ANALISIS HAMBATAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS DASAR

Arie Wahyuni

Sari


Pendidikan merupakan salah satu usaha yang di tempuh dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam pelaksanaan pendidikan terdapat proses pembelajaran yang setiap jenjangnya, mahasiswa dituntut untuk mengikuti mata kuliah tertentu, termasuk mata kuliah matematika. Penelitian ini tergolong dalam penelitian deskriptif kualitatif yang berupaya untuk mendeskripsikan analisis hambatan belajar mahasiswa. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester I tahun 2016-2017 Program Studi Pendidikan Matematika IKIP Veteran Semarang yang menempuh mata kuliah Kalkulus Dasar. Penelitian ini mengungkap hal-hal yang dianggap sebagai faktor hambatan belajar mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus Dasar. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan informasi melalui tes diagnostik dan  wawancara pada mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa hambatan mahasiswa dalam mempelajari Kalkulus Dasar pada umunya terletak  pada kemampuan mendasar yakni fungsi aljabar dan limit fungsi. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti adalah adanya kesalahan mahasiswa karena kecerobohan, kesalahan mahasiswa dalam keterampilan proses, kesalahan memahami soal, kesalahan dalam transformasi, dan kesalahan dalam menggunakan notasi. Untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut, perlu kiranya bagi pengajar mata kuliah Kalkulus Dasar untuk dapat mengembangkan strategi pembelajarannya agar mahasiswa dapat lebih terasah kemampuan berfikirnya dan pengajar agar dapat memberikan latihan-latihan soal yang bervariasi kepada mahasiswa secara kontinu terutama yang berkaitan dengan materi limit fungsi aljabar.

 

Kata Kunci: Hambatan Belajar, Kalkulus Dasar, Limit Fungsi Aljabar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abbas, N. (2000). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based-Instruction). Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.

Blanco, L., & Garrde, M. (2007). Difficulties in Learning Inequalities in Students of First Year of Pre-University Education in Spain. EJMSTE Vol.3, pp. 221-229.

Budiyono, (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Budiyono, (2004). Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Cornu, B. Limit In 30/05/2014 .O. Tall (Ed). (1991). Advanced Mathematical Thinking (pp. 153 - 166). Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Irawan, E. B. (1991). Identifikasi Kesalahan Menyelesaikan Soal-Soal Kalkulus Bagi Mahasiswa FPMIPA IKIP Malang Peserta Perkuliahan Program Bersama Bidang Matematika Tahun Akademik 1990-1991. Malang: Pusat Penelitian IKIP Malang.

Jong, T. D.,& Hessler, M.G.M.F. (1996). Types and Qualities of Knowledge. Educational Psychologist Vol. 31(2), pp. 105-113.

Jordan, N.C., & Levine, S,C. (2009). Socioeconomic Variation, Number Competence, and Mathematics Learning Difficulties in Young Children. Development disabilities research reviews. 15, pp. 60-68.

Kereh, C. T., Sabadar, J., & Tjiang, P.C. (2013). Identifikasi Kesulitan Belajar Mahasiswa dalam Konten Matematika pada Materi Pendahuluan Fisika Inti. Proceedings of Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains VIII, Fakultas Sains dan Matematika, UKSW Salatiga, 4, pp. 10-17.

Khiat, H. (2010). A Grounded Theory Approach: Conceptions of Understanding in Egineering Mathematics Learning. The Quantum Report. 15, pp. 1459-1488.

Leithold. (1988). Kalkulus dan Ilmu Ukur Analitik. Terjemahan oleh Hutahaean. Jakarta: Erlangga.

Neville, A. (2012). Dyscalculia Specific Learning Difficulty in Mathematics: Identification and Intervention in Irish Primary Schools. REACH Journal of Special Needs Education in Ireland Vol. 26, pp. 3-15.

Ruseffendi, E. T. (1991). Pengantar Kepada Membatu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA: Perkembangan Kompetensi Guru. Bandung: Tarsito.

Simmons, F. G. (1981). Precalculus Mathematics in A Nutshell. California : William Kaufmann, Inc.

Subhan. (2009). Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Berbentuk Cerita pada Bidang Studi Matematika. Jurusan Tarbiyah STAIN Cirebon.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarno. (1994). Kesalahan dalam Penyelesaian Soal-Soal Kalkulus I Mahasiswa FPMIPA IKIP Bandung. Tesis. Tidak Diterbitkan. Malang: Program Pasca Sarjana IKIP Malang.

Suratno, T. (2009). Memahami Kompleksitas Pengajaran-Pembelajaran dan Kondisi Pendidikan dan Pekerjaan Guru. Hand out perkuliahan. Bandung: Tidak diterbitkan.

Suryadi, D. (2010). Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Makalah pada Seminar Nasional Matematika UNNES.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.253

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>