Pengembangan E-Modul Aljabar Linear Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Nilai-Nilai Keislaman

Endah Wulantina

Sari


Abstrak. Pembelajaran matematika tidak hanya menghasilkan mahasiswa yang berhasil dalam perhitungan matematis dan prosedural, tetapi juga mengembangkan pemikiran religius. Oleh karena itu perlu adanya integrasi nilai-nilai agama ke dalam proses pembelajaran. Untuk meningkatkan pedagogis mahasiswa, perlu dilakukan integrasi pendekatan pendidikan matematika realistik dengan lesson study. Selama pandemi covid 19 pembelajaran dilakukan full online. Untuk itu perlu adanya referensi modul perkuliahan berbentuk digital. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-modul aljabar linear dengan pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis nilai-nilai keislaman pada materi matriks dan sistem persamaan linear.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengikuti model PPE (Planning, Production, Evaluation). Validasi dilakukan oleh ahli materi matematika, ahli media dan ahli agama. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi angket dan lembar respon mahasiswa. Berdasarkan penelitian diperoleh validasi ahli materi matematika memperoleh skor rata-rata sebesar 3,9 dengan kategori valid, hasil validasi ahli materi agama islam mendapatkan skor rata-rata 3,8 dengan kategori valid, hasil dari validasi media mendapatkan skor 3,55 dengan kategori valid.  Hasil perhitungan respon mahasiswa mendapatkan persentase skor pada aspek tampilan sebesar 81% dengan kriteria sangat menarik, persentase skor pada aspek penyajian isi sebesar 84% dengan kriteria menarik, persentase skor pada aspek kemenarikan sebesar 83% dengan kriteria sangat menarik.

Katakunci: e-modul, nilai-nilai keislaman, pendidikan matematika realistik


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdussakir, A. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Analogi. A Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami, 1(1), 1–15.

Abrar, A. I. P., Awwaliah, W., & Sriyanti, A. (2022). Pengembangan Modul Mata Kuliah Aljabar Linear Elementer Bernuansa Islami Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1648–1656. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2154

Ariningsih, I., & Amalia, R. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Yang Berintegrasi Keislaman. Journal on Teacher Education, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.511

Fitriyani, D., & Kania, N. (2019). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 1(19), 346–352.

Hadi, H. (2017). Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Heuvel, P, M,. Den, V., Drijvers, P., Education, M., Sciences, B., & Goffree, F. (2014). Realistic Mathematics Education. Encyclopedia of Mathematics Education, 383-385. https://doi.org/10.1007/978-94-007-4978-8

Hikmah, N., & Haqiqi, A. K. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Bentuk Aljabar. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(1), 125–140. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3438

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Journal of Medives, 1(2), 74–81.

Istikomah, P. R. Y., & Nugraheni, P. (2020). Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 63–71.

Jannah, A. I., & Listyani, E. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Pada Bahasan Himpunan Dengan Pendekatan Problem Solving Untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 6(3), 55-56.

Johnson. (2002). Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press.Inc.

Kustijono, R., & Watin, E. (2017). Efektivitas Penggunaan E-book dengan Flip PDF Professional untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Seminar Nasinal Fisika (SNF) FMIPA UNESA, 1(1), 124–129.

Maryam, M. R., & Andriani, S. (2019). Pengembangan E-modul Matematika Berbasis Open Ended pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Valiabel Kelas VIII A. Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3059

Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Integration of Values Mathematics Characters through Contextual Learning (Literatur Study). 4th ICRIEMS Proceedings Published, 41–50.

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186.

Muslimin, Putri, R. I., Zulkardi, Z., & Aisyah, N. (2020). Learning Integers With Realistic Mathematics Education Approach Based on Islamic Values. Journal on Mathematics Education, 11(3), 363–384. https://doi.org/10.22342/JME.11.3.11721.363-384

Nihayati, S. A., & Abdullah, H. M. (2018). Integrasi Ayat-Ayat Bilangan dalam Al- Qur ’ an Dengan Nilai-Nilai Islam. UIN Raden Intan Lampung, 3(2), 101–109.

Putri, M. E., & Syafri, F. S. (2021). Praktikalitas Modul dengan Model Icare Terinternalisasi Nilai-Nilai Islam pada Materi Aljabar. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), 63-76. http://dx.doi.org/10.29300/equation.v4i2.5276.

Rahman, B., Abdurrahman, A., Kadaryanto, B., & Rusminto, N. E. (2015). Teacher-Based Scaffolding As A Teacher Professional Development Program in Indonesia. Australian Journal of Teacher Education, 40(11), 66–78. https://doi.org/10.14221/ajte.2015v40n11.4

Rochsun, R. & Agustin, R. D. (2020). The Development Of E-Module Mathematics Based on Contextual Problems. European Journal of Education Studies, 7(10), 400–412. https://doi.org/10.46827/ejes.v7i10.3317

Sato, S. (2014a). Dialogue and Colaboration in The Middle School: A Community Learning Practice. Jakarta: Pelita-JICA.

Sato, S. (2014b). Reforming Schools: Concept and Learning Community Practice. Jakarta: Pelita-JICA.

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, S.(2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Ulpah, M., & Novikasari, I. (2020). Developing Islamic Context-Based Learning Materials in Increasing Students' Mathematical Understanding. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 29–38. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i1.5432

Wulandari, S., Hendrawati, N. E., Adawia, A., Dinantika, T., Rofiki, I., & Abdussakir, A. (2019). Learning Integrative Mathematics on the Set Material in the Al-Qur'an Study. Proceeding International Conference on Islamic Education (ICIED), 4(1), 259–265.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i2.6103

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>