Ketangguhan Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah

Eka Firmansyah, Melinda Putri Mubarika

Sari


Siswa dituntut memiliki ketangguhan belajar yang baik pada era revolusi industri 4.0 ini, terlebih dalam pembelajaran matematika di madrasah-madrasah yang dinaungi sebuah pesantren yang membagi siswanya menjadi siswa salafiyah dan non salafiyah, dimana siswa salafiyah memiliki tugas lain diluar pembelajaran sekolah yaitu tugas-tugas kepesantrenan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketangguhan belajar siswa salafiyah dan non salafiyah di madrasah dalam pembelajaran matematika.  Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan subjek sebanyak 37 siswa kelas XII Madrasah Aliyah Swasta Alif Al-Ittifaq kabupaten Bandung. Instrumen penelitiannya berupa instrumen non-tes/ angket. Hasil menunjukkan bahwa siswa non-salafiyah memiliki ketangguhan belajar yang lebih baik dari siswa salafiyah, dimana siswa non-salafiyah memiliki ketangguhan belajar berinterpretasi cukup baik sedangkan ketangguhan belajar matematika siswa salafiyah berinterpretasi kurang baik.

 

Kata Kunci: Ketangguhan Belajar, Pembelajaran Matematika, Siswa Salafiyah, Siswa Non-salafiyah

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdollahi, A., Carlbring, P., Vaez, E., & Ghahfarokhi, S.A. (2016). Perfectionism and test anxiety among high-school students: the moderating role of academic hardiness. Current Psychology, 37(3), 632-639.

Amiruddin, J. H., & Ambarini, T. K. (2014). Pengaruh hardiness dan coping stress terhadap tingkat stres pada kadet akademi TNI-AL. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, 3(2), 72-78.

Aoun, J. (2018). Robot-proof: higher education in the age of artificial intelligence. MIT Press.

Aryasuta, I. W. E., Suparta, I. N., & Suweken, G. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan media pembelajaran berbantuan geogebra terhadap prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari tingkat ketangguhan siswa. Jurnal jurusan pendidikan matematika ganesha, 3(1), 1-9.

Bigbee, J. L. (1985). Hardiness: a new health perspective in health promotion. Nurse practitioner, 10(11), 51-54.

Cheng, Y. H., Tsai, C. C., & Liang, J. C. (2019). Academic hardiness and academic self-efficacy in graduate studies. Higher education research & development, 38(5), 907-921.

Creed, P. A, Conlon, E. G., & Dhaliwal, K. (2013). Revisiting the academic hardiness scale: revision and revalidation. Journal of Career Assessment, 21(4), 537-554.

Fisher, M. J. & King, J. (2010) The self-directed learning readiness scale for nursing educationrevisited: a confirmatory factor analysis. Nurse education today, 30(1), 44-48.

Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79.

Hsu, W. M. (2013). Examining the types of mathematical tasks used to explore the mathematics instruction by elementary school teachers. Creative Education, 4(6), 396-404.

Gerlach, V. S. & Ely, D. P. (1980). Teaching and media: a systematic approach. Second edition, by V.S. Boston, MA: Allyn and Bacon.

Kamtsios, S., & Karagiannopoulou, E. (2012). Conceptualizing students’ academic hardiness dimensions: a qualitative study. European Journal of Psychology of Education, 28(3), 807-823.

Khiat, H. (2010). A grounded theory approach: conceptions of understanding in engineering mathematics learning. The Quantum Report. 15(6), 1459-1488.

Kobasa, S. C. (1979). Stressful life events, personality, and health: an inquiry into hardiness. Journal of personality and social psychology, 37(1), 1-11.

Kreitner, R. & Kinicki, A. (2014). Perilaku organisasi. Edisi 9. Buku 1. Jakarta: Salemba empat.

Maddi, S. R. (2006). Hardiness : the courage to grow from stresses. The journal of positive psychology, 1(3), 160-168.

Maddi, S. R. (2013). Hardiness: turning stressful circumstances into resilient growth. Springer science & Business media.

Maunah, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 90-101.

Mohatashami, A. R., Tajari, F., & Rad, M. R. A. (2015). Studying the relationship between hardiness and resilience personality traits and academic achievement among students of kashan university in 2014. Cumhuriyet Üniversitesi Fen-Edebiyat Fakültesi Fen Bilimleri Dergisi, 36(3), 3294-3301.

Olivia, D. O. (2014). Kepribadian Hardiness dengan prestasi kerja pada karyawan bank. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(1), 115-129.

Ovsyannikova, I. (2016). Using technology in mathematics education. Moscow State Pedaggical University Teachers College, Columbia University. Current Issues in Mathematics Education, Materials of the American – Russian Workshop.

Rahardjo, W. (2005). Kontribusi ketabahan dan self-efficacy terhadap stress kerja. Seminar nasional PESAT (psikologi, sastra, arsitektur, dan sipil) Human capacity development and the nations competitiveness, 47-57. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Risdianto, E. (2019). Analisis pendidikan Indonesia di era revolusi industri 4.0. 1-16. https://www.researchgate.net/publication/332423142 di akses april 2019.

Sagala, S. (2009). Konsep dan makna pembelajaran: untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. (2014). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sheard, M. & Golby, J. (2009). Investigating the “rigid persistence paradox†in profesional rugby union footbal. International Journal of Sport and Exercise Psychology, 7(1), 101-114.

Shekarey, A., Moghadam, A.J., Amiri, F., & Rostami, M.S. (2010). The relation of self-efficacy and hardiness with the education progression among the sophomore girl students in a high school in Aleshtar city. Procedia Social and Behavioral Sciences, 5, 1905–1910.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syarifuddin, A. (2011). Penerapan model pembelajaran cooperative: belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jurnal Raden Fatah, 16(1), 113-136.

Tanujaya, B., Prahmana, R. C. I., & Mumu, J. (2017). Mathematics instruction, problems, challenges and opportunities: a case study in Manokwari Regency, Indonesia. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(3), 287-291.

Ubaidillah. (2012). Global salafism dan pengaruhnya di Indonesia. Thaqafiyyat, 13(1), 35-48.

Yahya, M. (2018). Era industri 4.0: tantangan dan peluang perkembangan pendidikan kejuruan indonesia. Universitas Negeri Makasar.

Zhang, L. & Wong, Y. (2011). Hardiness and thingking styles: implications for higher education. Journal of Cognitive Education and Psychology, 10(3), 294-307.

Zimmerman, B. J. (2008). Investigating self-regulation and motivation: historical backgroun, methodological developments, and future prospects. American Educational Research Journal, 45(1), 166-183.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2431

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>