Penggunaan Edpuzzle Berbantuan Google Classroom Terhadap Prestasi belajar Matematika Siswa SMK

Nurfajria Rahim, Nursiya Bito, Resmawan Resmawan

Sari


Abstrak. Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan sistem pembelajaran di setiap satuan pendidikan dilaksanakan secara daring. Berbagai macam metode dan media pembelajaran online berkembang sejak pandemi Covid-19 melanda. Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh penggunaan media Edpuzzle berbantuan Google Classroom terhadap Prestasi belajar matematika pada materi luas segitiga dalam trigonometri di salah satu SMK Kecamatan Telaga, Gorontalo. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI. Sampel terpilih kelas XI TKJ sebagai kelas Eksperimen dibelajarkan dengan media edpuzzle berbantuan google classroom dan kelas XI DPIB sebagai kelas Kontrol dibelajarkan dengan youtube berbantuan whatsapp. Masing-masing kelas yang diikuti oleh 20 siswa. Data yang didapatkan kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa skor rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 76,70 lebih baik dari skor rata-rata untuk kelas kontrol sebesar 53,30. Selain itu hasil analisis inferensial diperoleh melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t (independent sample t-test). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan edpuzzle berbantuan google classroom lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan youtube berbantuan whatsapp. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan edpuzzle berbantuan google classroom terhadap Prestasi belajar siswa pada materi luas segitiga dalam trigonometri. Disarankan untuk melalukan pengembangan berupa video pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa, namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan video dalam Edpuzzle harus sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.

Kata Kunci: Edpuzzle, Google Classroom, Prestasi Belajar Matematika, Luas Segitiga, Trigonometri.



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achmad, N., Ganiati, M., Kur’aeni, D. N. (2021). Implementasi Edpuzzle dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Era New Normal. Uninus Journal of Mathematics Education and Science, 6(2), 46-51.

Amaliah, A. (2020). Implementation of Edpuzzle to Improve Students’ Analytical Thinking Skill in Narrative Text. Prosodi, 14(1), 35–44. https://doi.org/10.21107/prosodi.v14i1.7192

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Giyanto, G., Heliawaty, L., & Rubini, B. (2020). The Effectiveness of Online Learning By Edpuzzle in Polymer Materials on Students’ Problem-Solving Skills. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 959(1), 012-006. https://doi.org/10.1088/1757-899x/959/1/012006

Hamid, L. O. M. I., & Suryadi, R. (2021). Implementasi Pembelajaran Model SOLE (Self Organized Learning Environment) Berbantuan Aplikasi Edpuzzle dalam Pembelajaran Daring. Media Bina Ilmiah, 16(5), 6983–6692. https://doi.org/https://doi.org/10.33758/mbi.v16i5.1400

Hidayat, L. E., & Praseno, M. D. (2021). Improving Students’ Writing Participation and Achievement in an Edpuzzle-Assisted Flipped Classroom. Education of English as Foreign Language, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.21776/ub.educafl.2021.004.01.01

Mischel, L. J. (2019). Watch and Learn? Using EDpuzzle to Enhance the Use of Online Videos. Management Teaching Review, 4(3), 283–289. https://doi.org/10.1177/2379298118773418

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59.

Prasetya, A. E. (2021). Torehan Kreasi Guru Inovasi (Samisanov 28). Surabaya: Guepedia Group.

Silverajah, V. S. G., & Govindaraj, A. (2018). The Use of Edpuzzle to Support Low-Achiever’s Development of Self-Regulated Learning and Their Learning of Chemistry. Proceedings of the 10th International Conference on Education Technology and Computers - ICETC 18, 259–263. https://doi.org/10.1145/3290511.3290582

Sirri, E. L., & Lestari, P. (2020). Implementasi Edpuzzle Berbantuan Whatsapp Group Sebagai Alternatif Pembelajaran Daring pada Era Pandemi. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(20), 67–72. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v5i2.1830

Sugiono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, S., & Nensia, N. (2019). The Role of Google Classroom in ELT. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(2), 1-10. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i2.1526

Sundi, V. H., Astari, T., Rosiyanti, H., & Ramadhani, A. (2020). Efektivitas Penggunaan Edpuzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1), 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i3.6237

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>