Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa pada Scientific Problem Based Learning Berbantuan Javanese Culture Augmented Reality

Bebyd Noverianto, Detalia Noriza Munahefi

Sari


Abstrak. Geometri merupakan materi yang abstrak sehingga siswa kesulitan untuk memahaminya teutama pada soal dengan pemikiran yang menggunakan berbagai alternatif penyelesaian secara kreatif. Inovasi yang dilakukan adalah dengan menggunakan model PBL dengan pendekatan scientific bernuansa javanese culture berbantuan augmented reality. Penelitian ini bertujuan guna mengidentifikasi peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, serta menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis yang ditinjau dari motivasi belajar siswa pada inovasi pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan adalah mix method dengan strategi ekplanatoris sekuensial. Penelitian kuantitatif yang dilakukan yaitu pre eksperimental yang berbentuk one-group pretest-posttest design. Sedangkan metode kualitatifnya menggunakan kualitatif deskriptif. Populasi terdiri atas seluruh siswa kelas VIII SMPN 22 Semarang. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan pengambilan subjek wawancara menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh kemampuan berpikir kreatif matematis siswa meningkat hingga kategori sedang dengan indeks n-gain sebesar 0,56, siswa berkategori motivasi belajar rendah berada pada tingkatan tidak kreatif, siswa berkategori motivasi belajar sedang berada pada tingkatan kreatif, dan siswa berkategori motivasi belajar tinggi berada pada tingkatan sangat kreatif. Saran dari penelitian ini adalah pengembangan augmented reality berbasis budaya lainnya diperlukan guna menyesuaikan budaya yang berkembang pada daerah masing-masing.

Kata Kunci: Augmented Reality, Berpikir Kreatif Matematis, Javanese Culture, Motivasi Belajar, Scientific Problem Based Learning.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, J., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 779-789. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p779-784

Amin, I., & Mariani, S. (2021). PME Learning Model : The Conceptual Theoretical Study of Metacognition Learning in Mathematics Problem Solving Based on Constructivism. International Electronic Journal of Mathematics Education, 12(3), 333–352. https://doi.org/10.29333/iejme/616

Amir, M, T. (2015). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenadamedia Group.

Anditiasari, N., Pujiastuti, E., & Susilo, B. E. (2021). Systematic Literature Review : Pengaruh Motivasi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12(2), 236–248.

Creswell, C. (2015). Riset Perencanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kemdikbud. (2014). Permendikbud No. 103 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2014. Jakarta: Kemdikbud.

Kristiana, A. U. D., & Kuneni, E. (2016). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Geometri Ditinjau dari Kemampuan Awal (Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kedu Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2014/2015. November, 1(1), 351–361.

Kurniasih, K., & Sani, S. (2014). Strategi – Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 219–226.

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36–48.

Nugraha, A, C., Bachmid, K, H., Rahmawati, K., Putri, N., Hasanah, A, R, N., & Rahmat, F, A. (2021). Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Pembelajaran Tematik Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Elektro, 5(2), 138–147.

Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis dengan GeoGebra. Jurnal Matematika, 16(2), 1-6.

Nurtanto, M., & Sofyan, H. (2015). Implementasi Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, dan Afektif Siswa di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(11), 352–364.

OECD. (2019). Education at a Glance 2019: OECD Indicators. https://doi.org/10.1787/f8d7880d-en

Rochmad, R., Agoestanto, A., & Kharis, M. (2018). Characteristic of Critical and Creative Thinking of Students of Mathematics Education Study Program. Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 1-10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012076

Saragih, S., & Habeahan, W. L. (2014). The Improving of Problem Solving Ability and Students ’ Creativity Mathematical by Using Problem Based Learning in SMP Negeri 2 Siantar. Journal of Education and Practice, 5(35), 123–133.

Sari, I. M., Sumiati, E., & Siahaan, P. (2013). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Pembelajaran Pendidikan Teknologi Dasar (PTD). Jurnal Pengajaran MIPA, 18(1), 60–68.

Simamora, S. J., Simamora, R. E., & Sinaga, B. (2017). Application of Problem Based Learning to Increase Students ’ Problem Solving Ability on Geometry in Class X SMA Negeri 1 Pagaran. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 36(2), 234–251.

Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatans Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N, S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uno, H, B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Virgia S. D., Khusnunisa, M., & Afrilianto, M. (2019). Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis pada Siswa. Journal on Education, 1(3), 498–506.

Yaniawati, P., Kariadinata, R., Sari, N. M., Pramiarsih, E. E., & Mariani, M. (2020). Integration of E-learning for Mathematics on Resource-Based Learning: Increasing Mathematical Creative Thinking and Self-Confidence. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(6), 60–78. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i06.11915

Yilmaz, R. M., & Goktas, Y. (2017). Using Augmented Reality Technology in Storytelling Activities: Examining Elementary Students’ Narrative Skill and Creativity. Virtual Reality, 21(2), 75–89. https://doi.org/10.1007/s10055-016-0300-1




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.7706

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>