PENGEMBANGAN MODEL COMPREHENSIVE MATHEMATICS INSTRUCTION (CMI) DALAM MEMBANGUN KEMAMPUAN MATHEMATICAL THINKING SISWA

Nita Delima, Rozi Fitriza

Sari


Kesetaraan dalam pendidikan merupakan elemen penting dari beberapa standar visi NCTM dalam pendidikan matematika. Kesetaraan yang dimaksud, tidak berarti bahwa setiap siswa harus menerima pembelajaran yang identik dari guru; sebaliknya, menuntut sebuah pembelajaran yang mengakomodasi sebuah akses dalam mencapai kemampuan setiap siswa. Selain itu, NCTM juga mengemukakan bahwa dalam pembelajaran matematika terdapat lima standar proses yang harus terpenuhi, yakni problem solving, reasoning and proof, connections, communication, dan representation. Sementara itu, kemampuan problem solving yang dimiliki oleh seseorang akan mempengaruhi pada fleksibilitas proses berpikir mereka. Proses berpikir yang dimaksud dapat berupa proses dinamik yang memuat kompleksitas ide–ide matematik yang dimiliki serta dapat mengekspansi pemahaman tentang matematika yang disebut sebagai mathematical thinking. Dengan demikian, diperlukan sebuah model pembelajaran yang dapat berfungsi sebagai alat pedagogis guru, baik sebelum, selama dan setelah pembelajaran, terutama dalam membangun mathematical thinking siswa. Kerangka Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) merupakan sebuah kerangka prinsip – prinsip praktek pembelajaran yang bertujuan untuk menciptakan pengalaman matematika yang seimbang, sehingga siswa dapat memiliki pemikiran dan pemahaman matematika secara mendalam, kerangka CMI memiliki semua kriteria sebuah model pembelajaran. Adapun syntax untuk model CMI terdiri dari develop, solidify dan practice. Dalam penerapannya, setiap syntax tersebut meliputi tiga tahapan, yakni tujuan (purpose), peran guru (teacher role) dan peran siswa (student role). Berdasarkan hasil analisis eksploratif yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CMI ini dapat menjadi sebuah alat pedagogis yang baru bagi guru yang dapat digunakan, baik sebelum, selama dan setelah pembelajaran dalam membangun kemampuan mathematical thinking siswa. 

 

Kata Kunci: Comprehensive Mathematics Instruction, Mathematical Thinking.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ball, B. (2007). What is Mathematical Thinking?. [Online] Tersedia di www.atm.org.uk.

Hendrickson, S., Hilton, S. C., & Bahr, D. (2008). The Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) Framework: A new lens for examining teaching and learning in the mathematics classroom. Tersedia [Online] di www.pcschools.us/woad-local/media/cmi_article.pdf.

Hendrickson, S., Hilton, S.C., & Bahr, D. (2009). Using the Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) Framework to Analyze a Mathematics Teaching Episode. Utah Mathematics Teacher Fall 2009 Volume 2, Issue 1. Tersedia [Online] di www.utahctm.org/uploads/ 2/6/4/7/26475011/2009_fall.pdf.

Joyce, B., & Weil, M.. (1980). Models of Teaching. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Mason, J., Burton, L., Stacey,K. (2010). Thinking Mathematically second edition. London:Pearson Education Limited.

Math Initiative Committee. (2008). Comprehensive Mathematics Instruction (CMI) Framework. Tersedia [Online] di https://psdmath.pbworks.com/w/file/fetch/61486112/CMI%20Framework.doc.

Seeley, C. (2011). Use the implementation of the Common Core State Standards in Mathematics as leverage for improving instructional practice. Makalah yang dipublikasikan pada UCTM Conference 4 November 2011. Tersedia [Online] di https://eucc2011.wikispaces.com/file/view/EUCC+and+CMI.pptx

Stacey, K. (2006).What is Mathematical Thinking and Why is it Important?. [Online] Tersedia di https://www.researchgate.net/ publication/254408829.

Strand, K. L. (2016). An Investigation into Intermediate Grades Teachers' Noticing of the Mathematical Quality of Instruction. Dissertations and Theses. Logan: UTAH STATE UNIVERSITY Tersedia [Online] di http://pdxscholar.library.pdx.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=3714&context=open_access_etds.

Twitchell, R.A. (2014). Common Themes Associated With Teacher Identified Obstacles to Implementing Change in Mathematics Instruction Attributable to Participation in Mathematics Professional Development. A dissertation. Logan: UTAH STATE UNIVERSITY. Tersedia [Online] di http://digitalcommons.usu.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=5052&context=etd.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.248

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>