Peran Motivasi Belajar Terhadap Literasi Matematika pada Peserta Didik Kelas VII

Mohammad Fatchurrohman, Mulyono Mulyono, Isnaini Rosyida

Sari


Abstrak. Motivasi belajar mempunyai peran penting terhadap pembelajaran dan matematika mempunyai peran penting terhadap pendidikan serta literasi merupakan prasyarat kecakapan di abad ke-21. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peran motivasi belajar terhadap literasi matematika. Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif. dengan subjek penelitian sebanyak 30 peserta didik kelas VII. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes literasi matematika dan angket motivasi belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi pearson, regresi dan ANOVA. Berdasarkan hasil pengolahan data, hubungan antara motivasi belajar dan literasi matematika sangat kuat sebesar 72,9%, motivasi belajar juga cukup kuat mempengaruhi literasi matematika sebesar 53,1%. Pada kelompok motivasi belajar rendah memiliki rata-rata literasi matematika 47,50, untuk kelompok motivasi belajar sedang memiliki rata-rata literasi matematika 71,39, dan kelompok motivasi belajar tinggi memiliki rata-rata literasi matematika 90,00. Hasil analisis uji anova juga membuktikan bahwa terdapat perbedaan literasi matematika peserta didik antara kelompok motivasi belajar rendah, sedang, dan tinggi. Dengan demikian dalam meningkatkan literasi matematika peserta didik, peran motivasi belajar sangatlah diperlukan.

Kata Kunci: literasi matematika, literasi, motivasi belajar, motivasi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Darwan, D., & Ulfa, M. S. M. (2012). Perbedaan Minat Belajar Siswa Antara yang Menggunakan Alat Peraga dengan yang Tidak Menggunakan Alat Peraga pada Mata Pelajaran Matematika di MTs Al Washliyah Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Eduma, 1(1), 77-89. http://doi.org/10.24235/eduma.v1i1.280.g256

Donal, A. (2015). Students’ Reading Interest (A Case Study at FKIP of the University of Pasir Pengaraian). Journal of English Education, 1(1), 23-31. https://journal.upp.ac.id/index.php/JEE/article/view/344

Filgona, J., Skiyo, J., Gwany, D, M., & Okoronka, A, U. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 10(4), 16-37. http://dx.doi.org/10.9734/AJESS/2020/v10i430273

Gustika, N., Rosmaiyadi, R., & Buyung, B. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Model Pembelajaran Quantum Teaching dalam Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMPN 1 Jagoi Babang. VARIABEL, 2(2), 46-55. http://dx.doi.org/10.26737/var.v2i2.1719

Haara, F. O., Bolstad, O. H., & Jenssen, E. (2017). "Research on Mathematical Literacy in Schools--Aim, Approach and Attentionâ€. European Journal of Science and Mathematics Education, 5(3), 285–313. http://doi.org/10.30935/scimath/9512

Hazarida, R., Deswita, H., & Richardo, R. (2016). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rambah Hilir. Jurnal Mahasiswa Prodi Matematika UPP. 1(1), 1-6.

Hendriana, H., Euis, E., & Utari, S. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: PT Refika Aditama.

Hidayat, R., Roza, Y., & Murni, A. (2019). "Peran Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kemandirian Belajar". JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 213–218. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i3.5359

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, (2), 905-910.

Kemdikbud. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Author

Mahiuddin, W. P., Masi, L., Kadir., & Anggo, M. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP di Kabupaten Konawe dalam Perspektif Gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 55-65. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5644

Masjaya, M., & Wardono, W. (2018). "Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningatkan SDM". PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.

Michaelides, M. P., Brown, G. T. L., Eklöf, H., Papanastasiou E. C. (2019). The Relationship of Motivation with Achievement in Mathematics. In: Motivational Profiles in TIMSS Mathematics. IEA Research for Education (A Series of In-depth Analyses Based on Data of the International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA) vol 7. Cham: Springer.

Nurlaela, T., & Nopriana, T. (2022). Apakah Blended Learning dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMK di Masa Pandemi Covid 19?. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(1), 111-124. http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.6674

Periyeti. (2017). Usaha Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Pustaka Buadaya, 4(1), 55-67.

Priyonggo, H. W., Wardono, W., & Asih, T. S. N. (2021). Mathematics Literacy Skill on Problem Based Learning Assisted E-Module Agito Based on Learning Motivation. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10(1), 54- 58. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/34610

Rigusti, W., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan

Matematika. 4(1), 1 -10. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v4i1.2079

Roth, W. M., Ercikan, K., Simon, M., & Fola, R. (2015). "The Assessment Of Mathematical Literacy Of Linguistic Minority Students: Results Of A Multimethod Investigation". Journal of Mathematical Behavior, 40(1), 88–105. http://doi.org/10.1016/j.jmathb.2015.01.004

Sabarudin, S. (2018). Mewujudkan Sekolah Literasi yang Berprestasi. Society, 6(1), 42-50. http://doi.org/10.33019/society.v6i1.62

Santia, I. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP

Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 81-85. DOI: https://doi.org/10.26877/jipmat.v3i2.2748

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-32. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Tohidi, H., & Jabbari, M. M. (2012). "The Effects of Motivation in Education". Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31(12), 820–824. http://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.148

Turner, R. (2012). "Some Drivers Of Test Item Difficulty in Mathematics". Australian

Council for Educational Research (ACER), 1–10.

Turner, R., Dossey, J., Blum, W., & Niss, M. (2013). Using mathematical competencies to predict item difficulty in PISA: A MEG study. In Research on PISA (pp. 23-37). Springer, Dordrecht. https://doi.org/10.1007/978-94-007-4458-5_2

Uno, H. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara

Wijayanti, S. H. (2020). Indonesian Students’ Reading Literacy. Atlantis PRESS, 390(1), 61-65. http://doi.org/10.2991/icracos-19.2020.13

Yulia, Y., Kustati, M., & Afriadi, J. (2021). Mathematical Literacy: A Case Study on Padang Students' Mathematical Ability. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 109-120. http://doi.org/10.24042/ajpm.v12i1.8538

Zamsir, L. M., dan Fajrin, P. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN 1 Lawa. Jurnal Pendidikan Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 170–181. http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v6i2.2070




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i2.6275

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>