Efektivitas Model Pembelajaran Reflective dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Hawa Liberna Program Studi Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Mamik Suendarti Program Studi Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.1655

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa kreativitas matematis siswa dalam pembelajaran reflective model. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan sampel 40 siswa MTS. Kreativitas matematis siswa diukur melalui soal tes yang terdiri dari 21 soal pilihan ganda dan 8 soal essay, dengan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil menunjukan bahwa kreativitas matematis siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran reflective lebih tinggi daripada yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional (jigsaw). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran reflective efektif.

Kata Kunci: Model Pembelajaran reflective, kreativitas matematika siswa.

References

Aprilia, N. (2016). Implementasi model pembelajaran reflektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman mahasiswa pendidikan biologi pada mata kuliah strategi pembelajaran di program studi fkip universitas ahmad dahlan. Jurnal Bioedukatika, 4(1), 27-30.

Asmani, J. M. (2011). 7 Tips Aplikasi Pakem. Yogyakarta: Diva Press.

Chuan-Yuan, C., Ying-Tai, W., Ming-Hsia, H., & Jia-Te, L. (2013). Reflective learning in physical therapy students: Related factors and facilitative effects of a short introduction. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 93, 1362-1367.

Crawford, S., O’Reilly, R., & Luttrell, S. (2012). Assessing the effects of integrating the reflective framework for teaching in physical education (RFTPE) on the teaching and learning of undergraduate sport studies and physical education students. Reflective Practice, 13(1), 115-129.

Eishani, K. A., Saa’d, E. A., & Nami, Y. (2014). The relationship between learning styles and creativity. Procedia-social and behavioral sciences, 114, 52-55.

Firmansyah, E. (2017). Efektivitas pembelajaran generatif terhadap kemampuan matematisasi siswa di SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 43-65.

Ibrahim & Suparni. (2008). Strategi pembelajaran matematika. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga.

Indiati, I., & Sumardiyani, L. (2010). Pengembangan model reflective microteaching untuk pembentukan calon guru professional. JMPM Aksioma, 1(1), 1-19.

Jumiati, N, L., & Zulkifli. (2014). Penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 029 sungai agas kecamatan kubu. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–12.

Juwita, J. N., Gunowibowo, P., & Nurhanurawati. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap kemampuan komunikasi matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 2(1), 42–49

Khodijah, N. (2011). Reflective Learning Sebagai Pendekatan Alternatif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 6(1), 180-189.

Lailiyah, I., Munzil, & Suryadharma, I. B. (2013). Pengaruh penerapan model pembelajaran reflektif sifat elektrolit-non elektrolit terhadap hasil belajar siswa kelas x man malang 1. SKRIPSI Jurusan Kimia-Fakultas MIPA UM, 1–8.

Merry, R., Sutiarso, S., & Nurhanurawati. (2013). Pengaruh pendekatan problem posing terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 1(7), 1–10.

Muir, F. (2012). The understanding and experience of students, tutors and educators regarding reflection in medical education: a qualitative study. International Journal of Medical Education 1, 61-67.

Mujis, D., & Reynolds, D. (2008). Effective teaching teori dan aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Munandar, U.S.C. (1999). Kreativitas dan Keterbakatan (Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat). Jakarta: PT. Gramedia Utama.

Prasetyo, A, Santoso, S., & Marjono, M. (2014). Penerapan model pembelajaran pada pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa kelas x sma negeri colomadu tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal: Bio-Pedagogi, 3(1), 1-10.

RMIT. (2012). Reflective journals and learning logs. Australia: RMIT University, Study and Learning Centre, Melbourne. Reflective Journal, (Online) (http://www.dlsweb.rmit.edu.au), diakses 3 November 2012.

Rohana, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Calon Guru melalui Pembelajaran Reflektif. Infinity Journal, 4(1), 105-119.

Rohana, R., & Ningsih, Y. (2016). Model Pembelajaran Reflektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 9(2), 145-158.

Septika, L. C. (2013). Pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar penjumlahan pecahan anak tunanetra. Jurnal Pendidikan Khusus 3(3), 1-9.

Suprijono, A. (2000). Cooperative learning & aplikasi paikem. Yogyaakrta: Pustaka Pelajar.

Wahyu, N.E., & Sarwi. (2014). Penerapan model reflective learning berbasis kooperatif pada konsep kalor siswa sma kelas X. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 3(3), 21-27.

Wijaya, A. (2012). Pendekatan matematika realistik: suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yovita, Bambang, & Halini. (2013). Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi himpunan kelas VII. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(10), 1–10.

Additional Files

Published

2019-09-30

Citation Check