Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Minat

Wayan Partayasa, I Gusti Putu Suharta, I Nengah Suparta

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika dan minat belajar siswa yang mengikuti model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan desain sequential explanatory. Analisis data kuantitatif menggunakan uji-t dan data kulitatif menggunakan analisis deskriptif. Data kuantitatif diperoleh melalui post test sedangkan kualitatif dari hasil observasi, wawancara, angket minat belajar siswa, dan dokumentasi. Sampel sebanyak 54 siswa dari keseluruhan kelas VII SMPN 1 Lunyuk. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah metematika siswa yang mengikuti model CPS berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Selanjutnya, untuk siswa yang memiliki minat belajar lebih tinggi maupun yang lebih rendah, penerapan model CPS berbantuan video pembelajaran lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Sehingga, model CPS berbantuan video pembelajaran berkontribusi positif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

Kata kunci: Model Creative Problem Solving, Video Pembelajaran, Kemampuan Pemecahan Masalah, Minat Belajar Siswa.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aljaberi, N. M., & Gheith, E. (2016). Pre-Service Class Teacher'Ability in Solving Mathematical Problems and Skills in Solving Daily Problems. Higher Education Studies, 6(3), 32-47.

Apsari, D.S., Sudiarta, I G.P., & Suharta, I G.P. (2018). The Effect of Blended Learning Using Tutorial Videon Towards Problem Solving Ability Reviewed of Students’ Logical intelligence. International Journal of Science and Engineering Investigations, 7(1), 2251-8843.

Febriatina, D. (2017). Perbandingan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dan Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis denganMemperhatikan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMA Negeri 1 Seputih Mataram. Tesis. FKIP. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Herlambang. (2013). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas VII-A SMP Negeri 1 Kepahingan Tentang Bangun Datar Ditinjau Dari Teori Van Hiele. Tesis. Pendidikan Matematika. FKIP. Universitas Bengkulu

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Laksono, Y. S., Ariyanti, G., & Santoso, F. G. I. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Menggunakan Komik. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 1(2), 60-64.

Ng, P. T. (2017). Learning from Singapore: The power of paradoxes. Taylor & Francis.

Ningrum, E. K., Purnami, A. S., & Widodo, S. A. (2017). Eksperimentasi Team Accelerated Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 218-227.

OECD. (2016). Assesment Framework-Mathematics, Reading, Science and problem Solving Knowledge and Skills. Paris: OECD.

Pujiadi. (2008). Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan CD Interaktif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SMA Kelas X. Tesis. Program Pasca Sarjana Program Studi Pendidikan Matematika. Semarang: UNNESA.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model ASSURE. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan 3(1), 1-12.

Purwati. (2015). Efektifitas Pendekatan Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika (JIEM), 1(1), 1-10.

Rofiqoh, Z. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X Dalam Pembelajaran Discovery Learning Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang.

Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 35-46.

Sakaningsih, N. M., Asri, I. G. A. S., Negara, I. G. A. O., & Ke, S. P. M. (2014). Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Reinforcement Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas V Sd N 18 Dangin Puri. Jurnal MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1), 1-11.

Saminanto. (2011). Model Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Video Compact Disk Untuk Mencapai KD dalam Pembelajaran Matematika di MTs. Jurnal Phenomenon 1(1), 1-10.

Sardini, S., Buwono, S., & Parijo. (2013). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS MAN Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(7), 1-17.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35-43.

Susanto, A., (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Tia, F. J., Dalifa, D., & Noperman, F. (2014). Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) Dikolaborasikan dengan Model Cooperative Tipe Team Game Turnament (TGT) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA. Tesis. Universitas Bengkulu.

Wilda, W., Salwah, S., & Ekawati, S. (2016). Pengaruh Kreativitas dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 134-160.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2644

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>