ANALISIS KORESPONDENSI MOTIVASI MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN

Authors

  • Getut Pramesti Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.250

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis korespondensi antara faktor-faktor yang membuat mahasiswa termotivasi dalam perkuliahan di Pendidikan Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan analisis korepondensi sebagai metode kuantitatifnya. Subjek penelitian sebanyak 129 mahasiswa yang mengisi kuisioner sehubungan dengan analisis korespondensi mengenai motivasi mahasiwa dalam perkuliahan. Dari hasil analisis korespondensi dan tingkat kepercayaan 95%, diperoleh hasil bahwa 1) antara kesan mahasiswa terhadap dosen dengan pemberian tugas saling berkorespondensi, berhubungan secara lemah dan signifikan,2) antara pemberian nilai dengan kemudahan mendapat nilai A tidak saling berkorespondensi, berhubungan secara lemah dan tidak signifikan dan 3) antara peluang kerja setelah lulus kuliah dan pilihan kuliah saling berkorespondensi, berhubungan secara lemah dan signifikan

 

Kata Kunci : Korespondensi, Analisis, Motivasi 

References

Djamarah., S., B dan Zain., A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Greenacre, M.J. (1984). Theory and Applications of Correspondence Analysis. New York: Academic Press INC.

Hamalik, O. (2003). Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Remaja Karya.

Pramesti, G. (2011). Aplikasi SPSS dalam Penelitian. Jakarta: Elex media komputindo.

Sardiman., A., M. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Published

2017-03-25

Citation Check