Pemahaman Matematis Siswa Dengan Menggunakan Buku Elektronik Interaktif Berbantuan Geogebra

Kadek Surya Octamela, Gede Suweken, I Made Ardana

Sari


Perkembangan teknologi dalam pendidikan dapat digunakan untuk memberikan inovasi dalam pembelajaran matematika, salah satunya yaitu adanya buku elektronik yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa  dengan berbasis buku elektronik interaktif berbantuan geogebra. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan buku elektronik interaktif ini didesain dengan menggunakan aplikasi ibooks author dan berformat HTML. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp, yang terdiri dari 5 tahap, yaitu investigasi awal, desain, realisasi/konstruksi, tes, evaluasi, dan revisi, dan implementasi, namun dalam penelitian ini, penelitian hanya sampai pada tahap tes, evaluasi, dan revisi. Penelitian dilakukan di salah satu  SMA Negeri di Sukawati. Subjek penelitian yaitu 108 siswa dengan melakukan 3 tahap uji coba. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa lembar validitas buku elektronik interaktif, angket respon siswa, angket respon guru, lembar keterlaksanaan pembelajaran, dan tes pemahaman konsep matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa meningkat dengan menggunakan buku elektronik interaktif berbantuan geogebra yang dikembangkan ini.

 

Kata Kunci: Pemahaman konsep matematis, Buku Elektronik Interaktif, Media Pembelajaran Geogebra

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abramovich, S. (2013). Computers in mathematics education: An introduction. Computers in the Schools, 30(1-2), 4-11.

Aizikovitsh-Udi, E. (2011). Using Geogebra For Understanding And Supporting Students’learning Of Probability. Geogebra-Na 2011, 10.

Ardana, I. M. (2007). Pengembangan Model Pembelajaran Bewawasan Konstruktivis Berorientasi Gaya Kognitif dan Budaya Siswa. Disertasi (tidak diterbitkan). Surabaya: UNESA.

Ario, M. (2016). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa SMK setelah mengikuti pembelajaran berbasis masalah. Edu Research, 5(2), 125-134.

Asngari, D. R. (2015). Penggunaan Geogebra dalam Pembelajaran Geometri. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 299-302. Yogyakarta: UNY.

Briggs, M., Wilkinson, C., & Golash, A. (2014). Digital multimedia books produced using iBooks Author for pre-operative surgical patient information. Journal of visual communication in medicine, 37(3-4), 59-64.

Depdiknas. (2003). Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Jakarta: Depdiknas.

Haris, D. (2011). Panduan Lengkap E-book: Strategi Pembuatan dan Pemasaran E-book. Yogyakarta: Cakrawala.

Ferreira, A. I. D. (2019). Da Narrativa Linear Literária para a Narrativa Digital Interativa: Um Estudo sobre Potencialidades através de Dois Contos:" O Mistério da Ãrvore" e" Capuchinho Vermelho".

Hohenwarter, M., & Fuchs, K. (2004). Combination of dynamic geometry, algebra and calculus in the software system GeoGebra. In Computer algebra systems and dynamic geometry systems in mathematics teaching conference.

Hohenwarter, M., & Lavicza, Z. (2010). GeoGebra, its community and future. In Asian Technology Conference in Mathematics.

Jitendra, A. K., Nelson, G., Pulles, S. M., Kiss, A. J., & Houseworth, J. (2016). Is mathematical representation of problems an evidence-based strategy for students with mathematics difficulties?. Exceptional Children, 83(1), 8-25.

Kariadinata, R. (2014). Desain dan pengembangan perangkat lunak (software) pembelajaran matematika berbasis multimedia. Jurnal pendidikan matematika, 1(2).

Komara, E. (2014). Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung: Refika Aditama.

Lestari, R. T., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2018). E-BOOK INTERAKTIF. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 71-76.

Morgan, P. L., Farkas, G., & Maczuga, S. (2015). Which instructional practices most help first-grade students with and without mathematics difficulties?. Educational Evaluation and Policy Analysis, 37(2), 184-205.

Murizal, A. (2012). Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika 1(1), 19-2.

NCTM. (2000). Mathematics Assesment: A Practical Handbook for Grade 6-8. USA: LCC.

Payne, K. F., Goodson, A. M., Tahim, A., Wharrad, H. J., & Fan, K. (2012). Using the iBook in medical education and healthcare settings-the iBook as a reusable learning object; a report of the author's experience using iBooks Author software. Journal of visual communication in medicine, 35(4), 162-169.

Plomp, T. (2013). Educational design research: An introduction. Netherland: SLO.

Safitri, M., Hartono, Y., & Somakim, S. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika pokok bahasan segitiga menggunakan macromedia flash untuk siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan, 14(2), 62-72.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Saputro, B. A., Prayito, M., & Nursyhahidah, F. (2015). GeoGebra: Media Pembelajaran Matematika Dinamis di Sekolah. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Sucahyono, B. B. (2016). Analisa Efesiensi Penerapan Media Ajar Berbasis Digital Class pada SMPN 4 Pamekasan. Insand Comtech: Information Science and Computer Technology Journal, 1(1), 27-32.

Suherman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sumarmo, U. (1987). Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa SMA Dikaitkan dengan Penalaran Logik Siswa dan Beberapa Unsur Proses Belajar Mengajar. Disertasi pada Pascasarjana IKIP Bandung: tidak diterbitkan.

Suwarno, W. (2011). Perpustakaan dan Buku: Wacana Penulisan dan Penerbitan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Triyono. (2012). Paradigma Baru Manajemen Sumber Daya Manusia. Jogjakarta: Oryza.

Utari, V. (2012). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep melalui pendekatan PMR dalam pokok bahasan prisma dan limas. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 33-38.

Wahyuni, T., Wahyuni, S., & Yushardi, Y. (2017). Pengembangan Modul Multimedia Interaktif Berbasis E-Learning Pada Pokok Bahasan Besaran Dan Satuan Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 404-410.

Wardhani, I. Y., Sajidan, S., & Maridi, M. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Disertai Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi Siswa Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Pendidikan Biologi, 4(1).

Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 188-199.

Yanik, H. B. (2013). Learning Geometric Translations in a Dynamic Geometry Environment. Education & Science/Egitim ve Bilim, 38(168), 272-287.




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.1761

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>