Kondisi Psikologi Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19

Dwi Ratna Wulan, Cita Dwi Rosita, Tri Nopriana

Sari


Abstrak. Pandemi Covid-19 telah berdampak pada bidang pendidikan salah satunya dengan adanya pembelajaran online. Pembelajaran online ini juga berdampak pada psikologi siswa dikarenakan psikologi siswa sangat penting dalam proses belajar mengajar.  Maka dari itu peneliti bermaksud untuk mengetahui dan mendeskripsikan psikologi yaitu emosi, keyakinan dan skema diri, minat dan motivasi siswa SMP dalam pembelajaran matematika online. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek sebanyak 32 siswa SMP yang diambil secara acak dari beberapa sekolah di Kota dan Kabupaten Cirebon. Teknik pengumpulan data menggunakan angket psikologi dan wawancara yang dianalisis secara deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata psikologi siswa sebesar 64% hal ini berarti secara keseluruhan psikologi siswa termasuk dalam kategori sedang. sedangnya psikologi siswa dipengaruhi oleh faktor yaitu emosi sebesar 63,65%, keyakinan dan skema diri sebesar 60,78%, minat sebesar 61,41%, dan motivasi sebesar 64,69% yang secara keseluruhan termasuk dalam kategori sedang. Analisis psikologi ini dapat digunakan oleh guru sebagai rancangan guru sebelum mengajar.

Kata Kunci: Psikologi, Covid-19, Pembelajaran Matematika Online.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afcariono, M. (2008). Penerapan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa pada mata pelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Inovatif, 3(2), 65-68.

Ahmed, S., Shehata, M., & Hassanien, M. (2020). Emerging Faculty Needs for Enhancing Student Engagement on a Virtual Platform. MedEdPublish, 9.

Ahmed, H., Allaf, M. and Elghazaly, H. (2020). Covid-19 and medical education. The Lancet. Online First. Published: March 23. https://doi.org/10.1016/S1473-3099(20)30226-7

Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Dodi, & Nofri. (2016). Pentingnya Guru untuk Mempelajari Psikologis Pendidikan. NUSANTARA, 1(1), 59-64.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165-175.

https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654

Gusniwati, M. (2015). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap penguasaan konsep matematika siswa SMAN di Kecamatan Kebon jeruk. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 26-41. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.165

Herawati, E. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Kartu Domino Matematika pada Materi Pangkat Tak Sebenarnya dan Bentuk Akar Kelas IX SMP Negeri Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 66-87. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.254

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Lee, A. (2020). Wuhan novel coronavirus (COVID-19): why global control is challenging?. Public health, 179, A1. https://doi.org/10.1016/j.puhe.2020.02.001

Kamaludin, M. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Strategi untuk Mengingkatkannya. Prosiding Seminar Pendidikan Matematika UNY, 455-460.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216-232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Prabowo, A. (2016). Kesejahteraan Psikologis Remaja Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 4(2), 246-260. https://doi.org/10.22219/jipt.v5i2.4857

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., Putri, R. S., (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal Of Education, Psychology and ounseling 2(1), 1-12.

Marpaung, J. (2016). Kurangnya Kontrol Diri Siswa di Lingkungan SMK Negeri 2 Batam. JURNAL DIMENSI, 5(3), 1-7. https://doi.org/10.33373/dms.v5i3.60

Marwoto, M. (2014). Strategi Guru Sejarah dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di Sman 10 Pekanbaru. Lentera: Jurnal Ilmu-Ilmu Sejarah, Budaya dan Sosial, 5(14), 26-31.

Muhyiddin, M. (2020). Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240-252. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.118

Nafi’ah, I., & Prasetyo, A. P. B. (2015). Analisis kebiasaan berpikir kritis siswa saat pembelajaran IPA kurikulum 2013 berpendekatan scientific. Journal of Biology Education, 4(1), 53-59. https://doi.org/10.15294/jbe.v4i1.5234

Nezhad, Akbar, S., & Vahedi, Majid., (2011). The role of educational psychology in teacher education programs. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 30(2011). 327–330. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.10.064

Nurdianti, S., & Nurkhin, A. (2016). Peran Cara Belajar dalam Memediasi Pengaruh Internet sebagai Sumber Belajar dan Kepercayaan Diri Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 915-915.

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor pemicu kecemasan siswa dalam melakukan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541-544. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Ramdani, M., & Apriansyah, D. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Berfikir Kreatif Matematik Siswa Mts pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1-7. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.46

Rusni, R., & Agustan, A. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 1-9.

https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1233

Rozaini, N., & Anti, S. D. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Prestasi Belajar. NIAGAWAN, 6(2), 54-59. https://doi.org/10.24114/niaga.v6i2.8335

Sabran, S., & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional LP2M UNM.

Siregar & Nurdiana. (2017). Psikologi dan Pembelajaran Matematika. REKOGNISI, 2(1), 70-82. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.27

Sundari, H., & Leonard, L. (2020). Exploring Needs of Academic Writing Course for LMS in the New Normal. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(3), 140-150.

Supardi, S. U., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86

Syarifudin, B. (2010). Panduan TA Keperawatan dan Kebidanan Dengan SPSS. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Supriatna, E. (2020). Wabah Corona Virus Disease (Covid 19) dalam Pandangan Islam’. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 7(6). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15247

Tresnawati, T., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 39-45. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.616

Wahyuni, S. (2014). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa psikologi. Ejournal Psikologi, 2(1), 50-64. https://doi.org/10.33024/jpm.v2i1.2430

Werdayanti, A. (2008). Pengaruh Kompetensi Guru dalam Proses Belajar Mengajar di Kelas dan Fasilitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Dinamika Pendidikan, 3(1), 79-92.

https://doi.org/10.15294/dp.v3i1.434

Wibawa, I. S., (2013). Tingkat Kecerdasan Emosional Siswa yang Mengikuti Ekstrakulikuler Olahraga dan yang Tidak Mengikuti Ekstrakulikuler Olahraga Di SMK PGRI Sentolo. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarya. SKRIPSI

Wirantasa, U. (2017). Pengaruh kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 83-95. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1272

Wiryanto. (2020). Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(2), 1-8. http://dx.doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(3), 227-238. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4392

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>