Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Software Lectora Inspire untuk Siswa SMP

Arifah Indah Setyorini, Nona Carolina

Sari


Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya jumlah media pembelajaran interaktif yang dikembangkan guru dan perubahan sistem pembelajaran dari tatap muka ke pembelajaran jarak di masa pandemi Covid-19.  Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan secara khusus bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Interaktif berbantuan Software Lectora Inspire untuk siswa SMP kelas VIII. Model pengembangan yang digunakan adalah Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Nana Syaodih Sukmadinata dengan 3 langkah, yaitu (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan produk, dan (3) uji produk. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli dan angket respons  siswa dengan subjek uji coba lapangan sebanyak 28 siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: media pembelajaran interaktif berbantuan Software Lectora Inspire pada materi bangun ruang sisi lengkung khususnya kerucut yang dikembangkan dinyatakan Valid oleh ahli media dan dinyatakan Valid oleh ahli materi. Respons siswa terhadap media pembelajaran interaktif bebantuan Software Lectora Inspireyang dikembangkan memperoleh rerata skor 3,44 sehingga media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dinyatakan Praktis dan layak. Artinya media pembelajaran interaktif yang dikembangkan dapat digunakan oleh guru dan siswa sebagai media pembelajaran jarak jauh.  

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, SoftwareLectora Inspire.



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Damayanti, P. A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Kerucut. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119–124. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.16814

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research An Introduction (7th Editio). New York: Longman. https://doi.org/10.4324/9781003008064-1

Hima, L. R., & Samidjo, S. (2019). Pengembangan MILEA (Media Pembelajaran Interaktif Matematika Menggunakan Software Lectora Inspire) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Proceeding of Biology Education, 3(1), 134–139. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.16

Kintoko, K., Sujadi, I., & Sari, D. R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer dengan Lectora Authoring Tools pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP/MTS. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(2), 167–178.

Mahmudah, R., Ahyan, S., & Rasidi, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Software Lectora Inspire pada Materi Perbandingan untuk Siswa Kelas VII SMP. Journal of Honai Math, 1(1), 47-57. https://doi.org/10.30862/jhm.v1i1.769

Nursidik, H., & Suri, I. R. A. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Software Lectora Inspire. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 237–244. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2583

Rostika, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Matematika Berbasis Lectora Inspire di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(2), 169–175. https://doi.org/10.17509/eh.v12i2.17482

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sukamto, S., & Wardani, A. K. (2016). Pembelajaran Matematika Menggunakan CD Interaktif AMT Berbasis Lectora Inspire untuk Siswa SD. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 19–28. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2510

Sukarno, S., & Widdah, M. El. (2020). The Effect of Students’ Metacognition and Digital Literacy in Virtual Lectures During the Covid-19 Pandemic on Achievement in the “Methods and Strategies on Physics Learning†Course. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 477–488. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i4.25332

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Wijaya, B., Candiasa, M., Suryawan, P., Studi, P., Matematika, P., Pendidikan, U., & Singaraja, G. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Koordinat Berbasis Lectora Inspire dengan Pendekatan Saintifik untuk Siswa SMP. Edumatica, 8(2), 9–22.

Zuhri, M. S., & Rizaleni, E. A. (2016). Pengembangan Media Lectora Inspire dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa SMA Kelas X. Pythgoras, 5(2), 113–119.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i3.6140

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>