Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa Melalui Logan Avenue Problem Solving-Heuristic

Destia Rahmawati Junaidi Endah, Nila Kesumawati, Andinasari Andinasari

Sari


Kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran matematika, model pembelajaran yang tepat dan self efficacy yang tinggi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran LAPS-heuristic terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self efficacy siswa. Metode yang digunakan yaitu metode quasi eksperimen dengan jumlah sampel sebanyak 62 siswa. Data dianalisis dengan menggunakan ANOVA dua jalur. Berdasarkan analisis hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran LAPS-heuristic terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebanyak 28,8 %, ada pengaruh kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari self efficacy siswa sebanyak 21,2 %, dan tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran LAPS-heuristic dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 20 Palembang.

                                                       

Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Efficacy, LAPS-Heuristic

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adinugraha, F. (2017). Pengaruh model pembelajaran dan efikasi diri terhadap sikap ilmiah siswa sma peminatan mipa. Pro-Life, 4(3), 441-455.

Amanda, N. W. Y., Subagia, I. W., Tika, I. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. E-Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), 1-11.

Andinasari, Zulkardi, Somakim, & Wasiran, Y. (2019). Learning Design Of Reciprocal Proportionality Using Airplanes Contex. in Journal of Physics: Conference Series, 1166(1), 012018.

Anggrianto, D., Churiyah, M., & Arief, M. (2016). Improving Critical Thinking Skills Using Learning Model Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristic. Journal of Education and Practice, 7(9), 128-136.

Chavez, J. A. (2007). Enlivening problems with heuristics through learning activities and problem solving (LAPS). Learning Science and Mathematics, SEAMEO RECSAM, 2, 1-8.

Destiniar, Jumroh, & Sari, D. M. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari self efficacy siswa dan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di SMP Negeri 20 Palembang. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 115-128.

Eviyanti, C. Y., Surya, E., & Syahputra, E. (2017). Improving The Students’ Mathematical Problem Solving Ability By Applying Problem Based Learning Model In Vii Grade At SMPN 1 Banda Aceh Indonesia. International Journal of Novel Research in Education and Learning, 4(2), 138-144.

Husna, U., Zubainur, C. M., & Ansari, B.I. (2018). Students’ Creative Thinking Ability In Learning Mathematics Through Learning Model Of Logan Avenue Problem Solving (Laps)–Heuristic. Journal of Physics: Conference Series 1088(1), 1-6.

Isnarto, S. W. (2015). Pengembangan Karakter Kedisiplinan dan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Laps-Heuristik Materi Lingkaran Kelas VIII, Doctoral dissertation, Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Malalina, M., & Kesumawati, N. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Komputer Pokok Bahasan Lingkaran Untuk Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 55-70.

Khatimah, H. & Sugiman, S. (2019). The Effect Of Problem Solving Approach To Mathematics Problem Solving Ability In Fifth Grade. In Journal of Physics: Conference Series, 1157(4), 1-7.

Khoir, G. M. (2017). Penerapan Model Logan Avenue Problem Solving- Heuristic Dengan Teknik Open Ended Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Ma’arif NU Tugumulyo. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (STKI-PGRI) Lubuklinggau, 1-13.

Novianti, I., Darminto, B. P., & Purwoko, R. Y. (2018). Penerapan Model Snowball Throwing Terhadap Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Self Efficacy, in Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2018. 295-300.

Ngalimun. (2017). Strategi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu.

Purba, O. N., & Sirait, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Trigonometri Dengan Model Laps-Heuristic Pada Kelas X SMA Shafiyyatul Amaliyah. Prosiding Seminar Nasional Multidisplin Ilmu UNA 2017, 1101–1112.

Rahman, I. S., Murnaka, N. P., & Wiyanti, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Laps (Logan Avenue Problem Solving)-Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Wacana Akademika, 2(1), 48-60.

Ridha, M. R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Penalaran Matematis Dengan Laps-Heuristic Dan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 91–108.

Riskiningtyas, L., & Wangid, M. N. (2019). Students’ Self -Efficacy Of Mathematics Through Brain Based Learning. In Journal of Physics: Conference Series, 1157(4) , 042067.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Siagian, M. V., Saragih, S., & Sinaga, B. (2019). Development Of Learning Materials Oriented On Problem-Based Learning Model To Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability And Metacognition Ability. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 331-340.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharaf: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.

Surmiyati, S., Patmi, S., & Kristayulita, K. (2014). Analisis Kemampuan Kognitif dan Afektif terhadap Kemampuan Psikomotor Siswa Setelah Penerapan KTSP. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 7(1), 25-36.

Susanti, W., Nofrianto, A., & Amri, M. A., (2016). Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Laps- Heuristic Dikelas X SMAN 2. Jurnal Gantang Pendidikan Matematika, 1(2), 39–50.

Somakin, Darmawijoyo, Eliyati, N., & Yulianita (2019). Design Of Mathematics Learning By Using Role Playing To Investigate The Self-Efficacy Ability Design Of Mathematics Learning By Using Role Playing To Investigate The Self-Efficacy Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1166(1), 012034.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widajati, W., Setyosari, P., Degeng, I. N. S., & Sumarmi, S. (2018). Self-Efficacy In Learning To Solve Social Problems. European Journal of Education Studies, 5(6), 31-40.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2331

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>