Analisis Kesalahan Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian Aljabar

Radiusman Radiusman, Maslina Simanjuntak

Sari


Abstrak. Penelitian studi kasus deskriptif ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan dan konstruksi berpikir mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam menyelesaikan soal pembuktian aljabar. Penelitian ini dilakukan kepada mahasiswa calon guru sekolah dasar yang berada pada semester 2 dengan jumlah 36 mahasiswa calon guru sekolah dasar yang terdiri dari 4 mahasiswa laki-laki dan 32 mahasiswa perempuan dengan sebaran umur 17 sampai 19 tahun dan kemudian dipilih subjek penelitian sebanyak 3 mahasiswa calon guru  dengan kemampuan akademik sedang. Proses analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan melalui hasil jawaban calon guru sekolah dasar dalam menyelesaikan soal pembuktian aljabar. Penyajian data dilakukan dengan menganalisis kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal pembuktian aljabar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian melakukan tiga jenis kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan pembuktian, yaitu kesalahan konsep, kesalahan prosedural dan kesalahan perhitungan. Kesalahan konsep terletak pada kegiatan operasi bilangan, kesalahan prosedural terletak pada ketidakterkaitan antara langkah-langkah yang dituliskan pada lembar jawaban serta kesalahan perhitungan terletak pada perhitungan dari setiap operasi pecahan dan ketidaksesuain antara jawaban dengan permasalahan yang diberikan.

Kata Kunci: Analisis kesalahan, Pembuktian, Aljabar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraini, D., Kusmayadi, T. A., & Pramudya, I. (2018). Construction of the mathematical concept of pseudo thinking students. Journal of Physics: Conference Series, 1022, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1022/1/012010

Basturk, S. (2010). First-year secondary school mathematics students’ conceptions of mathematical proofs and proving. Educational Studies, 36(3), 283–298. https://doi.org/10.1080/03055690903424964

Beswick, K., Anderson, J., & Hurst, C. (2016). The education and development of practising teachers. In K. Makar, S. Dole, J. Visnovska, M. Goos, A. Bennison, & K. Fry (Eds.), Research in Mathematics Education in Australasia 2012-2015 (pp. 329–352). Singapore: Springer Science+Business Media.

Bilgic, E. N., & Uzel, D. (2014). The Attitudes of the Elementary School Mathematics Teacher Candidates towards Proof in the Mathematical Modelling Proccess. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116, 1083–1087. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.349

Billings, E. M. H. (2017). SMP That Help Foster Algebraic Thinking. Teaching Children Mathematics, 23(8), 476. https://doi.org/10.5951/teacchilmath.23.8.0476

Blanton, M., Stroud, R., & Stephens, A. (2019). Does Early Algebra Matter? The Effectiveness of an Early Algebra Intervention in Grades 3 to 5. American Educational Research Journal, 56(5), 1930–1972. https://doi.org/10.3102/0002831219832301




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.4336

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>