Ketangguhan Belajar Matematika Siswa Madrasah Aliyah
Sari
Siswa dituntut memiliki ketangguhan belajar yang baik pada era revolusi industri 4.0 ini, terlebih dalam pembelajaran matematika di madrasah-madrasah yang dinaungi sebuah pesantren yang membagi siswanya menjadi siswa salafiyah dan non salafiyah, dimana siswa salafiyah memiliki tugas lain diluar pembelajaran sekolah yaitu tugas-tugas kepesantrenan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketangguhan belajar siswa salafiyah dan non salafiyah di madrasah dalam pembelajaran matematika. Â Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan subjek sebanyak 37 siswa kelas XII Madrasah Aliyah Swasta Alif Al-Ittifaq kabupaten Bandung. Instrumen penelitiannya berupa instrumen non-tes/ angket. Hasil menunjukkan bahwa siswa non-salafiyah memiliki ketangguhan belajar yang lebih baik dari siswa salafiyah, dimana siswa non-salafiyah memiliki ketangguhan belajar berinterpretasi cukup baik sedangkan ketangguhan belajar matematika siswa salafiyah berinterpretasi kurang baik.
Â
Kata Kunci: Ketangguhan Belajar, Pembelajaran Matematika, Siswa Salafiyah, Siswa Non-salafiyahTeks Lengkap:
PDFReferensi
Abdollahi, A., Carlbring, P., Vaez, E., & Ghahfarokhi, S.A. (2016). Perfectionism and test anxiety among high-school students: the moderating role of academic hardiness. Current Psychology, 37(3), 632-639.
Amiruddin, J. H., & Ambarini, T. K. (2014). Pengaruh hardiness dan coping stress terhadap tingkat stres pada kadet akademi TNI-AL. Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, 3(2), 72-78.
Aoun, J. (2018). Robot-proof: higher education in the age of artificial intelligence. MIT Press.
Aryasuta, I. W. E., Suparta, I. N., & Suweken, G. (2014). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan media pembelajaran berbantuan geogebra terhadap prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari tingkat ketangguhan siswa. Jurnal jurusan pendidikan matematika ganesha, 3(1), 1-9.
Bigbee, J. L. (1985). Hardiness: a new health perspective in health promotion. Nurse practitioner, 10(11), 51-54.
Cheng, Y. H., Tsai, C. C., & Liang, J. C. (2019). Academic hardiness and academic self-efficacy in graduate studies. Higher education research & development, 38(5), 907-921.
Creed, P. A, Conlon, E. G., & Dhaliwal, K. (2013). Revisiting the academic hardiness scale: revision and revalidation. Journal of Career Assessment, 21(4), 537-554.
Fisher, M. J. & King, J. (2010) The self-directed learning readiness scale for nursing educationrevisited: a confirmatory factor analysis. Nurse education today, 30(1), 44-48.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79.
Hsu, W. M. (2013). Examining the types of mathematical tasks used to explore the mathematics instruction by elementary school teachers. Creative Education, 4(6), 396-404.
Gerlach, V. S. & Ely, D. P. (1980). Teaching and media: a systematic approach. Second edition, by V.S. Boston, MA: Allyn and Bacon.
Kamtsios, S., & Karagiannopoulou, E. (2012). Conceptualizing students’ academic hardiness dimensions: a qualitative study. European Journal of Psychology of Education, 28(3), 807-823.
Khiat, H. (2010). A grounded theory approach: conceptions of understanding in engineering mathematics learning. The Quantum Report. 15(6), 1459-1488.
Kobasa, S. C. (1979). Stressful life events, personality, and health: an inquiry into hardiness. Journal of personality and social psychology, 37(1), 1-11.
Kreitner, R. & Kinicki, A. (2014). Perilaku organisasi. Edisi 9. Buku 1. Jakarta: Salemba empat.
Maddi, S. R. (2006). Hardiness : the courage to grow from stresses. The journal of positive psychology, 1(3), 160-168.
Maddi, S. R. (2013). Hardiness: turning stressful circumstances into resilient growth. Springer science & Business media.
Maunah, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 90-101.
Mohatashami, A. R., Tajari, F., & Rad, M. R. A. (2015). Studying the relationship between hardiness and resilience personality traits and academic achievement among students of kashan university in 2014. Cumhuriyet Üniversitesi Fen-Edebiyat Fakültesi Fen Bilimleri Dergisi, 36(3), 3294-3301.
Olivia, D. O. (2014). Kepribadian Hardiness dengan prestasi kerja pada karyawan bank. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2(1), 115-129.
Ovsyannikova, I. (2016). Using technology in mathematics education. Moscow State Pedaggical University Teachers College, Columbia University. Current Issues in Mathematics Education, Materials of the American – Russian Workshop.
Rahardjo, W. (2005). Kontribusi ketabahan dan self-efficacy terhadap stress kerja. Seminar nasional PESAT (psikologi, sastra, arsitektur, dan sipil) Human capacity development and the nations competitiveness, 47-57. Jakarta: Universitas Gunadarma.
Risdianto, E. (2019). Analisis pendidikan Indonesia di era revolusi industri 4.0. 1-16. https://www.researchgate.net/publication/332423142 di akses april 2019.
Sagala, S. (2009). Konsep dan makna pembelajaran: untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. (2014). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sheard, M. & Golby, J. (2009). Investigating the “rigid persistence paradox†in profesional rugby union footbal. International Journal of Sport and Exercise Psychology, 7(1), 101-114.
Shekarey, A., Moghadam, A.J., Amiri, F., & Rostami, M.S. (2010). The relation of self-efficacy and hardiness with the education progression among the sophomore girl students in a high school in Aleshtar city. Procedia Social and Behavioral Sciences, 5, 1905–1910.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syarifuddin, A. (2011). Penerapan model pembelajaran cooperative: belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jurnal Raden Fatah, 16(1), 113-136.
Tanujaya, B., Prahmana, R. C. I., & Mumu, J. (2017). Mathematics instruction, problems, challenges and opportunities: a case study in Manokwari Regency, Indonesia. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(3), 287-291.
Ubaidillah. (2012). Global salafism dan pengaruhnya di Indonesia. Thaqafiyyat, 13(1), 35-48.
Yahya, M. (2018). Era industri 4.0: tantangan dan peluang perkembangan pendidikan kejuruan indonesia. Universitas Negeri Makasar.
Zhang, L. & Wong, Y. (2011). Hardiness and thingking styles: implications for higher education. Journal of Cognitive Education and Psychology, 10(3), 294-307.
Zimmerman, B. J. (2008). Investigating self-regulation and motivation: historical backgroun, methodological developments, and future prospects. American Educational Research Journal, 45(1), 166-183.
DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2431
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id
JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSNÂ 2549-4937
JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.