Perbandingan Pengaruh Pendekatan RME dan Saintifik Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi

Yunisa Hayati Mutmainah, Uki Suhendar, Sumaji Sumaji

Sari


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran RME dan pendekatan saintifik tehadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas XI di MA Wali Songo Ngabar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis quasi experiment. Desain pada penelitian ini adalah posttest only group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI. Dari delapan kelas XII, diambil dua kelas secara acak untuk penerapan perlakuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal posttest terhadap kemampuan literasi numerasi. Teknik analisis data untuk melihat perbandingan pengaruh pendekatan RME dan saintifik dengan analisis deskriptif dan uji   independen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan literasi numerasi kelas pendekatan RME dan kelas saintifik dengan selisih nilai sebesar 9. Analisis melalui uji pada taraf signifikansi menunjukkan bahwa pendekatan RME lebih baik dibandingkan dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan literasi numerasi siswa kelas.

Kata Kunci:

Pendekatan RME, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Literasi Numerasi.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ate, D. & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia, 6(1), 472-483

Atmazaki, A. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: TIM GLN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Budiono, I., & Suhendar, U. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa melalui Pendekatan RME. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 488-495.

Gravemeijer, G. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Nederlands: Fruedental Institute.

Hadi, S., & Zaidah, A. (2021). Analisa Kemampuan Literasi Numerasi dan Self-Efficacy Siswa Madrasah dalam Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7), 300-310.

Han, W. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: TIM GLN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelujaran Abad 21. Bogor: Ghalia lndonesia.

Ibrahim, G. A. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: TIM GLN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Maghfiroh, F. L. (2021). Keefektifan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342-3351.

Nugraha, D. & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 di Indonesia. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 7(1), 107-126.

OECD. (2019). Programme for International Student Assesment (PISA) Results from PISA 2018, (1), 1-10.

Saraseila, F., Karjiyati, V., & Agusdianita, N. (2020). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus XIV Kota Bengkulu. Jurnal MATH-UMB.EDU, 7(2), 1-9.

Suhendar, U. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika dengan Pendekatan PMRI pada Siswa Kelas VII SMP Maarif 5 Ponorogo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 772-777.

Suhendar, U & Widjajanti, D. B. (2016). Komparasi Keefektifan Saintifik dan PMRI Ditinjau dari Prestasi, Minat, dan Percaya Diri Siswa Kelas VII. PYTHAGORAS, 11(1), 91-101.

Susanto, S. (2021). Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi pada Mata Pelajaran Matematika untuk Jenjang Sekolah Menengah pertama. Jakarta: Kemendikbud RI.

Tanjung, H. S. (2019). Penerapan Model RME untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 3 Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya. Jurnal MAJU, 6(1), 101-112.

Yuningsih, Y. (2019). Pendidikan Kecakapan Abad Ke-21 untuk Mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 9(1), 135-152.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.7426

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>