Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI

Sari Wirdaningsih, I Made Arnawa, Azwir Anhar

Sari


Abstrak. Penelitian ini berawal dari kemampuan pemecahan masalah matematika dan aktivitas peserta didik yang  masih rendah. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah tersebut disebabkan karena kebanyakan peserta didik tidak bisa memecahkan masalah matematika yang berhubungan dengan dunia nyata. Peserta didik belum mampu membuat hubungan antara apa yang mereka pelajari dan bagaimana pengetahuan tersebut diaplikasikan dalam kehidupan mereka. RPP dan LKPD yang digunakan belum memfasilitasi peserta didik dalam mengkonstruksi sendiri pengetahuannya. Untuk itu dilakukan pengembangan RPP dan LKPD dengan pendekatan CTL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan proses pengembangan dan untuk menghasilkan RPP dan LKPD dengan pendekatan CTL yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas  peserta didik kelas XI IPA SMA. Penelitian pengembangan yang dilaksanakan ini menggunakan model pengembangan  Plomp.  Model  pengembangan  Plomp  ini terdiri  atas  tiga fase, yaitu fase investigasi awal, fase pengembangan Prototype dan fase penilaian. Berdasarkan pengembangan yang telah dilaksanakan, diperoleh RPP dan LKPD matematika dengan pendekatan CTL untuk kelas XI IPA SMA yang valid, praktis dan efektif.

 

Kata kunci: RPP, LKPD, Pendekatan CTL, Kemampuan Pemecahan Masalah, Aktivitas

 

Abstract. This study came from the low of problem solving mathematics ability and the low of student activities. The Low of problem solving ability  because most of the learners are not able to solve mathematical problems related to the real world. The Low of problem solving ability  because most of the learners are not able to solve mathematical problems related to the real world. The purpose of this study is to reveal the development process and to produce the RPP and LKPD with CTL approaches which are valid, practical and effective in improving problem-solving ability and student’s activities on grade XI Senior High School. This development research is conducted using Plomp development model. Plomp development model consisted of three phases; they are preliminary research, prototypee phase and assessment phase. Based on the development has been conducted, acquired Lesson Plan and Mathematics Students’ Worksheet with CTL approach for grade XI SMA which are valid, practical and effective.

 

Keyword: Lesson Plan (RPP), Students’ Worksheet (LKPD) , Contextual Approach, Problem Solving Ability, Activity, Plomp Development Model


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Annisa, W. N. (2014). Peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika Melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik untuk Peserta didik SMP Negeri Di Kabupaten Garut. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, Vol. 1, No. 1.

Gunariyanto, E., Dinawati, T., dan Arika, I. K. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Contextual Teaching And Learning Setting Cooperative Learning tipe Jigsaw sub Pokok bahasan Belah Ketupat dan Layang- Layang Kelas VII SMP. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 5 No. 1 Hal 105-114.

Majid, A. (2013). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, Yasin dan Senduk. (2003). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalamKBK, Malang : Penerbit Universitas Negeri Malang.

Supriatna, T. (2011). Pengembangan Disain Didaktis Bahan Ajar Pemecahan MasalahMatematis Luas Daerah Segitiga Pada Sekolah Menengah Pertama. Tesis PPS UPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.535

Refbacks



##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>