Paradigma Pedagogi Reflektif yang Dikombinasikan Dengan Flipped Classroom dalam Kelas Aljabar Linear

Gabariela Purnama Ningsi, Emilianus Jehadus, Silfanus Jelatu, Valeria Suryani Kurnila, Lana Sugiarti, Apolonia Hendrice Ramda

Sari


Abstrak. Pendekaatan paradigma pedagogi reflektif adalah suatu prosedur pembelajaran yang di dalamnya terdapat interaksi antara mahasiswa dengan materi yang dipelajarinya yang damping oleh dosen sebagai fasilitator. Perancangan proses pembelajaran dilakukan sedemikian rupa sehingga mahasiswa menjadi pusat proses belajar dan dituntut untuk menemukan diri dalam kesadarannya untuk menggali pengetahuan serta nilai dengan penuh tanggungjawab. Penelitian ini, bertujuan untuk mendeskripsikan bahwa Paradigma Pedagodi Reflektif (PPR) yang dikombinasikan dengan Flipped Clasroom sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran, khususnya di tengah masa pandemic. Subjek penelitian untuk masing-masing kelas kontrol dan eksperimen berjumlah 19 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes tertulis dengan soal uraian berjumlah 5 nomor. Soal terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi mahasiswa yang diajarkan dengan menerapkan PPR yang dikombinasikan dengan Flipped Clasroom dengan mahasiswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Sehingga berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan PPR yang dikombinasikan dengan Flipped Clasroom terhadap prestasi belajar mahasiswa. Oleh karena itu, peneliti merekomendasikan agar para pengajar dapat menerapkan paradigma pedagogi reflektif yang dikombinasikan dengan flippedclassroom dalam kegiatan pembelajaran.

Kata Kunci: Flipped Clasroom, Model Pembelajaran, Pedagodi Reflektif.



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aniswari, F. V. L. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Paradigma Pedagogi Reflektif untuk Topik Himpunan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Arnold-Garza, S. (2014). The Flipped Classroom Teaching Model and Its Use for Information Literacy Instruction. Communications in Information Literacy, 8(1), 7–22. https://doi.org/10.15760/comminfolit.2014.8.1.161

Bayu, E. P. S., & Rahmi, S. M. (2018). Penerapan Strategi Flipped Classroom dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika di Kelas XI SMKN 2 Padangpanjang. Jurnal Inovasi Pendidikan, 5(2), 23–33.

Caporarello, L., & Iñesta, A. (2016). Make Blended Learning Happen: Conditions for A Successful Change Process in Higher Education Institutions. EAI Endorsed Transactions on E-Learning, 3(12), 1-10.

Isnaini, J. F., & Azhar, E. (2021). Mathematics learning Independence: The Relationship of Youtube as A Media for Mathematics Learning. Desimal: Jurnal Matematika, 4(2), 177–184. https://doi.org/10.24042/djm

Istiqlal, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika. JIPMat, 2(1), 43-54. https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480

Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. Prisma, 10(1), 17-29. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1098

Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Melissa, M. M. (2019). Implementasi Paradigma Pedagogi Reflektif untuk Mengembangkan Hasil Belajar Teori Bilangan. Seminar Nasional “Pembelajaran Matematika Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0, 1(12), 114-117.

Ogden, L. (2015). Student Perceptions of The Flipped Classroom in College Algebra. Primus, 25(9), 782-791. https://doi.org/10.1080/10511970.2015.1054011

Permatasari, D., Amirudin, A., & Sittika, A. J. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Youtube dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 10–19.

Pratini, H. S. (2017). PPR Implementation In Micro Teaching Course to Improve Students’ Confidence and Compassion. International Journal of Indonesian Education and Teaching, 1(2), 111–120. https://doi.org/10.24071/ijiet.2017.010201

Rachmawati, V., Setyaningrum, W., & Retnawati, H. (2019). Flipped Classroom in Mathematics Instruction: Teachers' Perception. Journal of Physics: Conference Series, 1320(1), (1-6).

Riduwan, M. B. A. (2012). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti muda. Bandung: Alfabeta.

Strayer, J. (2012). How Learning in An Inverted Classroom Influences Cooperation, Innovation and Task Orientation. Learning Environments Research, 15(2), 171-193. http://dx.doi.org/10.1007/s10984-012-9108-4

Subagya, J. (2012). Paradigma Pedagogi Reflektif: Mendampingi Peserta Didik Menjadi Cerdas dan Berkarakter. Yogyakarta: Kanisius

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Suparno, P. (2015). Pembelajaran di Perguruan Tinggi bergaya PPR. Yogyakarta: USD.

Supatmono, FX. C. (2018). Desain Pembelajaran Materi Sistem Persamaan Linear Kuadrat (SPLK) dan Sistem Persamaan Kuadrat-Kuadrat (SPKK) dengan Menggunakan Pendekatan Flipped Classroom dan Dampaknya Terhadap Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Sulistyani, N. (2018). Implementation Of Problem-Based Learning Model (PBL) Based on Reflective Pedagogy Approach on Advanced Statistics Learning. International Journal of Indonesian Education and Teaching, 2(1), 11-19. https://doi.org/10.24071/ijiet.v2i1.952

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru Profesional di Masa Pandemi COVID-19: Review Implementasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65.

Yulia, I. B., & Putra, A. (2020). Kesulitan Siswa dalam Mengingat Pembelajaran Matematika. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 2(2), 327–335. https://doi.org/10.20885/rpi.vol2.iss2.art4

Zengin, Y. (2017). Investigating the Use of the Khan Academy and Mathematics Software with a Flipped Classroom Approach in Mathematics Teaching. Educational Technology & Society, 20(2), 89–100.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i3.6371

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>