Desain Didaktis Pembelajaran Matematika untuk Mengatasi Learning Obstacles Siswa SMP dalam Mempelajari Materi Aljabar

Lia Ardiansari, Didi Suryadi, Dadan Dasari

Sari


Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa SMP yang mengalami hambatan belajar (learning obstacle) pada saat mempelajari aljabar. Penelitian desain didaktis (didactial design research) digunakan dalam penelitian ini yang diawali dengan studi pendahuluan untuk mendapatkan data learning obstacle di enam kelas pada tiga SMP dengan kluster yang berbeda-beda. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan suatu desain pembelajaran yang diharapkan dapat meminimalkan learning obstacles yang ditemukan. Terdapat tiga kategori learning obstacle yang ditemukan yaitu ontogenic obstacle, didactical obstacle, dan epistemological obstacle sebelum bahan ajar dibuat. Desain didaktis yang ditawarkan berdasarkan hasil studi pendahuluan tersebut disusun dengan tahapan dimulai dari pemberian konsep awal secara aritmatika, trajectory (penghubung) yaitu tahap pra-aljabar, kemudian konsep akhir aljabar secara formal. Hasil dari penelitian ini merupakan hasil uji coba terbatas kepada 28 siswa kelas VII SMP dimana siswa memberikan tanggapan positif terhadap desain didaktis yang dikembangkan.

Kata Kunci: Aljabar, Penelitian Desain Didaktis, Hambatan Belajar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brousseau, G. (1997). Theory of Didactical Situations in Mathematics (N. Balacheff, M. Cooper, R. Sutherland, V. Warfield Eds & Trans). Netherland: Kluwer Academic.

Caspi, S & Sfard, A. (2012). Spontaneous Meta-Arithmetic as The First Step Toward School Algebra. PNA, 6(2), 61-71.

Christou, K, P., & Vosniadou, S. (2012). What Kinds of Numbers do Students Assign to Literal Symbols? Aspects of The Transition from Arithmetic to Algebra. Mathematical Thinking and Learning, 14(1), 1–27. http://dx.doi.org/10.1080/10986065.2012.625074

Ely, R., & Adams, A, E. (2012). Unknown, Placeholder, or Variable: What Is x?. Mathematics Education Research Group of Australasia, 24(1), 19-38. http://dx.doi.org/10.1007/s13394-011-0029-9

Hudojo, H. (2003). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang, JICA.

Humberston, J., & Reeve, R, A. (2017). The Conceptual Overlap between Arithmetic and Algebraic Referential Mapping. Learning and Instruction, 54(1), 138-146. http://dx.doi.org/10.1016/j.learninstruc.2017.09.001

Kusumawati, A, D., & Sutriyono, S.(2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Operasi Aljabar bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga. Paedagoria, 9(1), 30-36. http://dx.doi.org/10.31764/paedagoria.v9i1.265

Mok, I, A, C. (2010). Students' Algebra Sense via Their Understanding of The Distributive Law. Pedagogies: an International Journal, 5(3), 251-263. http://dx.doi.org/10.1080/1554480X.2010.486156

Nurhamsiah, H. & Dian, A. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Bentuk Aljabar Berkaitan dengan Konsep dan Prinsip di SMP. Khatulistiwa, 5(2), 20-28. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i2.13675

Purwanti, N, D. & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Aljabar Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Analisa, 6(2), 83-96. https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.8396

Puspita, I. & Masriyah, M. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Materi Aljabar Kelas VII SMP dari Perbedaan Jenis Kelamin. Mathdunesa, 10(3), 448-457. https://doi.org/10.26740/mathdunesa.v10n3.p448-457

Radford, L. (2012). Early Algebraic Thinking Epistemological, Semiotic, And Developmental Issues. Korea: 12th International Congress on Mathematical Education Program COEX, Seoul.

Setyawati, A. & Ratu, N. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Aljabar Ditinjau dari Mathematics Anxiety. Jurnal Cendekia, 5(3), 2941-2953.

Suryadi, D. (2008). Metapedadidaktik dalam Pembelajaran Matematika: Suatu Strategi Pengembangan Diri Menuju Guru Matematika Profesional. Bandung: Pidato Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia.

Suryadi, D. (2011). Kesetaraan Dedactical Design Research (DDR) dengan Matematika Realistik dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Surakarta: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNS.

Turmudi, (2009). Landasan Filosofis dan Teoritis Pembelajaran Matematika (Paradigma Eksploratif dan Investigatif). Jakarta: PT Leuser Cita Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.7736

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>