Pemahaman Konsep Matematis dan Self-Confidence Siswa dalam Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs)

Fitriani Fitriani, Mariyam Mariyam, Rika Wahyuni

Sari


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis serta self confidence siswa yang mendapatkan pembelajaran Model Eliciting Activities dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran secara langsung pada materi Bangun datar segitiga di kelas VII. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental dengan rancangan the nonequivalent posstest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMP Negeri 2 Singkawang yang terdiri dari lima kelas. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Adapun sampel yang dipilih terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis terhadap siswa yang mendapatkan pembelajaran Model Eliciting Activities dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran langsung pada materi segitiga kelas VII SMP Negeri 2 Singkawang. Hal ini dibuktikan dengan uji Mann Whitney U-Test. Hal ini dibuktikan dengan uji Mann Whitney U-Test; dan 2) Self Confidence siswa tergolong tinggi terhadap pembelajaran Model Eliciting Activies. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata self confidence siswa berada pada kriteria sangat tinggi.

Kata Kunci:

MEAs, Pemahaman Konsep, SC siswa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156-170.

Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) terhadap Kemampuan Koneksi Matematika (SMP). Infinity Jurnal Ilmiah, 3(1), 125-132.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aripin, U. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 120-127.

Asmara, R., & Afriansyah, E. A.(2018). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa antara Model Eliciting Activities dan Discovery Learning. Jurnal of Mathematics Education, 4(2), 78-87.

Astuti, N. (2017). Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Model-Eliciting Activities (MEAs) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Pajangan. Disertasi Doktor, tidak diterbitkan, Universitas Mercu Buana, Yogyakarta.

Atieka. T. A. (2019). Pengaruh Model Eliciting Activities (Mea’s) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 95-104.

Chamberlin, S. A., & Moon, S. M. (2005). Model Eliciting Activities as a Tool to Develop and Identify Creatively Gifted Mathematicians. Journal of Secondary

Gifted Education, 17(1), 37–47.

Chamberlin, S. A., & Moon, S. M. (2008). How Does The Problem Based Learning Approach Compare to The Model-Eliciting Activity Approach in Mathematics?. International Journal of Mathematics Teaching and Learning, 9(3), 78-105.

Dewi, A. K., Hartawan, I. G. N. Y., & Astawa, I. W. P. (2019). Penerapan Model Eliciting Activities (Meas) Berbantuan Masalah Open Ended untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 133-142.

Dewi, S. C. (2017). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep pada Materi Segitiga dan Segi Empat di Kelas VII SMP Negeri 2 Kembang. Disertasi Doktor, tidak diterbitkan, Universitas Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Ferdiani, R. D. (2017). Penerapan Pendekatan Model Eliciting Activities (Meas) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 216-223.

Herawati, E. (2019). Hubungan Self Confidence dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Peserta Didik yang Diajar Menggunakan Model Eliciting Activities (MEAs). Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 1(1), 1-9.

Kartika, E. (2019). Penerapan Model Eliciting Activities (MEAs) dalam Pembelajaran

Matematika Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Gantang, 4(2), 161-168

Mawaddah, S., & Janah, R. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching di Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 118-125.

Permana, Y. (2010). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman dan Disposisi Matematis Siswa SMA Melalui Model-Eliciting Activities. Pasundan Journal of Mathematics Educations, 1(1), 74-85.

Permendiknas. (2016). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP

Purwasih, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTs di Kota Cimahi Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung DIDAKTIK, 9(1), 16-25.

Purwosusilo, P. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMK Melalui Strategi Pembelajaran REACT. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 30-40.

Rahayu, N. S., Budiyono, & Kurniawati, I. (2013). Eksperiment Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Solving pada Sub Materi Ditinjau dari Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Jaten Karanganyar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 54-60.

Ratumanan, T. G. (2015). Inovasi Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta: Penerbit Ombak

Siregar, I. (2013). Menerapkan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model-

Elicting Activities untuk Meningkatkan Self-Confidence Siswa SMP.

Himpunan Matematika Indonesia, 1(5), 525-536.

Suraji, S., Maimunah, M., & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9-16.

Wijayanti, S. R. (2013). Pengaruh Pendekatan MEAs terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Komunikasi Matematis, dan Kepercayaan Diri Siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 181-192.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.6047

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>