Analisis Bibliometrik Tren Penelitian Media Pembelajaran Google Classroom Menggunakan Aplikasi VOSViewer
Sari
Abstrak. Perkembangan Pendidikan di Indonesia saat ini sudah mengacu kepada abad 21 yang ditandai perkembangan teknologi. Berkembangnya teknologi membuat proses pembelajaran online sangat mudah untuk digunakan. Google Classroom merupakan salah satu platform berasal dari Google yaitu layanan portal efisien yang memudahkan guru untuk mengelola buku teks dan tugas. Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan gambaran yang luas analisis bibliometrik tentang media pembelajaran Google Classroom dengan menskrining 93 artikel yang telah dicari dengan menggunakan aplikasi Publish or Perish dan menganalisisnya dengan aplikasi VOSViewer serta menarik kesimpulan atas gambaran yang luas dari tujuan artikel. Terdapat 4 Clusters pengklasifikasian dengan VOSViewer. Hasil Penelitian didapat bahwa artikel yang digunakan dengan judul Google Classroom dan kata kunci “pendidikanâ€, dan “matematika†mulai meningkat pada tahun 2018, 2019, dan 2020 serta artikel yang paling banyak publikasi adalah negara Indonesia. Dari penelitian tersebut didapat 3 kluster mengenai media pembelajaran menggunakan Google Classroom dengan topik matematika pendidikan. Topik media pembelajaran Google Classroom sudah banyak dilakukan penelitian, namun untuk topik effect, impact, dan achievment sangat jarang dilakukan penelitian.
Kata Kunci: Bibliometrik, E-Learning, Google Classroom, Matematika.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Ar-Rahiem, M. M. (2019). Analisis Bibliometrik Terhadap 40 Publikasi Tentang Airtanah. Bandung: Cekungan. https://doi.org/10.31227/osf.io/sbz78
Ellegaard, O., & Wallin, J. A. (2015). The Bibliometric Analysis of Scholarly Production: How Great is The Impact? Scientometrics, 105(3), 1809–1831. https://doi.org/10.1007/s11192-015-1645-z
Herdianto, R., Windyaningrum, N., K., Masruroh, B., & Arif, M. (2021). Filsafat Pendidikan dan Perkembangannya : Kajian Bibliometrik Berdasarkan Database Scopus. Belantika Pendidikan, 4(11), 44-56. https://doi.org/10.47213/bp.v4i2.101
Iftakhar, S. (2020). When No One Can Go To School: Does Online Learning Meet Students’ Basic Learning Needs? Interactive Learning Environments, 3(6), 1–17. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1789672
Jalinus, N., Verawardina, U., Nabawi, R. A., & Darma, Y. (2021). Developing Blended Learning Model in Vocational Education Based on 21st Century Integrated Learning and Industrial Revolution 4.0. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(8), 1239–1254. https://doi.org/10.17762/turcomat.v12i8.3035
Kemdikbud RI. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Jakarta: Kemdikbud RI.
Lin, Y. W., Tseng, C. L., & Chiang, P. J. (2017). The Effect of Blended Learning in Mathematics Course. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(3), 741–770. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00641a
Muslik, A. (2019). Google Classroom Sebagai Alternatif Digitalisasi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan, 7(2), 246–255. https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i2.98
Royani, Y., Tupan, T., & Kusumaningrum, D. (2019). Visualisasi Bibliometrik Penelitian Bidang Ilmu Kegempaan di Indonesia Berbasis Data Scopus Tahun 1988-2018. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 7(2), 174-188. https://doi.org/10.24252/kah.v7i2a8
Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makasar, 122–125.
Sekretaris Negara Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.
Septian, A. (2021). Mathematical Problem Solving Ability And Student Interest In Learning Using Google Classroom. Proceedings International Conference on Education of Suryakancana, 155-161
Setyaningsih, I., Indarti, N., & Jie, F. (2018). Bibliometric Analysis of The Term “Green Manufacturing.†International Journal of Management Concepts and Philosophy, 11(3), 315-325. https://doi.org/10.1504/ijmcp.2018.093500
Sundary, P. (2020). Pengaruh Pendekatan Metaphorical Thinking Berbantuan Google Classroom Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. SMK Swadhipa 2 Natar. 2507(2), 1–9.
Tupan. (2016). Pemanfaatan Repositori Institusi Menuju Open Access : Studi Bibliometrik Dengan VOSViewer. Khizanah Al-Hikmah Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 4(2), 104–117. https://doi.org/10.24252/kah.v4i2a1
Turmuzi, M., & Hikmah, N. (2021). Hubungan Pembelajaran Daring Google Classroom Pada Masa COVID-19 dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1512–1523.
Usman, U. (2019). Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning dalam Membentuk Kemandirian Belajar. Jurnal Jurnalisa, 4(1), 136–150. https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i1.5626
Wana, F., & Abdillah, L. A. (2019). Pengukuran Kepuasan Mahasiswa Pengguna E-Learning Universitas Bina Darma Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Bina Darma Conference on Computer Science (BDCSS2019), 1(6), 2222–2231.
DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i1.5451
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id
JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSNÂ 2549-4937
JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.