Pengaruh Model Pembelajaran Situation Based Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Indah Lestari, Yuan Andinny, Mailizar Mailizar

Sari


Abstrak. Kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran matematika, model pembelajaran yang tepat dan kemandirian belajar yang tinggi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran situasion based learning (SBL) dan teams games tournaments (TGT) ditinjau dari kemandirian belajar matematika (tinggi dan rendah). Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan jumlah sampel sebanyak 180 responden. Teknik pengolahan data dengan menggunakan uji anova dua arah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran Situation Based Learning dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Situation Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dan (3) terdapat pengaruh kemandirian belajar tehadap kemampuan pemecahan masalah matematis. 

 

Kata Kunci. Situation Based Learning, Kemandirian Belajar, Pemecahan Masalah, Matematika


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Z. (2015). Intuisi Dalam Pembelajaran Matematika. jakarta: Lentera Ilmu Cendekia.

Butler, D. L. (2002). Individualizing Instruction in Self-Regulated Learning. Theory Into Practice, 41(2), 81–92. https://doi.org/10.1207/s15430421tip4102_4

Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, R. (2016). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Calon Guru Matematika. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 14(1), 169–178.

Dzamarah, S.B. dan Zain, A. (2002). Stategi Belajar Mengajar. jakarta: Rineka Cipta.

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10. https://doi.org/10.1029/GM168

Hakim, A. R. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Formatif, 4(20), 196–207.

Hartono, Y. (2013). Matematika Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hidayah, M. (2015). Pengaruh Konsep diri dan Kecemasan Belajar Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Matematika pada Siswa MAN di Jakarta Bara. Jurnal Formatif, 5(3), 268–278.

Irawan, A., & Febriyanti, C. (2010). Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 94–100.

Mukminan, Nursa’aban, M., & S. (2013). Penggunaan Teknik Seven Jumps Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Cakrawala Pendidikan, 32(2), 258–265.

Susanti, Musdi, E., dan Syarifuddin, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Statistika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Materi Statistika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 305–319.

Tangkas, I. M. (2012). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Peserta didik Kelas X SMAN 3 Amlapura. Jurnal Penelitian Pascasarjana Undiksha, 2(1), 1-17.

Xia, X., Lü, C., & Wang, B. (2008). Research on Mathematics Instruction Experiment Based Problem Posing. Journal of Mathematics Education, 1(1), 153–163. https://doi.org/10.1111/j.0014-3820.2002.tb00118.x




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1748

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>