Modul Berbasis Reflektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Mahasiswa pada Perkuliahan Kalkulus I

Marwia Tamrin Bakar, Ida Kurnia Waliyanti, Soleman Saidi

Sari


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan berdasarkan model 4-D. bahan ajar yang dikembangkan adalah sebuah modul  berbasis reflektif yang valid, praktis dan efektif pada matakuliah kalkulus I, yang dapat membantu mahasiswa belajar secara mandiri dengan memanfaatkan pengalaman/pengetahuan mereka sebelumnya untuk meningkatkan kemampuan matematis mahasiswa. Penelitian ini meliputi dua tahapan dari desain 4-D, yakni tahap define dan design, Hasil pada tahap define diperoleh bahwa materi yang berikan sudah sesuai silabus. Analisis pada buku teks yang digunakan yakni buku Kalkulus dan Ilmu Ukur Analitik Leithold edisi kelima jilid 1,  Kalkulus karangan Edwin J. Purchell dan Dale Van Verberg edisi kesembilan, diperoleh hasil bahwa penyajian materi dan  bahasa yang digunakan kurang sesuai dengan kemampuan sebagian besar mahasiswa pada prodi Pendidikan Matematika Universitas Khairun. Hasil wawancara dengan teman sejawat diperoleh bahwa  mahasiswa masih memiliki kendala pada kemampuan dasar matematika, misalnya pada sifat-sifat aljabar dan sifat urutan.  Hasil pada tahap design adalah telah diracang modul berdasarkan desain modul berbasis reflektif.

Kata Kunci: Berbasis reflektif, Kalkulus, Modul, Pendidikan Matematka 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hartono, W., & Noto, M. S. 2017. Pengembangan modul berbasis penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan matematis pada perkuliahan kalkulus integral. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 320-333.

Noto, M. S. (2014). Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, and Time-bound). Infinity Journal, 3(1), 18-32.

Purcell & Varberg. 1992. Kalkulus & Geometri Analitik, Jilid 1 Edisi ke lima, Jakarta: Penerbit Erlangga

Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook

Suryadi, D. 2013. Didactical Design Research (DDR) to improve the teaching of mathematics. For East Journal of Mathemarical Education, 10 (1), pp. 91-107S

Sujadi, 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineke Cipta

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka

Warsoma, D dan Wono, S. B. 2007. Kalkulus I . Diktat FMIPA ITB Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1582

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Laman JNPM: http://jnpm.ugj.ac.id

JNPM memiliki p-ISSN 2549-8495 | e-ISSN 2549-4937

JNPM is licensed under a Creative Commons Attribution - Share Alike 4.0 Internasional License.

execute(); ?>