Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dalam Pendekatan Comprehensive Mathematics Instruction

Nila Sri Wijayanti, Maulana Maulana, Isrok'atun Isrok'atun

Sari


Abstrak. Rendahnya kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Alternatif upaya untuk menyelesaikan masalah tersebut salah satunya dengan menerapkan pendekatan Comprehensive Mathematics Instruction (CMI). Tujuan dari penelitian ini yaitu pengaruh pendekatan CMI terhadap pemecahan masalah peserta didik. Digunakan metode pre-eksperimen dengan populasi yang diambil adalah peserta didik kelas V SD di Kabupeten Sumedang. Teknik pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling, digunakan satu kelas sebagai sampel penelitian yang berjumlah 28 orang. Tes kemampuan pemecahan masalah adalah instrument yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan CMI memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik.

Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Comprehensive Mathematics Instruction (CMI), Peserta Didik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Edisi 1. Surabaya: Airlangga University Press.

Asmara, A. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa SMK dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Multimedia Interactive. Jurnal Sekolah Dasar, 1(1), 31–39. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v1i1.59

Astiti, D. O., Farida, F., & Pratiwi, D. D. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Matematis dan Pemahaman Konsep dengan Menerapkan Model CMI Berbantuan RME. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 35–44. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31941/delta.v10i1.1497

Delima, N., Kusumah, Y. S., & Fatimah, S. (2019). Improving Mathematics Self-Concept through Comprehensive Mathematics Instruction Model. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012076

Delima, N., & Fitriza, R. (2017). Pengembangan Model Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) dalam Membangun Kemampuan Mathematical Thinking Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 118. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.248

Delima, N., Kusumah, Y., & Fatimah, S. (2021). Capaian Kemampuan Mathematical Thinking Siswa melalui Model Comprehensive Mathematics Instructions. Jurnal Elemen, 7(1), 146–163. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.2793

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110

Handayani, H., & Juanda, R. (2018). Profil Kemampuan Representasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 443–448.

Hidayatullah, M. S., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Muhammad. International Journal of Elementary Education, 2(2), 93–102.

Husniah, G. N., Maulana, M., & Isrok’atun, I. (2017). Pengaruh Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 841–850.

Maulana. M. (2016). Konsep Dasar Matematika dan Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis-Kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Maulana. M. (2018). Konsep Dasar & Pedagogi Matematika (Cetakan ke). Sumedang: UPI Sumedang Press.

Purba, D., & Lubis, R. (2021). Pemikiran George Polya Tentang Pemecahan Masalah. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 25–31.

Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. TSCJ (Thinking Skills and Creativity Journal), 2(2), 93–102.

Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 331–340. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.471

Sulistiawati, S. (2019). Pembelajaran Matematika Gasing Ditinjau dari Berbagai Perspektif Teori Belajar. TEOREMA : Teori dan Riset Matematika, 4(1), 41-51. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i1.1932

Wildaniati, Y., & Afriana, A. (2019). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD N 2 Gunung Katun Kecamatan Baradatu. Dewantara, 7(1), 56–72.

Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131-141. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103

Yandhari, I. A. V., Alamsyah, T. P., & Halimatusadiah, D. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 146–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671

Yayuk, E. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Malang: UMM PRESS.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.7610

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>