Model CTL dan Online Learning: Dapatkan Berdampak Bagi Koneksi dan Disposisi Matematis Siswa SD?

Dwi Yuliana, Nurbaiti Widyasari

Sari


Abstrak. Rendahnya kemampuan koneksi dan kondisi pandemi yang memaksa pembelajaran daring menjadi latar belakang penelitian ini menggunakan model CTL yang berkaitan dengan kehidupan sekitar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan disposisi matematis melalui penerapan model Contextual Teaching dan Learning (CTL) yang disesuaikan dengan kondisi pembelajaran daring menggunakan grup Whatsapp dan Zoom Meeting. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 26 siswa kelas 4 dengan menggunakan teknik purposive sampling di salah satu sekolah di Bekasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi dan angket disposisi. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t paired dengan menggunakan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan matematis dan disposisi matematis dari sebelum dan sesudah diterapkan CTL. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model CTL dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan disposisi matematis di pembelajaran daring.

Kata Kunci: contextual teaching dan learning, disposisi matematis, koneksi matematis.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aprillia, U. D., Syahlan, S., & Hasratuddin, H. (2020). Pengaruh Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Siswa SMA Negeri 04 Tebing Tinggi. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 1–7.

Ayu, A. R., Maulana, M. & Kurniadi, Y. (2016). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar pada Materi Keliling dan Luas Persegipanjang dan Segitiga. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 221–230. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3052

Bahar, H., Widyasari, N., Kusumawardani, S., Setiyaningsih, D., & Dewitasari, N. (2021). Flipped Classroom: Is It Good For Mathematical Disposition Of Primary School Teacher Educations Students. Turkish Journal of Physiotherapy and Rehabilitation, 32(3), 4007–4011.

Bunga, N., Isrok’atun, I., & Julia, J. (2016). Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 441–450. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2973

Ghonivita, Y., Pahamzah, J., Syafrizal, S. & Wijayanti, M. A. (2021). Improving Students’ Listening Skill and Vocabulary Masteryn through Contextual Teaching and Learning (CTL) By Using Online Learning for Senior High School. European-American Journals, 9(4), 45–55.

Hadiyanta, N. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 43(1), 32–38. https://doi.org/10.21831/jk.v43i1.2248

Hamzah, A., & Muhlishrarini, M. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Hasibuan, M. I. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 2(1), 1–12.

Herawati, L. (2017). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematik Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan Berbantuan Software Geogebra. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 3(1), 39–44.

Johnson, E. B. (2001). Contextual Teaching and Learning . California: Corwin Press.

Kosassy, S. O., Gistituati, N., Jama, J., & Montessori, M. (2018). The Implementation of Contextual Learning Approach in E-learning based on Weblog toward Students Learning Achievements. Journal of Counseling and Educational Technology, 1(2), 59–64. https://doi.org/10.32698/0151

Masruroh, A. A., Oktaviani, R., Kulsum, S., & Afrilianto, M. (2020). Learning Mathematics with Contextual Approach to Improve Outcomes Learning Maths in Vocational High School. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 4(1), 56–63. https://doi.org/10.31764/JTAM.V4I1.1870

Mujahidah, L., & Suhendar, U. (2018). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa Kelas VIIIA SMP N 2 Pulung. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 55–67. https://doi.org/10.22437/EDUMATICA.V8I2.5511

Musriliani, C., Marwan, M., & Anshari, B. I. (2015). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gender . Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 49–58.

Ni’mah, A. F., Setiawani, S., & Oktavianingtyas, E. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas IX A MTS Negeri 1 Jember Subpokok Bahasan Kubus dan Balok. Jurnal Edukasi, 4(1), 30-33. https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i1.5087

Nopriana, T. (2015). Disposisi matematis siswa melalui model pembelajaran geometri Van Hiele. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(2), 80-94. 10.24853/fbc.1.2.80-94

Nurhayati, K. D., Sukestiyarno, Y. L., & Mulyono, M. (2021). The Effectiveness Of The CTL Learning Model using REACT Strategy with The Mind Map and The Influence Of Learning Independence on Students’ Mathematical Connection Ability. UJME, 10(3), 194–200. https://doi.org/10.15294/ujme.v10i3.53634

Putri, H. E., Rahayu, P., Saptini, R. D., & Misnarti, M. (2016). Keterkaitan Penerapan Pendekatan CPA dan Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 11(1), 41–49. https://doi.org/10.17509/MD.V11I1.3785

Rusman, R. (2015). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajawali Press.

Sadia, I. W. (2014). Model-Model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu dan Undiksha Press.

Sufianto, S. (2019). The Effect of Contextual Teaching and Learning (CTL) Learning Model on The Ability Of Concept Understanding Class VII Students of SMP 16, Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.33369/JPMR.V4I1.7525

Susanto, J., Hasyim, A., & Darsono, D. (2016). Peningkatan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran IPS melalui Model Pembelajaran. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (Old), 4(2), 1-12.

Syaifuddin, T., & Nurlaela, L.(2021). Contextual Teaching and Learning (CTL) Model to Students Improve Learning Outcome at Senior High School of Model Terpadu Bojonegoro. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 2(5), 528–535. https://doi.org/10.46245/IJORER.V2I5.143

Trisnowali, A. (2015). Profil Disposisi Matematis Siswa Pemenang Olimpiade pada Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(3), 47–57. https://doi.org/10.26858/est.v1i3.1826

Ulya, I. F., Irawati, R., & Maulana, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 121–130. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2940

Uslan, U., Muhsam, J., Hasyda, S., & Aiman, U. (2021). Implementation of Contextual Teaching and Learning and Authentic Assessments to the Science (IPA) Learning Outcomes of 4th Grade Students of Primary Schools (SD) in Kota Kupang. Journal of Education Research and Evaluation, 5(3), 380–390. https://doi.org/10.23887/JERE.V5I3.32338

Widyasari, N., Dahlan, J. A., & Dewanto, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Metaphorical Thinking. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 28-39. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.28-39

Yudha, A., Sufianto, S., Damara, B. E. P., Taqwan, B., & Haji, S. (2019). The Impact of Contextual Teaching and Learning (CTL) Ability in Understanding Mathematical Concepts. Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018), 170–173. https://doi.org/10.2991/ICETEP-18.2019.42

Zaozah, E. S., Maulana, M., & Djuanda, D. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 781–790.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i2.6942

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>