Pengembangan E-Modul Berbasis Ethno-STEM Pada Materi Volume Benda Putar Integral

Novita Rahma Sari, Akhmad Nayazik, Arie Wahyuni

Sari


Abstrak. Pembelajaran di Abad-21 ini membutuhkan pendekatan yang dapat meningkatkan pembelajaran matematika yang tetap memperhatikan kebudayaan daerah dengan memanfaatkan teknologi. E-Modul berbasis Ethno-STEM dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat mendukung proses pembelajaran matematika secara daring. Tujuan umum penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar berupa e-modul yang layak untuk menunjang pembelajaran matematika dengan pendekatan Ethno-STEM, adapun tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat validitas e-modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian & pengembangan atau Research & Development (R&D) dengan model penelitian 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate), tetapi pada penelitian ini hanya sampai 3D karena terkendala dengan keterbatasan waktu. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif diperoleh skor dari lembar validasi yang memperoleh skor rata-rata persentase akhir sebesar 83% dengan kriteria penilaian sangat layak dan data kualitatif diperoleh dari kritik, masukan, dan saran dari validator. Keputusan dari validator dapat dilihat dari kesimpulan yang telah diisi pada lembar validasi. Dari 3 validator diantaranya 2 validator memutuskan layak dengan revisi dan 1 validator memutuskan layak tanpa revisi. Sehingga dilakukan revisi sesuai dengan saran dan masukan validator untuk menjadikan e-modul dalam kriteria layak.  

Kata Kunci: E-Modul, Pengembangan, Volume Benda Putar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adib, M. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android (Mobile Learning). Surabaya: UINSA.

Arman, A., Adam, P., Jufra, J., Saidi, L. O., & Yahya, I. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru-Guru SMA/SMK di Kota Kendari Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Web Blog dan e-Modul Untuk Mendukung Pembelajaran Online. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Terapan (JPMIT), 2(2), 196-204. https://doi.org/10.33772/jpmit.v2i2.15226

Arnila, R., Purwaningsih, S., & Nehru, N. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering dan Mathematic) Pada Materi Fluida Statis dan Fluidadinamis Menggunakan Kvisoft Flibook Maker. Jurnal Edumapsul, 5(1), 551-556.

Ayob, A., Ibrahim, M. N., Tok, O. E., & Adnan, N. (2017). Modul Latihan Pendidik: PIL: Cerdas STEM untuk Prasekolah, Tadika, dan Taska. Setapak: Al-Ameen Serve Holding Sdn. Bhd.

Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2), 123-130.

Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119.

Garsinia, D., Kusumawati, R., & Wahyuni, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Software Powtoon pada Materi SPLDV. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 3(2), 44-51. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v3n2.p44-51

Hamdunah, H., Yunita, A., Zulkardi, Z., & Muhafzan, M. (2016). Development A Constructivist Module and Web on Circle and Sphere Material with Wingeom Software. Journal on Mathematics Education, 7(2), 109–116. https://doi.org/10.22342/jme.7.2.3536.109-116

Hardani, H. (2020). Pembelajaran Matematika Berbasis STEM: Implementasi Variasi Pengembangan Model Pembelajaran STEM di Sekolah Dasar. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 7(2), 98–106. https://doi.org/10.53717/idealmathedu.v7i2.223

Idrus, S. W. A., & Suma, K. (2022). Analisis Problematika Pembelajaran Kimia Berbasis Etno-STEM dari Aspek Kurikulum. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 935–940. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.574

Ismaya, E. A., & Santoso, S. (2019). Tradisi Dandangan Sebagai Kajian Pembelajaran dalam Mendukung Pencapaian Visi Universitas Kebudayaan (Studi pada Mata Kuliah Konsep Ilmu Pengetahuan Sosial). Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 128–137. https://doi.org/10.24176/re.v10i1.4202

Kemendikbud. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA.

Marsitin, R., & Sesanti, N. R. (2021). Pengembangan E-Modul Statistika Matematika Berbasis STEM. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 129–140. https://doi.org/10.26594/jmpm.v6i2.2505

Mulyasari, P. J., & Sholikhah, N. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis STEM untuk Meningkatan Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Mata Pelajaran Ekonomi. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2220–2236. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.1158

Muqdamien, B., Umayah, U., Juhri, J., & Raraswaty, D. P. (2021). Tahap Definisi dalam Four-D Model pada Penelitian Research & Development (R&D) Alat Peraga Edukasi Ular Tangga untuk Meningkatkan Pengetahuan Sains dan Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Intersections, 6(1), 23–33. https://doi.org/10.47200/intersections.v6i1.589

Novitasari, D., Trisnowali, A., Hamdani, D., & Arifin, S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Geogebra untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika), 7(1), 1-16. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v7i1.3916

Oktaviana, N. V., Nayazik, A., & Rani, H. A. D. (2019). Efektifitas Efektivitas Penerapan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Materi Satuan Panjang Kelas 3 SD. Joined Journal (Journal of Informatics Education), 2(1), 32–40. https://doi.org/10.31331/joined.v2i1.839

Priyani, N. E., & Nawawi, N. (2020). Pembelajaran IPA Berbasis Ethno-STEM Berbantuan Mikroskop Digital untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains di Sekolah. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 99–104. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5435

Priyanthi, K. A., Agustini, K. S. S., & Santyadiputra, G. S. T. (2017). Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus: Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 6(1), 40–49. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9267

Purwanto, M. N. (2006). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Puspitasari, R. D., Herlina, K., & Suyatna, A. (2020). A Need Analysis of STEM-Integrated Flipped Classroom E-module to Improve Critical Thinking Skills. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(2), 178–184. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i2.6121

Riduwan, & Akdon. (2007). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rizki, H. T. N. & Frentika, D. (2021). Etnomatematika dalam Budaya Barapan Kebo sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 252–264. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i2.98

Said, M. S. (2021). Kurangnya Motivasi Belajar Matematika selama Pembelajaran Daring di MAN 2 Kebumen. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 7–11. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1047

Salfia, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Modul Interaktif Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Integral SMA Kelas XII. Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.56495/jrip.v1i1.62

Sari, R. H. (2017). Pengaruh Implementasi Pembelajaran STEM Terhadap Persepsi, Sikap, dan Kreativitas Siswa. Prosiding Seminar Nasional MIPA III, 416-420.

Sudarmin, S., Sumarni, W., Endang, S. P., & Susilogati, S. (2019). Implementing the Model of Project-Based Learning: Integrated with ETHNO-STEM to Develop Students’ Entrepreneurial Characters. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1), 012-145. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012145

Sudaryono, S., Marogono, G., & Rahayu, W. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children (Minneapolis; First Edition). Bloomington: Indiana University.

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 114-118.

Winahyu, M., & Ilyas, M. (2020). Tinjauan Teoritis Tentang Pendekatan STEM Berbasis Etnomatematika. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 73-77.

Witanta, V. A., Baiduri, B., & Inganah, S. (2019). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Perbandingan Kelas VII SMP. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i1.9565

Yulkifli, Y., Yohandri, Y., & Azis, H. (2022). Development of Physics E-Module Based on Integrated Project-Based Learning Model with Ethno-STEM Approach on Smartphones for Senior High School Students. Momentum: Physics Education Journal 1(1), 93–103. https://doi.org/10.21067/mpej.v6i1.6316




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i3.7289

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>