UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU DOMINO MATEMATIKA PADA MATERI PANGKAT TAK SEBENARNYA DAN BENTUK AKAR KELAS IX SMP NEGERI UNGGULAN SINDANG KABUPATEN INDRAMAYU

Eti Herawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik IX A SMP Negeri Unggulan Sindang Kabupaten Indramayu pada materi Pangkat Tak Sebenarnya dan Bentuk Akar dengan menggunakan  media kartu domino matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK)yang dilaksanakan dua siklus dan setiap siklus berlangsung empat kali pertemuan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada proses pembelajaran semester genap  yaitu bulan Januari 2014. Subjek penelitian ini adalah siswa  kelas IX A SMP Negeri Unggulan Sindang Indramayu tahun pelajaran 2013/2014 berjumlah 29 orang yang terdiri atas 16 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peggunaan media kartu domino matematika dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik. Nilai rata-rata tes hasil belajar pra tindakan adalah 61,03 dengan ketuntasan 13%, sementara pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 19,66 dimana rata-rata belajar menjadi 80,69 dengan ketuntasan belajar 79,31%. Begitu juga setelah pelaksanaan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 7,83 di mana rata-rata hasil belajar menjadi 88,52 dengan ketuntasan belajar 86,21%.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kartu Domino Matematika, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (1997). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiningsih. (2004). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati dan Mudjiono, (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Cholik, M. (2014). Kelas 9 Matematika. Jakarta : Erlangga.

Hanafiah, N & Suhana, C. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mulyasa. (2010). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Simangunsong, S. W. Buku Matematika SMP Kelas IX Semester 2. Jakarta: Erlangga.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. (Cet. XV). Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Suyanto. 1997. Pedoman Penelitian Tindakan Kelas. Yohjakarta: Kemdikbud

Syah M. 2003. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.254

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>