literature Review. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1), 12-21.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v7i2.7934

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>