Pengembangan LKS Berbasis Model Planning Monitoring Evaluating (PME) pada Materi Program Linear

Rafika Putri, Granita Granita

Sari


Abstrak. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA PGRI Pekanbaru, ditemukan bahwa pembelajaran matematika hanya menggunakan modul berupa potongan materi dan lembar latihan soal. Dengan adanya pandemi Covid-19, pembelajaran dilaksanakan dari rumah menggunakan google classroom. Terlihat bahwa banyak siswa yang tidak mengumpulkan lembar latihan soalnya. Maka perlu adanya pengembangan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) yang menarik dan membantu meningkatkan hasil belajar siswa dengan belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan LKS matematika berbasis model Planning Monitoring Evaluating (PME) yang memenuhi kriteria valid dan praktis pada materi program linear. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA PGRI Pekanbaru, ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran yang berasal dari dosen, guru mata pelajaran matematika, dan calon doktor pendidikan matematika sebagai validator LKS. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis model Planning Monitoring Evaluating (PME) pada materi program linear. Instrumen pengumpulan data berupa angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif terhadap instrumen angket validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis, sehingga LKS berkualitas baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran materi program linear.

Kata Kunci: LKS, Model Planning Monitoring Evaluating (PME), Program Linear

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amin, I., & Mariani, S. (2017). PME Learning Model: The Conceptual Theoritical Study of Metacognition Learning in Mathematics Problems Solving Based on Contructivism. IEJME (International Electronic Journal of Mathematics Education), 12(3), 333–352. https://doi.org/10.29333/iejme/616

Amin, I., Sukerstiyarno, Y. ., Waluya, S. B., & Mariani, S. (2020). Model Pembelajaran PME (Planning-Monitoring-Evaluating) Peningkatan Kinerja Metakognitif, Pemecahan Masalah, dan Karakter. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Amin, I., Sukestiyarno, S., Waluya, S. B., & Mariani, S. (2019). Pengembangan Kinerja Metakognitif Peserta Didik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kolaboratif Melalui Penerapan RPP Model Pembelajaran PME. EDUMAT : Jurnal Edukasi Matematika, 10(1), 1095–1106. https://doi.org/10.53717/edumat.v10i1.97

BSNP. (2007). Buletin BSNP: Media Komunikasi dan Dialog Standar Pendidikan. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), 13-22.

BSNP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Darling-Hammond, L. (2003). The Learning Classroom: Theory into Practice. Semarang; Annenberg/CPB.

Diella, D., & Adriansyah, R. (2017). The Correlation of Metacognition with Critical Thinking Skills of Grade XI Students on Human Excretion System Concept. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 3(2), 134–142. https://doi.org/10.30870/jppi.v3i2.2576

Fauziyah, R. S., & Pujiastuti, D. H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Berdasarkan Prosedur Polya. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 253–264. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.805

Gustafson, K. L., & Branch, R. M. (2002). Survey of Instructional Development Models. ERIC Clearinghouse on Information & Technology.

Hasbullah, H., Wiratomo, Y., & Rahmawati, E. Y. (2018). Pengembangan LKS Pemecahan Masalah Matematika Bilingual Berdasarkan Strategi Metakognitif untuk SMP Kelas VII. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 2(1), 31–35. https://doi.org/10.31764/JTAM.V2I1.258

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Hendi, A., Caswita, C., & Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 823–834. https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V4I2.310

Hutami, F. E., Trapsilasiwi, D., & Murtikusuma, R. P. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linear ditinjau dari Adversity Quotient. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.35316/ALIFMATIKA.2020.V2I1.1-13

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020. Indonesia.

Krulik, S., & Reys, R. E. (1980). Problem Solving in School Mathematics. Reston: National Council of Teachers of Mathematics.

Ku, K. Y., & Ho, I. T. (2010). Metacognitive Strategies That Enhance Critical Thinking. Journal: Metacognition Learning, 5, 251–267. https://doi.org/10.1007/s11409-010-9060-6

Nuryana, D., & Rosyana, T. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Pada Materi Program Linear. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V3I1.74

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: DIVA Press.

Riduwan. (2018). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA.

Schraw, G., & Moshman, D. (1995). Metacognitive Theories. Educational Psychology Review, 7(4), 351–371. https://doi.org/10.1007/BF02212307

Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 277–287. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892

Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

TEAL. (2012). Just Write! Guide. Amerika: American Institute for Research (AIR).

Ghasempour, Z., Bakar, N., & Jahanshahloo, G. R. (2013). Innovation in Teaching and Learning through Problem Posing Tasks and Metacognitive Strategies. International Journal of Pedagogical Innovations, 1(1), 57–66. https://doi.org/10.12785/ijpi/010108

Zayyadi, M., Hasanah, S. I., & Muhaimin, A. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika dengan Pendekatan Metakognitif. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(4), 401–410. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i4.227




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i2.6102

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>