Eksplorasi Pengetahuan Mahasiswa Calon Guru tentang Perkembangan Matematika Babilonia

Yulyanti Harisman, Maharani Desvera Putri, Lukman Harun, Marwia Tamrin Bakar, Asep Amam

Sari


Abstrak. Matematika sudah ada sejak zaman purbakala, buktinya ditemukan penggunaan matematika pada lempengan tanah liat di zaman Babilonia Namun, pada kenyataannya mahasiswa calon guru masih belum mengetahui peranan matematika pada zaman Babilonia. Tujuan dari penulisan ini ialah untuk memotivasi, memberikan informasi, serta mengetahui sampai di mana pengetahuan mahasiswa calon guru mengenai sejarah serta perkembangan matematika pada zaman Babilonia. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan memanfaatkan metode literatur review dan studi kasus. Literatur review dilakukan dengan mengkaji artikel-artikel untuk memperoleh bagaimana matematika berkembang pada zaman Babilonia. Studi kasus didapat dari hasil wawancara kepada sepuluh mahasiswa Universitas Negeri Padang dengan program studi Pendidikan matematika Angkatan 2021 yang dipilih secara acak mengenai pengetahuan mereka tentang matematika Babilonia. Pada penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah 1) ketertarikan peneliti mengenai perkembangan matematika di zaman Babilonia 2) wawancara terbuka, di mana setiap mahasiswa diberikan pertanyaan mengenai pengetahuan mereka tentang matematika Babilonia.  Pada penelitian ini analisis yang digunakan ialah meta review dan analisis tematik. Hasil penelitian ini memberikan informasi mengenai perkembangan matematika pada zaman Babilonia, sistem penulisan angka pada zaman babilonia, dan menunjukkan bahwa terdapat empat kategori bagaimana mahasiswa calon guru memberikan respon terhadap pengetahuan mereka tentang matematika Babilonia.

Kata Kunci: Babilonia, sexsagesimal, paku.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfian, M. (2011). Pendidikan Sejarah dan Permasalahan yang Dihadapi. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 1-8.

Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 2(1), 1-10.

Anditya, R., & Murtiyasa, B. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Kecemasan Matematika. ISSN: 2528-4630. Disertasi Doktor, tidak diterbitkan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Aulia, A. R. (2020). Pandangan Pelajar yang Salah Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Disertasi Doktor, tidak diterbitkan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh.

Ayu, A., Wulandari, I., Budiyono, M., Abdurrahman Wahid, U. K., Pahlawan Km, J., & Rowolaku, K. (2022). Sejarah Matematika pada Zaman Mesir dan Babilonia (History of Mathematics in The Times of Egypt and Babylonia). UNEJ e-Proceeding, 1(1), 426-433.

Dewi, S. O. P. (2021). Perkembangan Matematika pada Abad Pertengahan Renaissance Serta Implikasinya terhadap Pembelajaran Matematika di Sekolah. Skripsi. Uinsatu: Tulungagung.

Efendi, A., Fatimah, C., Parinata, D., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman Gen Z Terhadap Sejarah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 116–126. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp116-126

Harahap, H. D., & Syarifah, R. (2015). Studi Kasus Kesulitan Belajar Matematika pada Remaja. Jurnal Psikologi, 11(1), 20–30.

Harisman, Y., Noto, M. S., & Hidayat, W. (2020). Experience Student Background and Their Behavior in Problem Solving. Infinity Journal, 9(1), 59-69. https://doi.org/10.22460/infinity.v9i1.p59-68

Krismanto, K., Harianja, J., & Susianna, N. (2022). Rally Coach dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Analitis, Komunikasi Matematis dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 6(3), 479-492. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i3.6833

Lispika. L. (2022). Sejarah Perkembangan Matematika dalam Dunia pendidikan. Journal Of Arts and Education, 2(2), 1-10.

Prihatsanti, U., Suryanto, S., & Hendriani, W. (2018). Menggunakan Studi Kasus sebagai Metode Ilmiah dalam Psikologi. Buletin Psikologi, 26(2), 126-136. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38895

Puspa, D., & Argaswari, A. D. (2018). Integrasi Sejarah Matematika untuk Meningkatkan Atensi Siswa. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 59–65.

Putri, P., Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at home: analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20-26.

Saidillah, A. (2018). Kesulitan Peserta Didik dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 1(2), 214.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia. Perkembangan Geometri dari Masa ke Masa, 1(1), 1-10

Susanto, H. (2014). Seputar Pembelajaran Sejarah (Isu, Gagasan, dan Strategi Pembelajaran). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Susdarwono, E. T. (2021). Penerapan Iiterasi Tengah Babilonia dan Metode Bakhshali dalam Perhitungan Akar Kuadrat Tidak Sempurna. Riemann Research of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 9–20.

Susilo, A., & Sofiarini, A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 1-10.

Taubah, R. (2014). Pendekatan Saintifik dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika pada Siswa Kelas VIIE SMP Negeri 1 Wedarijaksa Tahun Ajaran 2013/2014. Disertasi Doktor, tidak diterbitkan, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Wahyuningsih, S. (2013). Metode Penelitian Studi Kasus. Madura: UTMPress Universitas Trunojoyo Madura.

Warmi, A., Adirakasiwi, A. G., & Efendy, K. N. S. (2019). Penerapan Reciprocal Learning untuk Melatih Kecakapan Akademik Mahasiswa pada Mata Kuliah Sejarah Matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 41-51. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.690

Warmi, A., Galih, A., Jurusan, A., Matematika, P., Keguruan, F., & Pendidikan, I. (2018). Analisis Kesulitan Mahasiswa pada Mata Kuliah Sejarah Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 4(1), 7–14.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.7748

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>